Orang Tua Wajib Tahu! Inilah Lokasi Vaksinasi Anak

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 12 Jan 2022

Bagikan

Orang Tua Wajib Tahu! Inilah Lokasi Vaksinasi Anak

Program mulai dilaksanakan, ketahui lokasi vaksinasi anak ini. Vaksinasi pada anak rencananya akan diselenggarakan dengan bertahap. Dimana target sasaran jika berdasarkan data sensus penduduk 2020 yakni sekitar 26.5 juta anak. Untuk anak yang berusia 6 sampai 11 tahun, pelaksanaan program vaksinasi dimulai pada hari Selasa, tepatnya tanggal 14 Desember 2021. Persiapan kick off untuk pelaksanaan program vaksinasi untuk anak juga sudah dilakukan, hal ini diketahui dari dr. Maxi Rein Rondonuwu selaku Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan. 

Baca Juga: Ketahui Berbagai Efek Samping Vaksinasi Anak

Lokasi Vaksinasi Anak

Jika Anda ingin mengikuti pelaksanaan program vaksinasi dari pemerintah ini, maka Anda bisa membawa anak ke rumah sakit, puskesmas, atau fasilitas pelayanan kesehatan yang lainnya. Dimana tempat-tempat yang disebutkan tersebut adalah lokasi vaksinasi anak, sesuai dengan anjuran pemerintah. Misalnya saja seperi LKSA atau Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak dan pembukaan pos layanan vaksinasi di satuan pendidikan seperti sekolah atau kampus. Selain itu, lokasi vaksinasi anak lainnya adalah seperti pos-pos pelayanan vaksinasi, sentra vaksinasi, dan juga fasilitas lainnya baik dari swasta atau pemerintah. 

Untuk lebih mudah menemukan lokasi vaksinasi anak, Anda dapat mengakses situs covid19.co.id dengan cara seperti dibawah ini: 

  • Akses situs covid19.go.id

  • Cari menu “Tentang Vaksinasi Covid-19”

  • Lalu, Anda akan melihat tampilan menu “lokasi vaksinasi”, klik menu tersebut

  • Masukkan provinsi dan kabupaten/kota tempat Anda ingin melakukan vaksinasi anak

  • Klik “cari sekarang” 

Jika sudah, maka situs akan memperlihatkan lokasi vaksinasi anak yang terdekat dengan Anda. Pada situs tersebut akan terlihat alamat lengkap fasilitan layanan kesehatan terkait. Beberapa informasi seperti jam operasional, tanggal operasional, usia vaksinasi, metode pembayaran, dan link untuk mendaftar ditunjukkan. Tentu dengan adanya situs seperti ini, akan sangat membantu untuk mencari tau lokasi pelaksanaan vaksinasi anak. Dibawah ini adalah contoh pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Bandung dan Jakarta. 

Baca Juga: Diberikan 2 Dosis, Berapa Hari Jarak Pemberian Dosis Vaksinasi Anak?

  1. Pelaksanaan Vaksinasi di Kota Bandung

Berdasarkan data dari Disdukcapil atau Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, ada sebanyak 250.000 anak dengan usia 6 sampai 11 tahun, yang mana akan mengikuri program vaksinasi Covid-19 ini. Untuk lokasi vaksinasi anak itu sendiri, dilakukan di sekolah dan juga pelayanan kesehatan yang paling dekat dengan rumah sang anak. Seperti puskesmas dan rumah sakit, yang mana pastinya semua anak dengan usia tersebut akan mendapatkan pelayanan vaksinasi di Kota Bandung. Selain itu, anak yang bersekolah atau beraktivitas di Kota Bandung tetap bisa memperoleh layanan vaksinasi. Asalkan, anak dapat menunjukkan NIK yang mana berasal dari KK atau Kartu Keluarga. 

Baca Juga: Berikut Ini Syarat Vaksinasi Anak yang Perlu Anda Persiapkan

  1. Pelaksanaan Vaksinasi di Jakarta

Sama seperti yang dianjurkan pemerintah bahwa lokasi vaksinasi anak di Jakarta, juga bisa melalui rumah sakit, puskesmas, sekolah, atau panti. Diketahui dari pemerintah DKI Jakarta, bila vaksinasi dilakukan di sekolah maka anak bisa langsung datang sesuai dengan tanggal penyelenggaraan. Beberapa dokumen pendukung yang wajib dibawah adalah Kartu Keluarga, atau berkas lain seperti surat keterangan domisili yang bisa menunjukkan NIK anak. Beberapa puskesmas Jakarta yang menyelenggarakan vaksinasi anak adalah seperti dibawah ini:

  • Puskesmas Kebayoran Baru

  • Puskesmas Pulogadung

  • Puskesmas Duren Sawit

Untuk jam pelayanan akan berbeda tiap puskesmas atau fasilitas layanan kesehatannya. Maka dari itu, penting untuk Anda dalam menyesuaikan jamnya agar tidak terjadi kesalahan. 

Diketahui bahwa kriteria wilayah yang dapat melaksanakan program vaksinasi Covid-19 pada anak yakni kabupaten atau kota dan provinsi. Dengan cakupan vaksinasi dosis 1 diatas 70 persen. Sedangkan untuk cakupan lansia yakni diatas 60 persen. 

Selain mengetahui lokasi vaksinasi anak, Anda juga harus tahu jenis vaksin apa yang diberikan pada anak. Apakah berbeda dengan yang diberikan pada orang dewasa? Jadi, jenis vaksin yang diberikan untuk anak dengan usia 6 sampai 11 tahun yakni vaksin Sinovac. Dimana frekuensi pemberian vaksin tersebut adalah 2 kali (jarak vaksin pertama dan kedua, minimal 28 hari). Jenis vaksin sinovac untuk anak ini diberikan secara intramuskular, yakni dengan dosis 0.5 ml atau 3 ug (2 kali pemberian). 

Jika ingin melakukan vaksinasi pada anak, maka sebaiknya Anda sudah mempersiapkan dokumen penting seperti KK. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter Spesialis Anak sekarang!

Pesan Konsultasi
Referensi
  1. covid19.go.id
  2. sehatnegeriku.kemkes.go.id
  3. kontan.co.id
  4. cnbcindonesia.com
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter Spesialis Anak sekarang!

Pesan Konsultasi