Bantuan
Free Tele x

Ragam Manfaat Daun Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Nov 2021

Bagikan

Ragam Manfaat Daun Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh

Sudahkah Anda mengetahui manfaat daun ketumbar? Daun ketumbar di Indonesia mungkin tidak terlalu familiar apabila dibandingkan dengan seledri.  Tidak hanya itu, daun ini mungkin hanya dipandang sebagai penambah cita rasa suatu hidangan. Tapi pada faktanya, terdapat begitu banyak manfaat bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari daun ketumbar. 

Overview daun ketumbar

Daun ketumbar memiliki nama ilmiah Coriandrum sativum L atau sering dikenal juga dengan daun cilantro atau daun coriander. Dari bentuknya mungkin akan terlihat mirip dengan daun seledri. Perbedaannya terletak dari tampilannya yang berwarna hijau terang dan memiliki bulu-bulu halus pada daunnya. Tidak hanya itu, daun ketumbar juga memiliki aroma yang lebih tajam dibandingkan dengan daun seledri. 

Baca Juga: Disebut dapat Tingkatkan Kesuburan, Berikut Ini Khasiat Ketumbar untuk Pria

Manfaat daun ketumbar

Daun ketumbar memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena mengandung berbagai senyawa bioaktif seperti alkaloid, tanin, flavonoid, dan saponin. Tidak hanya itu, daun ketumbar juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Lantas apa saja manfaat dari daun ketumbar bagi kesehatan? Simak terus penjelasan di bawah ini. 

  1. Menjaga kesehatan fungsi otak

Manfaat daun ketumbar yang pertama, yaitu dapat menjaga kesehatan fungsi otak. Hal ini karena daun ketumbar kaya dengan kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan kemampuan dalam mengingat dan berpikir. Selain itu, mengonsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan antioksidan dapat mencegah penyakit penurunan fungsi kognitif seperti Parkinson dan Alzheimer. 

  1. Mengendalikan tekanan darah

Daun ketumbar juga bermanfaat dalam mengendalikan  tekanan darah berkat kandungan flavonoid. Senyawa flavonoid memiliki efek yang serupa dengan efek obat hipertensi. Hal inilah yang membuat daun ketumbar bermanfaat dapat mengendalikan tekanan darah. Tidak hanya itu, daun ketumbar juga bermanfaat dalam menurunkan risiko penyakit jantung yang disebabkan oleh hipertensi atau tekanan darah tinggi. 

  1. Mengurangi kecemasan

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, daun ketumbar juga bermanfaat dalam mengurangi kecemasan. Manfaat yang satu ini datang dari sifat obat penenang yang dimiliki daun ketumbar. Ekstrak dari daun ketumbar dapat menghasilkan efek yang sama dengan obat penenang, bahkan daun ketumbar juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan menenangkan saraf. 

  1. Mencegah kanker

Manfaat daun ketumbar bagi kesehatan yang selanjutnya, yaitu dapat mencegah kanker. Hal ini dijelaskan dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2019, bahwa daun ketumbar dapat mengurangi ekspresi gen spesifik dalam sel kanker. Tidak hanya itu, dalam studi tersebut juga ditemukan efek antikanker terhadap sel kanker payudara dan menghambat terjadinya kerusakan sel yang disebabkan oleh stres oksidatif. 

  1. Menjaga kesehatan jantung

Daun ketumbar dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol di dalam tubuh. Selain itu, dalam sebuah studi dijelaskan bahwa daun ketumbar memiliki kandungan polifenol dan nutrisis kardioprotektif yang dapat mencegah terjadinya kerusakan oksidatif yang berkaitan dengan kerusakan jantung. 

  1. Mengatasi iritasi pada kulit

Kandungan antihistamin di dalam daun ketumbar akan membantu menenangkan respons sistem kekebalan tubuh terhadap alergen. Berkat kandungan inilah daun ketumbar bermanfaat dalam mengatasi iritasi pada kulit, seperti kulit terbakar atau gatal-gatal. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu mencampurkan daun ketumbar dan minyak kelapa lalu oleskan pada kulit yang iritasi. 

  1. Mengatasi gangguan sistem pencernaan

Manfaat daun ketumbar yang selanjutnya, yaitu dapat mengatasi gangguan pada sistem pencernaan seperti kembung, kram perut, dan mual. Hal ini karena daun ketumbar mampu pencernaan bekerja secara efisien dengan menghasilkan enzim pencernaan yang  dapat memecah makanan. Selain itu, daun ketumbar juga cocok dihidangkan bersamaan dengan makanan pedas karena dapat menetralisir rasa panas. 

Nah, itulah beberapa manfaat daun ketumbar bagi kesehatan tubuh yang bisa Anda dapatkan. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, pastikan Anda memilih daun ketumbar yang masih segar dan tidak layu serta memiliki warna yang hijau. Anda juga bisa menyimpan daun ketumbar di lemari es yang bisa bertahan selama satu minggu agar lebih mudah menambahkan ke berbagai masakan Anda. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ternyata Menyimpan Banyak Khasiat Bagi Kesehatan, Mari Mengenal Ketumbar dan Manfaatnya

 

Sumber:

Panoff, Lauren, 2019. 8 Surprising Health Benefits of Coriander

Netmeds. 2019. Coriander Leaves: 5 Excellent Health Benefits Of Adding These Aromatic Leaves To Your Daily Diet

 

Bennet, Chloe. 2019. The Health Benefits of Cilantro (Coriander).

Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami