Bantuan
Bantuan

Apakah Memiliki Alter Ego Itu Normal? Ketahui Seluk Beluknya di sini!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Feb 2022

Bagikan

Alter Ego

Ketika terpikir akan alter ego, hal apa yang terlintas di benak Anda? Pada banyak orang, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah bahwa alter ego adalah suatu hal yang tidak normal. Banyak pula yang beranggapan bahwa alter ego merupakan salah satu bentuk dari gangguan kepribadian.

Akan tetapi, benarkah bahwa alter ego ini merupakan hal yang tidak normal? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak seluk beluk mengenai apa itu alter ego pada penjelasan berikut ini.

Apa itu alter ego?

Alter ego sejatinya dapat diartikan sebagai sebuah identitas atau karakter yang terbentuk dalam diri seseorang. Karakter atau identitas ini seringkali muncul secara sadar dan merupakan versi yang lebih ideal mengenai seseorang. Biasanya, versi ideal ini merupakan versi lain dari dirinya yang diidam-idamkan dan ingin diwujudkan ke dalam kehidupan nyata.

Selain merupakan versi yang lebih ideal dari diri seseorang, alter ego juga dapat ‘dihidupkan’ ke dunia nyata dengan tujuan agar seseorang dapat menghadapi realita dengan lebih baik dan berani. Banyak pula yang menjadikan alter ego ini sebagai salah satu cara untuk menyembunyikan salah satu sisi dalam diri seseorang yang tidak ingin diketahui oleh orang lain. 

Apakah kepribadian ganda adalah alter ego?

Dari penjelasan sebelumnya, Anda mungkin menganggap bahwa kepribadian ganda adalah alter ego. Namun ternyata, kedua hal ini memiliki perbedaan yang cukup kontras. Lantas apa hal yang membedakan alter ego dengan kepribadian ganda tersebut? 

Pada orang yang yang memiliki kepribadian ganda akan mengalami perubahan secara total baik dari cara bicara, nama usia, bahkan gendernya apabila kepribadian lainnya mengambil alih tubuh. Tidak hanya itu, apabila pada kepribadian asli berhasil kembali, maka dia tidak akan mampu mengingat apa yang terjadi. 

Sedangkan orang yang memiliki alter ego tidak mengalami hal seperti demikian. Perubahan kepribadian pada orang yang memiliki alter ego masih dalam kendali kepribadian asli sehingga bisa dikatakan bahwa kepribadian asli bisa mengetahui dan memiliki kuasa penuh untuk menukar kepribadiannya. Oleh karena itu, orang yang memiliki alter ego bisa menukar kepribadian pada saat dibutuhkan.

Jadi, dapat disimpulkan antara alter ego dan kepribadian ganda merupakan suatu  hal yang berbeda. Perbedaan keduanya terletak pada kendali atas kepribadian lainnya. 

Apakah memiliki alter ego itu normal?

Jika Anda pernah mendengar kisah seorang penyanyi legendaris Beyonce yang menyebut Sasha Fierce sebagai sosok alter ego-nya, Anda akan mengetahui bahwa sejatinya memiliki alter ego itu merupakan hal yang normal. Bahkan tidak hanya Beyonce saja, setiap orang memiliki potensi yang cukup besar dalam memiliki alter ego di dalam dirinya. Hanya saja, Anda mungkin tidak menyadari bahwa selama ini Anda telah memiliki alter ego.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang kemungkinan besar dapat menunjukkan bahwa Anda memiliki alter ego.

  • Ketika sedang berada pada situasi yang sulit atau saat dihadapkan dengan keputusan, secara tidak sadar Anda berbicara dengan alter ego dalam bentuk suara di kepala Anda. 

  • Saat merasa kesepian dan sendiri, terkadang Anda juga berbicara pada alter ego di kepala Anda karena butuh lawan bicara. 

  • Demi menyembunyikan rasa malu dalam diri, Anda sering tampil dengan menggunakan alter ego atau versi lain dari diri Anda yang lebih mampu menunjukkan keceriaan dan keberanian di depan orang lain. 

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa memiliki alter ego sejatinya merupakan hal yang normal. Memiliki alter ego dalam hal ini tidak serta-merta menjadikan Anda seseorang dengan gangguan mental, mengingat seseorang yang sehat secara psikologis sangat mungkin memiliki alter ego. 

Apabila kita berkaca dari kisah Beyonce dan alter ego Sasha Fierce-nya, kehadiran alter ego ini justru memberikan dorongan positif. Dalam hal ini, alter ego dapat mendorong seseorang untuk lebih percaya diri, lebih berani, dan menjadi versi terbaik dari dirinya. Pada akhirnya, dapat dikatakan bahwa alter ego ini dapat membuat setiap orang mampu untuk mengadopsi perilaku yang lebih positif. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Mental Di Masa Pandemi COVID-19, Mudah Dilakukan!

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kesehatan Jiwa

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang
Referensi

Ladock, Jason. 2019. Alter Ego Definition. https://www.healthguidance.org/entry/11252/1/Alter-Ego-Definition.html

Rodgers, Joann Ellison. 2006. Altered Ego. https://www.psychologytoday.com/us/articles/200611/altered-ego

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kesehatan Jiwa

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang