Bantuan

Apa Itu Introvert dan Apa Perbedaannya dengan Extrovert?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 25 Mar 2022

Bagikan

perbedaan introvert dan extrovert

Kepribadian manusia seringkali digolongkan menjadi 2 golongan yaitu introvert dan extrovert. Seseorang yang pendiam dan lebih banyak menghabiskan waktunya sendiri sering dikenal dengan istilah introvert, sedangkan mereka yang memiliki sifat senang bergaul atau bersosialisasi dengan siapa pun dikenal dengan istilah extrovert. Introvert sering disalahpahami sebagai seseorang yang pendiam, pemalu dan tidak mau bersosialisasi, padahal introvert adalah seseorang yang banyak memusatkan energinya untuk fokus pada hal-hal yang ada dalam dirinya. Namun bukan berarti seorang introvert tidak senang dengan kehidupan sosial atau tidak peduli dengan lingkungannya.

Apa Itu Introvert?

Introvert adalah seseorang yang sering menghabiskan waktu sendirian atau lebih senang berteman dengan satu atau dua orang yang dirasa lebih dekat. Mereka yang memiliki kepribadian introvert sering menghabiskan waktunya sendiri untuk memulihkan energi setelah berada di lingkungan sosialnya atau melakukan refleksi diri dengan suasana yang lebih tenang. Dalam psikologi introvert diartikan sebagai sifat yang membuat seseorang cenderung memusatkan minat dan perhatiannya pada proses internalnya sendiri. Namun bukan berarti seorang introvert adalah seseorang yang anti sosial.

Perbedaan Introvert dengan Extrovert

Setelah Anda mengetahui apa itu introvert, Anda juga perlu mengetahui beberapa perbedaan introvert dan extrovert yang bisa Anda lihat dari berbagai sisi. Sebab seringkali seseorang menyebut dirinya seorang introvert padahal dirinya adalah extrovert atau pun sebaliknya. Ini karena kepribadian manusia terkadang bisa berubah sesuai situasi atau kondisi yang tengah dihadapi. Tahukah Anda apa saja perbedaan introvert dengan extrovert?  Simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Dilihat dari Cara Recharge Diri

Untuk membedakan introvert dan extrovert bisa Anda lihat dari cara Anda melakukan recharge diri. Jika mereka yang memiliki kepribadian introvert, biasanya melakukan recharge energi dengan memilih tempat yang sepi untuk mendapatkan energinya. Berbeda dengan seseorang extrovert yang lebih senang melakukan recharge energi dengan pergi ke tempat yang lebih ramai, mengobrol dengan teman-teman lain atau nongkrong.

  1. Dilihat dari Cara Menghabiskan Waktu

Dilihat dari cara menghabiskan waktunya, mereka yang introvert lebih suka menghabiskan waktunya di rumah dengan membaca buku atau menonton film. Berbeda dengan mereka yang extrovert, lebih senang menghabiskan waktunya di luar rumah, seperti mengobrol dengan teman-temannya di luar, bersosialisasi atau senang berinteraksi. Mereka yang extrovert mungkin akan stres jika terlalu lama berada di dalam rumah.

  1. Dilihat dari Tugas yang Dikerjakan

Seseorang yang introvert biasanya lebih senang mengerjakan tugasnya sendiri. Sehingga ketika dihadapkan dengan tugas kelompok, seorang introvert tidak membutuhkan orang lain untuk membantunya, mereka bisa menyelesaikannya sendiri dengan lebih fokus. Berbeda dengan seorang extrovert, lebih senang mengerjakan tugas kelompok dengan banyak orang sambil berbincang dengan beberapa teman kelompoknya.

  1.  Dilihat dari Sudut Pandang Pertemanan

Orang yang memiliki kepribadian introvert biasanya mampu menjadi pendengar yang baik. Sehingga curhat dengan seseorang yang introvert adalah pilihan terbaik yang bisa Anda pilih. Sebab seorang introvert lebih senang mendengarkan daripada berbicara. Sedangkan orang extrovert lebih senang dirinya yang bercerita secara terus menerus dan terkadang ia lupa dengan bahasannya, karena saking banyaknya bahasan yang ia ceritakan.

  1.  Dilihat dari Komunikasi dan Cara Membaca Informasi

Seorang introvert dan extrovert bisa Anda lihat perbedaannya dari cara komunikasi dan membaca informasi. Seorang introvert biasanya senang mengomentari sesuatu informasi setelah membacanya secara keseluruhan dan bersikap lebih tenang saat berbicara. Berbeda dengan seorang extrovert, mereka bisa mengomentari suatu informasi sebelum membacanya secara keseluruhan. 

  1.  Berdasarkan Penilaian Orang Lain

Seorang introvert dan extrovert juga bisa Anda bedakan berdasarkan penilaian orang lain. Orang introvert biasanya dikenal lebih sedikit berbicara, pendiam dan menutup diri dari lingkungannya, sehingga tidak heran jika orang introvert jarang kelihatan mengobrol dengan beberapa tetangga di sekitar rumah. Sedangkan orang extrovert sering dikenal sebagai orang yang cerewet, tidak bisa diam dan senang mengobrol dengan banyak orang.

Itulah pengertian introvert, perbedaan introvert dan extrovert yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui beberapa perbedaan introvert dan extrovert, Anda bisa menentukan diri Anda sendiri, apakah termasuk introvert atau extrovert dengan tepat. Pada intinya seorang introvert cenderung lebih fokus pada dirinya dan menggunakan energinya untuk refleksi diri.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kesehatan Jiwa

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang
Referensi

Raypole, Crystal. Extroverts, Introverts, and Everything in Between. 2019. Available at: https://www.healthline.com/health/extrovert-vs-introvert#:~:text=%E2%80%9CExtroversion%20and%20introversion%20refer%20to,a%20smaller%20group%20of%20friends.%E2%80%9D (Accessed: 19 November 2021).

Surbhi. Difference Between Introvert and Extrovert. 2019. Available at: https://keydifferences.com/difference-between-introvert-and-extrovert.html (Accessed: 19 November 2021).

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kesehatan Jiwa

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang