Bantuan

Sering Merasa Sensitif Dengan Emosi Orang Lain? Kenali Ciri-ciri Empath Berikut Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Nov 2021

Bagikan

Sensitif Dengan Emosi Orang Lain? Berikut Ciri-ciri Empath!

Apakah Anda sering merasa begitu terikat dengan perasaan orang-orang di sekitar Anda? Atau mungkin Anda menggambarkan diri sebagai seseorang yang sensitif? Jika benar demikian, bisa saja Anda merupakan seorang empath.

Dalam hal ini, empath adalah mereka yang memiliki perasaan dan emosi yang begitu selaras dengan orang-orang disekitarnya. Seorang empath menyerap emosi dari orang-orang disekitarnya dan mampu merasakan emosi tersebut dalam dirinya sendiri.

Berbeda dengan empati sebagaimana yang dirasakan pada umumnya, seorang yang memiliki empath biasanya akan mampu mengenali emosi seseorang hanya dengan melihat wajahnya. Selain itu, mereka juga biasanya cenderung lebih cepat mengenali emosi seseorang secara intens dibanding yang lain. 

Penjelasan diatas mungkin sudah bisa sedikit menggambarkan mengenai apa itu seorang empath. Namun, jika Anda tidak begitu yakin, berikut ini adalah beberapa ciri lainnya yang mungkin dapat menunjukkan apakah Anda termasuk seorang empath atau tidak.

Baca Juga: Apakah Stres Bisa Menular?

Ciri-ciri Orang Empath

Memang sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa beberapa orang mungkin merasa lebih berempati dibanding yang lainnya. Dalam hal ini, Anda mungkin mengenal seseorang yang begitu pengertian dan hebat dalam membaca perasaan. Nah ciri lainnya dari seorang empath adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki Rasa Empati yang Tinggi

Sebagai contoh ketika teman Anda tengah mengalami kesedihan akibat gagal dalam ujian. Dalam hal ini, empati mengizinkan Anda untuk merasakan kesedihan meskipun Anda tidak gagal dalam ujian. Namun sebagai seorang empath, Anda merasakan level kesedihan yang sedang dialaminya seolah-olah Anda juga telah gagal dalam ujian.

  1. Kedekatan dan Keintiman Bisa Membuat Kewalahan

Seorang empath biasanya kesulitan dalam hubungan romantis atau dalam berhubungan dalam jarak dekat dengan orang lain. Dalam hal ini, menghabiskan waktu dengan seseorang bisa menyebabkan seorang empath merasa stres, cemas, dan kewalahan. 

  1. Memiliki Intuisi yang Baik

Menjadi seorang empath berarti memiliki intuisi yang baik dan bahkan mengandalkan insting ini ketika membuat sebuah keputusan. Dalam hal ini, intuisi menjadi pedoman utama dalam memilih suatu hal yang terasa baik atau sebaliknya.

  1. Tidak Suka Berada di Keramaian

Ciri seorang empath lainnya adalah tidak merasa nyaman saat berada di keramaian. Hal ini karena seorang empath biasanya mampu menyerap energi banyak orang, baik itu positif maupun negatif. Pada tempat umum yang ramai, hal ini dapat membuat seorang empath merasa tertekan dan stres.

  1. Merasa Kesulitan Saat Tidak Bisa Membantu

Seorang empath akan merasa berkewajiban untuk membantu atau paling tidak berbuat sesuatu mengenai masalah yang tengah dialami orang lain. Meskipun begitu, tidak selamanya opsi membantu menyelesaikan masalah ini mungkin untuk dilakukan, sehingga dapat membuat seorang empath merasa kesulitan bahkan tertekan.

  1. Banyak Orang yang Bercerita Kepadanya

Karena kemampuannya merasakan perasaan dan emosi orang lain dengan baik, empath kemudian dapat menjadi tempat curhat yang ideal. Oleh karena itu, jika banyak orang di sekitar Anda percaya dan menceritakan permasalahan yang tengah dialami kepada Anda, maka mungkin saja Anda adalah seorang empath.

  1. Tidak Menyukai Konflik

Konflik merupakan hal yang berusaha dihindari oleh seorang empath. Karena tingkat sensitifitasnya cukup tinggi, perkelahian ataupun perdebatan dapat membuat seorang empath merasa stres. Hal ini karena seorang empath tidak hanya berurusan dengan emosi dan perasaannya saja, akan tetapi juga dapat menyerap emosi dan juga perasaan orang lain.

  1. Cenderung Mengisolasi Diri

Isolasi diri dapat membantu seorang empath memulihkan diri dari rasa tertekan, stres dan berbagai emosi orang lain. Meskipun begitu, isolasi diri yang terlalu lama dan berlebihan dapat memicu gangguan pada kesehatan mental.

Itulah dia beberapa ciri yang dapat mengindikasikan apakah Anda adalah seorang empath atau tidak. Selain poin-poin tersebut, ciri lainnya dari seorang empath adalah seorang merasa sulit beradaptasi dengan orang lain, suka dengan alam terbuka, hingga sensitif terhadap suara, bau, dan sensasi tertentu.

Apabila Anda mempunyai ciri-ciri tersebut dan merasa kewalahan dalam menghadapinya, jangan pernah ragu untuk berkonsultasi dengan tenaga medis untuk mendapatkan solusi terbaik.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenali Insecure: Perasaan Tak Nyaman yang Mengganggu

 

Sumber:

1. Raypole, Crystal. 2019. 15 Signs You Might Be an Empath.

2. Campbell, Leah. 2021. What is an Empath and How Do You Know If You Are One?

Bagikan artikel ini