Bantuan

Sering Mendengar Istilahnya, Namun Apa Sebenarnya Psikopat Itu?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Mar 2022

Bagikan

psikopat

Psikopat menjadi sebuah kata yang cukup familiar untuk menggambarkan sikap seseorang yang dirasa merugikan masyarakat. Saking familiar dan populernya, kata tersebut terdapat pada banyak film dan seri drama yang menggunakan tema ini sebagai karakter dari tokoh utama dan alur cerita. Sebut saja Saw movie yang terkenal dengan kesadisannya dan memiliki cukup banyak penggemar sampai dibuat beberapa movie serinya, juga ada seri original Netflix berjudul “YOU” dengan karakter utamanya yang sangat manipulatif dan banyak karya-karya lainnya.

Definisi Psikopat 

Pada awalnya, penggunaan istilah psikopat ini digunakan untuk menggambarkan seseorang atau individu yang memiliki karakteristik manipulatif, tidak peduli, dan penipu. Beberapa orang juga menyebut seorang psikopat sebagai sosiopat, walaupun mayoritas lebih sering menggunakan istilah yang satunya. Psikopat biasanya memiliki perilaku yang sangat bervariasi dari satu orang ke orang lainnya. Beberapa orang ada yang menjadi seorang kriminal, ada juga beberapa yang justru menjadi seorang pemimpin sukses.

Seorang psikopat kemungkinan akan mendapat diagnosis dengan kondisi kesehatan mental yang lebih luas dibanding dengan gangguan kepribadian antisosial saja. Biasanya juga menggambarkan orang-orang yang melanggar aturan dan bersikap kronis. Namun, bukan berarti semua orang dengan kepribadian antisosial dianggap sebagai psikopat, justru hanya sejumlah kecil orang saja.

Karakteristik Psikopat 

Ada beberapa karakteristik yang biasanya dimiliki seorang psikopat. Karakteristik ini dapat Anda tentukan sebagai ciri-ciri dari seseorang yang memiliki kepribadian ini. Karakteristik ini dapat muncul sejak masa kanak-kanak dan akan terus tumbuh menjadi lebih buruk lagi dari waktu ke waktu. Berikut ini karakteristik yang bisa menjadi tanda-tanda psikopat paling umum:

  1. Manipulatif

Manipulatif atau sering disebut juga manipulasi adalah istilah yang digunakan untuk sikap seseorang yang memengaruhi emosi orang lain untuk mengendalikan orang tersebut. Psikopat sangat mahir dalam membuat orang lain melakukan apa yang mereka inginkan. Mereka mungkin mempermainkan orang lain sambil membuat mereka bersalah dan kemudian mengendalikan apa yang orang tersebut akan lakukan secara tidak langsung.

  1. Suka Berbohong

Pada umumnya psikopat suka sekali berbohong dan sangat sulit ketahuan. Mereka biasanya membuat kebohongan tanpa cela, sehingga banyak orang yang bisa tertipu olehnya. Biasanya seorang psikopat berbohong supaya dapat terlihat baik dan keluar dari masalah yang mungkin sedang dihadapi. Jika mengalami kesulitan, terkadang mereka hanya akan mengolah fakta dengan mengubah cerita lagi dan menyesuaikannya dengan situasi.

  1. Memiliki Pesona

Tidak sedikit psikopat yang justru disukai oleh orang-orang yang berada di sekitarnya. Biasanya mereka adalah seorang pembicara yang baik, sehingga dapat berbagi cerita menarik untuk membuat kesan baik kepada orang lain. Tidak sedikit juga yang mungkin akan merasa bahwa mereka karismatik dan juga lucu. Walaupun begitu, bukan berarti semua orang yang sangat menarik dapat disimpulkan sebagai seorang psikopat. 

  1. Narsisme

Pada umumnya, para psikopat memiliki pandangan yang cukup berlebihan tentang diri mereka. Berlebihan di sini adalah pikiran menganggap diri mereka mereka penting dan berhak untuk melakukan apapun yang mereka inginkan walaupun hal tersebut melanggar hukum dan norma. Hal ini karena mereka merasa dibenarkan untuk hidup menurut aturan yang mereka buat sendiri, bukan hidup menurut aturan dan hukum yang berlaku dalam sebuah negara tempat mereka tinggal.

Treatment 

Apa yang harus Anda lakukan saat mengetahui seseorang yang mungkin memiliki ciri-ciri psikopat? Ada baiknya untuk tidak langsung men-judge orang tersebut terlebih dahulu, karena tidak semua orang yang memiliki tanda-tanda tersebut memang benar-benar seorang psikopat. Oleh karena itu, akan lebih baik untuk melakukan pemeriksaan dan berkonsultasi pada ahlinya seperti, psikiater dan psikolog. Ada baiknya untuk langsung ke psikiater jika sudah parah agar bisa diresepkan obat dan treatment yang cocok.

Biasanya dalam treatment pengobatan orang-orang yang positif psikopat, akan diberikan perawatan berupa terapi bicara atau psikoterapi dan pemberian obat-obatan. Walaupun sebenarnya tidak ada obat-obatan yang bisa dengan langsung mengobati sebuah gangguan kepribadian. Biasanya obat berfungsi untuk mengatasi kecemasan dan hal-hal serupa lainnya sehingga yang akan menjadi pengobatan utamanya adalah psikoterapi itu sendiri.

Itulah penjelasan mengenai apa itu psikopat sampai bagaimana tindakan yang harus dilakukan untuk psikopat. Semua karakteristik di atas tidak semerta-merta hanya dimiliki oleh seorang psikopat, oleh karenanya kita tidak bisa langsung menarik kesimpulan bahwa seseorang memiliki kepribadian tersebut. Saat itulah pentingnya untuk berkonsultasi kepada para ahli.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mari Ketahui Seluk Beluk Skizofrenia yang Merupakan Salah Satu Penyakit Mental

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kesehatan Jiwa

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang
Referensi

Morin, A. 2021. What Is a Psychopath?. https://www.verywellmind.com/what-is-a-psychopath-5025217.

Lindberg, S. 2019. Psychopath. https://www.healthline.com/health/psychopath.

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kesehatan Jiwa

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang