Seberapa Lama Virus Corona Itu Bertahan Hidup Dalam Tubuh Manusia? Cari Tahu Faktanya Disini!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Oct 2021

Bagikan

Seberapa Lama Virus Corona Itu Bertahan Hidup Dalam Tubuh Manusia? Cari Tahu Faktanya Disini!

Menyebabkan wabah pandemi di seluruh negara, seberapa lama virus corona itu bertahan hidup dalam tubuh manusia? Virus corona atau SARS-CoV-2 yaitu virus yang menyebabkan penyakit covid-19. Bisa menyebabkan kematian, covid-19 membuat banyak negara melakukan lockdown. Diketahui bahwa kebanyakan orang yang mengalami gejala covid-19 akan membaik tanpa pengobatan dalam 2 sampai 6 bulan. Namun, perlu diperhatikan bahwa ini tidak serta merta mencerminkan berapa lama virus tersebut tetap aktif dalam tubuh manusia. Covid-19 memiliki masa inkubasi, yaitu hari-hari sebelum seseorang menyadari gejalanya. Pada kasus virus corona ini, seseorang dapat menularkan virus 2 hari sebelum merasakan gejala. Saat seseorang terpapar virus corona, bisa saja orang tersebut mengalami gejala ringan, namun ada juga beberapa lainnya yang tidak mengalami gejala sama sekali. Hal ini yang akan mempersulit untuk mengetahui siapa yang memiliki virus tersebut. Seberapa lama virus corona itu bertahan hidup dalam tubuh manusia akan tergantung pada individu dan tingkat keparahan penyakit yang dialaminya. Meskipun seberapa lama virus corona itu bertahan hidup dalam tubuh manusia bergantung pada kondisi individu masing-masing, namun CDC atau The Centers for Disease Control and Prevention mengungkapkan jangka waktu untuk isolasi mandiri untuk orang yang terpapar covid-19, seperti berikut :

  1. Pasien covid-19 tidak bergejala, disarankan untuk melakukan isolasi mandiri selama 10 hari setelah dinyatakan positif.

  2. Pasien dengan gejala ringan sampai sedang, disarankan untuk melakukan isolasi mandiri selama 10 hari setelah gejala muncul dan setelah sehari dengan tidak menggunakan obat.

  3. Pasien dengan gejala berat, disarankan untuk melakukan isolasi mandiri selama sampai 20 hari setelah gejala muncul.

Angka-angka yang disebutkan ini menunjukkan kapan seseorang paling berisiko menularkan virus corona kepada orang di sekitarnya. Namun, seberapa lama virus corona itu bertahan hidup dalam tubuh manusia pada tingkat rendah, sampai 3 bulan setelah didiagnosis. Hal ini mungkin menunjukkan beberapa orang mendapatkan hasil tes positif kedua, bahkan setelah mereka sembuh. Meskipun ini tidak selalu menunjukkan bahwa virus tersebut masih dapat menular. Sampai pada akhir tahun lalu, belum ada bukti bahwa seseorang dengan gejala covid-19 ringan atau sedang bisa menularkan virus corona lebih dari 10 hari setelah hasil tes positif pertama. 

Selain mengetahui seberapa lama virus corona itu bertahan hidup dalam tubuh manusia, mungkin Anda juga bertanya berapa lama gejala covid akan berlangsung? Pada awal pandemi, WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bahwa untuk kebanyakan orang gejala akan berlangsung dalam waktu singkat. Namun, setelah itu orang-orang melaporkan bahwa gejala yang mereka alami bertahan lebih lama dari ini. Sebanyak 35 persen orang yang mengalami gejala ringan covid-19, tidak kembali ke kondisi kesehatan semula 14 sampai 21 hari setelah dinyatakan positif. CDC mengungkapkan bahwa mereka yang berusia 18 sampai 34 tahun dengan tanpa kondisi medis kronis, satu dari lima belum pulih ke kondisi sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa untuk sebagian orang gejala covid-19 bertahan dari perkiraan semula, bahkan dalam kasus ringan sekalipun. Berbeda dengan influenza atau flu yang sembuh dalam waktu sekitar 2 minggu, setelah mendapatkan hasil tes positif. Pasien yang mengalami long covid dimana memerlukan perawatan di rumah sakit, mungkin juga memiliki gejala yang bertahan lebih lama. Apa itu long covid? Adalah istilah untuk kumpulan gejala yang terus dialami oleh beberapa orang, sampai berbulan-bulan setelah penyakit awal. 

Apa saja gejala long covid atau yang bisa disebut pasca Covid-19? Berikut ini gejala pasca covid-19 yang bisa dialami oleh pasien covid-19 :

  1. Susah tidur

  2. Sesak napas

  3. Kelelahan parah

  4. Demam ringan

  5. Sakit kepala

  6. Kelemahan otot

  7. Diare

  8. Ruam pada kulit

  9. Sulit untuk berkonsentrasi

  10. Perubahan suasana hati

Para peneliti sendiri masih memeriksa apa yang menjadi penyebab gejala jangka panjang, serta apa cara terbaik untuk mengobatinya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Hindari Hoax, Fakta Corona ini Wajib Anda Ketahui!

 

Referensi :

 

https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-long-does-coronavirus-last#on-surfaces-and-clothes

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi