Bantuan

Seluk-beluk Penyakit Anxiety Disorder dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Mar 2022

Bagikan

anxiety disorder

Perasan cemas merupakan hal yang wajar dialami setiap orang, tetapi apabila terjadi berulang kali dan tidak terkendali bisa saja Anda mengalami penyakit anxiety disorder. Mungkin banyak orang belum paham mengenai apa itu penyakit anxiety disorder. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan seluk beluk anxiety disorder dan cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. 

Penyakit Anxiety Disorder

Telah disebutkan sebelumnya, perasaan cemas adalah hal yang wajar dialami setiap orang. Biasanya, perasaan cemas ini akan muncul saat Anda berada di situasi yang menakutkan dan mengancam. Oleh karena itu, pada keadaan normal perasaan cemas ini akan menjadi pendorong untuk menyiapkan diri dalam menghadapi berbagai kondisi tersebut. 

Akan tetapi, pada beberapa orang mungkin saja perasaan cemas ini berubah menjadi tidak terkendali. Salah satu tandanya, yaitu ketika rasa cemas yang dialami tetap muncul dan bertahap, meskipun faktor pemicunya telah tiada. Berarti perasaan cemas itu berubah menjadi gangguan kesehatan mental atau sering disebut dengan penyakit anxiety disorder

Penyebab Penyakit Anxiety Disorder

Lalu apa yang menyebabkan seseorang mengalami anxiety disorder ini? Hingga saat ini belum ada bukti yang pasti untuk menjawab pertanyaan tersebut. Akan tetapi, para ahli meyakini ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit anxiety disorder ini. Adapun beberapa faktor risiko yang diyakini oleh para ahli tersebut, yaitu sebagai berikut.

  • Genetik

Faktor risiko yang pertama, yaitu karena genetik. Jadi, jika dalam keluarga Anda, baik orang tua ataupun saudara kandung yang memiliki riwayat gangguan kecemasan, maka Anda juga akan memiliki risiko tinggi untuk mengalami hal yang sama. 

  • Traumatis

Selain karena genetika, anxiety disorder juga diyakini disebabkan oleh kejadian traumatis yang dialami pada masa lalu. Tidak hanya itu, pengalaman akan stres dalam jangka panjang juga bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami anxiety disorder ini. 

  • Kondisi Kesehatan

Ternyata, penyakit anxiety disorder juga dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan. Beberapa kondisi kesehatan tersebut di antaranya, yaitu penyakit jantung, kecanduan alkohol, diabetes, tumor langka, dan lainnya. 

Cara Mengatasi Anxiety Disorder

Apabila Anda mengalami anxiety disorder ini, sebaiknya segera cari tahu bagaimana cara mengatasinya agar tidak semakin berkembang menjadi lebih parah. Oleh karena itu, Anda wajib membaca penjelasan yang ada di bawah ini. Karena di bawah ini akan dijelaskan beberapa tips mengenai cara mengatasi anxiety atau kecemasan yang dapat Anda terapkan. 

  1. Menarik napas yang dalam

Cara mengatasi anxiety disorder yang bis Anda lakukan pertama, yaitu dengan menarik napas yang dalam. Lakukan cara ini saat Anda merasa rasa cemas tiba-tiba menyerang. Dengan begitu, maka tubuh akan menjadi lebih rileks serta sel saraf pada otak yang memicu stres bisa menjadi lebih tenang. Namun untuk berhasil melakukanya, Anda perlu menarik napas dalam-dalam hingga beberapa saat.

  1. Memusatkan pikiran

Jika Anda sudah berhasil mengatur napas, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan, yaitu dengan memusatkan pikiran. Mulailah untuk menerima dan menyadari bahwa Anda sedang merasa cemas dan menganggap hal tersebut adalah hal yang wajar. Setelah itu, mulailah memikirkan hal-hal yang menyenangkan atau Anda juga bisa diam saja tanpa melakukan atau memikirkan apapun. 

  1. Memberi waktu untuk diri sendiri

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anxiety disorder, yaitu dengan memberi waktu pada diri sendiri. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan banyak hal yang Anda sukai, seperti berendam, relaksasi, dan lainnya. Dengan hal ini, Anda dapat menjadi lebih tenang dan rasa cemas mungkin akan segera mereda.

Mungkin sampai di sini penjelasan mengenai seluk beluk penyakit anxiety disorder dan cara mengatasinya. Apabila Anda menemukan orang terdekat Anda mengalami kondisi ini, maka berikan perhatian yang lebih dan bantulah dia. Selain itu, Anda bisa segera meminta bantuan tenaga profesional, baik itu melalui psikolog ataupun psikiater. Dalam hal ini, Anda dapat memperoleh diagnosa yang tepat, serta solusi terbaik yang sesuai dengan kondisi tersebut.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Memahami Gejala dan Tindakan Mengobati GERD Anxiety

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kesehatan Jiwa

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang
Referensi

Mayo Clinic Health System. 2021. 11 tips for coping with an anxiety disorder. https://www.mayoclinichealthsystem.org/hometown-health/speaking-of-health/11-tips-for-coping-with-an-anxiety-disorder

Hirschlag, Ally. 2018. Do You Live with Anxiety? Here Are 11 Ways to Cope. https://www.healthline.com/health/mental-health/how-to-cope-with-anxiety

ADAA. Tips to Manage Anxiety and Stress. https://adaa.org/tips

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kesehatan Jiwa

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang