Bantuan
Free Tele x

Ingin Tahu Cara Menghilangkan Kutu Air? Berikut Jawabannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Dec 2021

Bagikan

Ingin Tahu Cara Menghilangkan Kutu Air? Berikut Jawabannya

Apakah Anda tahu bagaimana cara menghilangkan kutu air? Kutu air itu sendiri merupakan infeksi jamur yang dapat terjadi pada kulit kaki maupun tangan. Pada awalnya, infeksi hanya terjadi di sela-sela jari, namun akan akan terus menyebar ke semua area tangan atau kaki. 

Kutu air pada dasarnya bukanlah kondisi yang serius, namun tetap perlu diobati agar infeksi tidak semakin parah. Tidak hanya itu, kutu air sering kali menimbulkan rasa gatal yang tidak membuat Anda tidak nyaman serta lenting yang berisikan cairan pada kaki atau tangan membuat penampilan agak terganggu. Lalu bagaimana cara menghilangkan kutu air?

Cara Menghilangkan Kutu Air

Untuk menghilangkan kutu air, Anda bisa menggunakan kiri atau salep antijamur. Akan tetapi, Anda juga bisa menghilangkan kutu air dengan beberapa bahan alami. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan kutu air.  

  1. Rendam Dengan Air Garam

Cara menghilangkan kutu air yang bisa Anda lakukan pertama yaitu berendam di air garam. Hal ini karena garam memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang kuat sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mencegah kutu air semakin menyebar. Caranya yaitu cukup merendam bagian yang terkena kutu air di air garam selama 20 hingga 30 menit. Namun perlu diingat, setelah berendam di air garam, maka keringkan tangan atau kaki hingga tuntas dan jangan biarkan lembab. 

  1. Tempelkan Bawang Putih

Selain garam, Anda juga dapat menggunakan bawang putih untuk dapat menghilangkan kutu air. Hal ini karena bawang putih memiliki alicilin dan minyak atsiri yang bersifat sebagai antiseptik, antiinflamasi dan antibakteri. Cara menggunakan yaitu dengan menghancurkan bawang putih hingga halus. Setelah itu tempelkan pada kulit yang terkena kutu air, kemudian balut dengan perban dan diamkan beberapa saat. 

  1. Rendam Dengan Air Daun Sirih

Cara menghilangkan kutu air yang selanjutnya yaitu dengan merendam kaki atau tangan dengan air daun sirih. Caranya yaitu dengan merebus daun sirih bersamaan dengan garam. Setelah itu, gunakan air rebusan tersebut untuk merendam kaki atau tangan yang terkena kutu air. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, rendam kaki atau tangan selama 30 menit dan lakukan sesering mungkin.

Baca Juga: Cari Tahu Faktor Risiko Penyebab Kutu Air Di Tangan

  1. Rendam Dengan Seduhan Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan polifenol yang bersifat antijamur yang berguna untuk menghilangkan kutu pada tangan dan kaki. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan menyeduh teh hijau kemudian gunakan untuk merendam kulit yang terkena kutu air. Apabila Anda menemukan kemerahan dan pengelupasan pada kulit, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya kondisi ini merupakan tanda bahwa polifenol sedang bekerja. 

  1. Menggunakan Baking Soda

Pada sebuah penelitian disebutkan bahwa baking soda bisa Anda gunakan sebagai obat dalam mengatasi kutu air. Hal ini karena baking soda dapat melawan infeksi jamur yang dapat memicu terjadinya peradangan pada kulit. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan satu cangkir baking soda ke dalam baskom air hangat. Setelah itu, rendamlah kaki atau tangan yang terkena kutu air pada air tersebut selama 15 menit. 

  1. Mengoleskan Minyak Oregano

Anda juga bisa menghilangkan kutu air dengan cara mengoleskan minyak oregano pada kulit yang terkena kutu air. Hal ini didukung dapat beberapa penelitian yang menyebutkan minyak oregano mengandung 71% senyawa antiseptik yang sering dikenal dengan nama fenol. Kandungan fenol dalam minyak oregano yaitu timol dan carvacrol. Kedua kandungan tersebut dapat membunuh jamur dan mengendalikan pertumbuhan mikroba yang berbahaya. 

  1. Menggosokkan Tea Tree Oil

Cara menghilangkan kutu air yang terakhir yaitu dengan menggosokkan tea tree oil pada kulit yang terkena kutu air. Hal ini karena tea tree oil  memiliki sifat antibakteri, antiseptik dan antijamur yang bisa mengatasi kutu air. Dalam sebuah studi bahkan menyebutkan bahwa tea tree oil memiliki efek yang sama seperti tolnaftate atau obat infeksi jamur yang paling banyak digunakan. 

Demikianlah beberapa informasi mengenai cara menghilangkan kutu air yang bisa Anda lakukan. Selain melakukan beberapa cara di atas, Anda juga perlu menjaga kebersihan kaki dan tangan, sering mengganti kaus kaki serta menjaga kaki atau tangan tetap kering.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Cara Mencegah Kutu Air di Musim Penghujan

 

Sumber:

1. Berry, Jennifer. 2020. Five home remedies for athlete's foot.

2. Gotter, Ana. 2019. Home Remedies for Athlete’s Foot.

3. WebMD. 2020. Home Remedies for Athlete's Foot: What Works.

Tag :
Bagikan artikel ini