Bantuan
Free Tele x

Mari Ketahui Seluk Beluk Skizofrenia yang Merupakan Salah Satu Penyakit Mental

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 25 Mar 2022

Bagikan

skizofrenia

Apakah Anda pernah mendengar istilah skizofrenia? Skizofrenia merupakan salah satu penyakit mental serius yang dapat memengaruhi perasaan, pikiran dan juga perilaku. Pada umumnya, pada penderita skizofrenia tidak dapat menafsirkan realitas secara normal atau disebut dengan psikosis. Bisa disebut juga, penderita skizofrenia tidak dapat membedakan mana kenyataan dan mana khayalan. 

Menurut data WHO, ada sekitar 20 juta orang di dunia yang mengalami penyakit mental serius ini. Seseorang yang mengalami kondisi ini memiliki risiko kematian dini 2 hingga 3 kali lebih besar dari pada orang pada umumnya. Pasalnya, penyakit ini sering disertai dengan penyakit lainnya seperti diabetes dan penyakit jantung. 

Penyebab Skizofrenia

Lantas apa yang menyebabkan penyakit mental serius ini dapat di alami oleh seseorang? Pada dasarnya, tidak diketahui secara pasti apa yang menyebabkan skizofrenia ini dapat terjadi. Akan tetapi, ada beberapa faktor yang diduga menjadi penyebab munculnya penyakit mental serius ini.

  1. Faktor genetik

Faktor penyebab skizofrenia yang pertama yaitu karena faktor genetik. Apabila dalam keluarga Anda terdapat penderita skizofrenia, maka Anda akan berisiko 10% lebih tinggi. Namun, jika orang tua Anda keduanya mengalami skizofrenia, maka risiko meningkat menjadi 40% lebih tinggi. 

  1. Komplikasi pada masa kehamilan

Berbagai kondisi yang terjadi pada masa kehamilan diduga menjadi penyebab skizofrenia yang selanjutnya. Beberapa kondisi tersebut yaitu pendarahan ketika hamil, kurangnya asupan nutrisi, diabetes, paparan racun dan preeklampsia. Selain itu, bayi yang lahir dengan berat badan rendah serta kekurangan oksigen saat dilahirkan juga berisiko mengalami skizofrenia. 

  1. Faktor lingkungan

Faktor penyebab skizofrenia yang terakhir yaitu karena faktor lingkungan. Beberapa hal yang dapat menyebabkan skizofrenia yaitu stres karena ditinggal orang dicintai atau kehilangan pekerjaan, pengalaman traumatis seperti bullying hingga penyalahgunaan obat-obatan terlarang. 

Jenis-jenis skizofrenia

Tahukah Anda, ternyata skizofrenia tidak hanya ada satu jenis. Setidaknya ada 4 jenis skizofrenia yang perlu Anda ketahui. Berikut ini beberapa jenis skizofrenia yang perlu Anda ketahui. 

  1. Skizofrenia paranoid

Jenis skizofrenia yang paling umum yaitu skizofrenia paranoid. Gejala yang umumnya muncul yaitu delusi dan halusinasi terutama pada ketakutan sesuatu. Para penderita skizofrenia jenis ini pada umumnya tidak dapat mengendalikan perilakunya sehingga sering bertindak tidak pantas.

  1. Skizofrenia katatonik

Jenis skizofrenia yang selanjutnya yaitu skizofrenia katatonik. Jenis ini merupakan kebalikan dari skizofrenia paranoid. Skizofrenia katatonik merupakan kondisi yang paling langka yang ditandai dengan gerakan yang tidak biasa dan tiba-tiba. Para penderita skizofrenia katatonik sering kali beralih secara tiba-tiba dari aktif menjadi pendiam. 

  1. Skizofrenia tidak terdiferensiasi

Skizofrenia tidak terdiferensiasi merupakan jenis yang ditandai dengan berbagai gejala dari jenis skizofrenia lainnya. Para penderita skizofrenia jenis ini banyak tidak mengekspresikan diri dan juga bisa paranoid. 

  1. Schizoaffective disorder

Jenis skizofrenia yang terakhir yaitu schizoaffective disorder. Gejala yang muncul dari jenis pada umumnya sama dengan jenis lainnya namun disertai dengan gangguan mood. Beberapa gangguan mood yang mungkin terjadi yaitu depresi dan hipomania.  

Gejala Skizofrenia

Gejala yang muncul pada penderita skizofrenia sebenarnya berbeda-beda. Gejala yang dimunculkan akan bergantung pada tingkat keparahan dan juga jenis yang di 

  • Delusi. Para penderita skizofrenia sering kali memiliki keyakinan yang kuat akan hal yang salah. Contohnya yaitu merasa ada orang lain yang ingin mencelakakan dirinya. 

  • Halusinasi. Para penderita skizofrenia umumnya akan merasa seperti mendengar sesuatu atau merasakan sesuatu yang tidak nyata.

  • Masalah kognitif. Para penderita skizofrenia akan mengalami kesulitan untuk fokus dan berkonsentrasi. Tidak hanya itu, penderita skizofrenia juga mengalami kesulitan membuat keputusan dengan baik karena tidak dapat memproses informasi yang diterima. 

  • Gerakan tidak teratur. Pada umumnya, penderita skizofrenia akan melakukan  gerakan-gerakan yang tidak beraturan. Mereka terlihat seperti gelisah atau bersikap konyol layaknya anak kecil.

Nah itulah dia beberapa informasi mengenai skizofrenia yang merupakan salah satu penyakit mental serius. Pada penderita skizofrenia pada umumnya tidak akan menyadari kondisi yang sedang dialami. Oleh karena itu, apabila Anda melihat orang terdekat Anda menunjukkan  gejala skizofrenia segeralah bawa berobat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Mari Cari Tahu Apa Itu Trypophobia di Sini

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kesehatan Jiwa

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang
Referensi

Higuera, Valencia. 2018. What Do You Want to Know About Schizophrenia?. https://www.healthline.com/health/schizophrenia#types

Mayo Clinic. 2020. Schizophrenia. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/schizophrenia/symptoms-causes/syc-20354443

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kesehatan Jiwa

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami