Bantuan

Mengenal Ciri-Ciri Ambeien untuk Penanganan Lebih Awal

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Feb 2022

Bagikan

Ciri-ciri ambeien

Mengetahui ciri-ciri ambeien merupakan salah satu langkah yang tepat, agar bisa menyadari ambeien sedini mungkin. Dengan menyadari berbagai ciri-ciri ambeien ini, maka Anda bisa segera melakukan konsultasi dan mendapat kan pasangan yang tepat. Oleh karena itu, di dalam artikel kali ini akan dijelaskan berbagai ciri-ciri ambeien yang wajib Anda ketahui. 

Ambeien

Sebelum mengetahui apa saja ciri-ciri ambeien, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu apa itu ambeien. Ambeien itu sendiri merupakan suatu kondisi di mana pembuluh darah vena yang berada di sekitar anus mengalami peradangan dan pembengkakan. 

Peradangan dan pembengkakan ini dapat terjadi karena berbagai faktor. Salah satu penyebabnya yaitu kebiasaan buruk yang berlama-lama di kamar mandi saat buang air besar. Tidak hanya itu, mengejan terlalu sering juga akan meningkatkan risiko terjadinya kondisi ini. 

Pada dasarnya, hal ini tidaklah berbahaya dan tidak akan menular. Akan tetapi, penderitanya akan merasa tidak nyaman bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Jadi, pastikan Anda menghindari berbagai penyebabnya jika tidak ingin mengalami kondisi yang sama. 

Ciri-Ciri Ambeien

Pada dasarnya, gejala ambeien tidak akan dirasakan pada awal-awal kemunculan. Namun seiring berjalannya waktu, mulailah muncul ciri-ciri ambeien yang bisa Anda rasakan. Adapun berbagai ciri-ciri ambeien yang perlu Anda perhatikan, yaitu sebagai berikut. 

  1. Terdapat benjolan di lubang anus

Ciri-ciri ambeien yang perlu Anda waspadai pertama, yaitu terdapat benjolan di lubang anus. Benjolan ini sebenarnya adalah pembuluh darah yang mengalami pembengkakan. Kondisi ini dapat terjadi karena keras saat mengejan. Biasanya orang mengejan terlalu keras karena sedang sembelit. 

  1. Rasa tidak nyaman dan nyeri pada anus

Sebelum munculnya benjolan di lubang anus, biasanya Anda akan merasakan rasa tidak nyaman atau nyeri pada anus. Namun pada umumnya, rasa nyeri ini akan dirasakan oleh penderita ambeien luar, sedangkan untuk ambeien dalam biasanya akan merasakan nyeri saat benjolan di dalamanus mulai keluar dan nampak. 

  1. Rasa gatal pada anus

Ciri-ciri ambeien lainnya yang wajib untuk Anda perhatikan, yaitu rasa gatal pada anus. Kondisi ini terjadi pada saat sudah terdapat benjolan di anus. Benjolan anus ini akan menyebabkan lendir yang seharusnya berada di dalam anus keluar ke jaringan sekitar anus. Di dalam lendir tersebut terdapat kandungan feses yang menyebabkan iritasi pada kulit anus.  

  1. Buang air besar berdarah

Pada kasus ambeien dalam, biasanya akan muncul ciri-ciri buang air besar berdarah. Hal ini dapat terjadi karena feses yang keras dapat merobek benjolan ambeien sehingga mengeluarkan darah yang terikut dalam feses. Ditambah lagi dengan otot disekitar anus yang menegang semakin meningkatkan pendarahan. Jika Anda mendapatkan ciri-ciri ini, maka ambeien yang dialami sudah cukup parah. 

  1. Sakit saat buang air besar

Ciri-ciri ambeien yang terakhir, yaitu sakit saat buang air besar. Sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami ciri-ciri ini. Pasalnya, rasa sakit yang Anda alami menandakan bahwa kondisi ambeien yang dialami cukup serius sehingga membutuhkan penanganan dari dokter. 

Mencegah Ambeien

Mumpung belum mengalaminya, sebaiknya Anda segera melakukan langkah pencegahan. Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi tunggu apa lagi, segeralah melakukan beberapa cara pencegahan ambeien di bawah ini. 

  • Cukupi Air: Cara mencegah ambeien yang pertama, yaitu mencukupi kebutuhan air harian. Jika kebutuhan air tercukupi maka membantu feses menjadi lebih lunak sehingga Anda tidak perlu mengejan terlalu keras. 

  • Konsumsi Serat: Selain air, Anda juga perlu mengonsumsi serat. Serat ini akan membantu Anda terhindar dari berbagai masalah pencernaan.

  • Berolahraga: Cara mencegah ambeien yang terakhir, yaitu dengan berolahraga. Malas bergerak dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan sembelit sehingga meningkatkan risiko ambeien. 

Itulah dia beberapa ciri-ciri ambeien yang penting untuk Anda ketahui. Apabila Anda menemukan beberapa ciri-ciri yang disebutkan diatas, segeralah untuk mencari pengobatannya, terutama jika sudah muncul rasa nyeri, benjolan pada anus, dan buang air besar berdarah, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Penyebab, Gejala Serta Cara Pencegahan Ambeien yang Bisa Dilakukan

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

WebMD. 2020. Hemorrhoids. https://www.webmd.com/digestive-disorders/understanding-hemorrhoids-basics

Cleveland Clinic. 2018. 5 Simple Ways You Can Prevent Hemorrhoids. https://health.clevelandclinic.org/5-simple-ways-you-can-prevent-hemorrhoids/

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang