Inilah Cedera Yang Mengganggu Fungsi Tulang Telapak Kaki

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Dec 2021

Bagikan

Kenali Cedera Yang Mengganggu Fungsi Tulang Telapak Kaki

Sering kali fungsi tulang telapak kaki diremehkan dan tidak diperhatikan. Padahal, sebagai bagian dalam anatomi tulang, tulang telapak kaki juga memiliki peran yang teramat besar untuk tubuh manusia. Tulang telapak kaki memiliki peranan penting dan signifikan untuk manusia melakukan aktivitas hariannya, yang mana berfungsi dalam menopang tubuh. 

Fungsi Tulang Telapak Kaki Manusia

Jika melihat anatomi atau strukturnya, maka fungsi tulang telapak kaki yakni guna menahan beban. Selain itu, fungsi lainnya yang dimiliki tulang ini yakni guna keseimbangan agar tetap sesuai dengan permukaan. Dibawah ini adalah beberapa fungsi dari tulang telapak kaki, pergelangan kaki, dan juga jari kaki manusia:

  1. Pada saat tertentu, memiliki fungsi guna mengganti fungsi tangan.

  2. Untuk menahan berat badan manusia.

  3. Menyerap getaran atau goncangan.

  4. Memberikan keseimbangan pada tubuh.

Baca Juga: Sering Dianggap Sepele, Ternyata Inilah Fungsi Tulang Jari Kaki

Cedera yang Mengganggu Fungsi Telapak Kaki

Ada beberapa hal yang bisa mengganggu fungsi tulang telapak kaki, misalnya saja seperti memakai sepatu yang terlalu sempit. Selain itu, ada kondisi atau penyakit tertentu yang mana dapat muncul dan menghambat kinerja kaki. Diantaranya adalah seperti dibawah ini:

  1. Bunion

Salah satu kondisi yang bisa menghambat fungsi tulang telapak kaki yakni bunion. Bunion adalah kondisi dimana terjadinya benjolan di area dasar tulang ibu jari. Seseorang yang mengalami kondisi seperti ini, umumnya akan merasakan rasa tidak nyaman sampai nyeri. Ketika berdiri atau berjalan, maka rasa sakit di area yang terkena bunion akan terasa semakin parah. 

  1. Hammertoe

Tahukah Anda bahwa jari-jari kaki yang lain pun, mempunyai risiko penyakit hammertoe. Hammertoe adalah kondisi dimana jari kaki yang mengarah atau menunjuk ke bagian bawah. Hal ini menyebabkan jari kaki akan terlihat seperti cakar. Hammertoe akan menyebabkan munculnya penebalan kulit atau biasa disebut sebagai kapalan, yang mana muncul pada ujung kaki karena adanya gesekan dengan kaus kaki atau sepatu.

Seseorang yang mengalami hammertoe akan sering mengalami rasa nyeri seperti berjalan diatas batu. Bahkan, ibu jari kaki yang mungkin pada awalnya tidak terkena hammertoe, akan merasakan sakit dikarenakan tekanan ketika menggunakan sepatu. 

  1. Asam Urat

Penyakit satu ini dapat menghambat atau mengganggu fungsi tulang telapak kaki, dimana termasuk tipe arthritis yang telah meradang. Asam urat atau gout dapat terjadi pada bagian telapak kaki yang mana saja. Akan tetapi, biasanya yang umum atau biasa terjadi yakni pada bagian dasar tulang jempol kaki.

Asam urat bisa muncul karena kadar asam urat dalam darah Anda yang sangat tinggi atau meningkat. Gout ini akan menjadi kristal pada bagian persendian, oleh karena itu akan menyebabkan nyeri sampai bengkak di bagian tubuh tersebut.

Baca Juga: Mengenal Asam Urat Normal Beserta Cara Menjaganya

  1. Arthritis Ibu Jari

Sakit di bagian sendi yang bisa terjadi pada bagian tubuh mana saja, bisa juga disebut sebagai arthritis. Akan tetapi, jika terjadi di telapak kaki maka akan menyerang area bawah tulang ibu jari. Dimana biasa dikenal sebagai arthritis ibu jari, yang mana terjadi disebabkan tulang rawan di bagian persendian tidak lagi lentur.

Hal ini bisa terjadi karena adanya aktivitas yang berlebihan atau cedera. Penyakit satu ini akan ditandai dengan munculnya pembengkakan dan rasa kaku di bagian jempol kaki, peradangan, dan juga pengapuran tulang. 

  1. Tulang Retak

Kondisi tulang retak dapat menghambat fungsi tulang telapak kaki karena aktivitas yang berulang dan berat untuk dilakukan. Misalnya saja, berlari dan berjalan yang mungkin terlihat sepele, namun jika dilakukan berlebihan bisa menyebabkan Anda mengalami tulang retak. Kondisi retak ini dapat memadat kembali, jika Anda beristirahat dengan cukup (Sifat mikroskopik).

Walaupun demikian, Anda harus tahu bahwa terkadang tingkat pemulihan tulang seseorang kalah cepat dengan parahnya keretakan. Hal ini disebabkan tubuh kurang memproduksi hormon tiroid, vitamin C, dan juga kalsium. Kemungkinan Anda akan mengalami stres fraktur pada kondisi ini. 

Walaupun perannya sering kali disepelekan bahkan dilupakan, namun peran dari tulang telapak kaki juga sangat penting untuk kehidupan manusia. Oleh karena itu, sudah seharusnya dijaga dengan baik.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengetahui Fungsi Tulang Betis Dan Anatominya

 

Referensi:

1. https://www.medicinenet.com/imagecollection/foot_anatomy_detail_picture/picture.htm

2. https://www.arthritis.org/health-wellness/about-arthritis/where-it-hurts/anatomy-of-the-foot

3. https://www.webmd.com/pain-management/picture-of-the-feet

4. https://www.healthline.com/human-body-maps/foot

5. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324336

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi