Hindari Hoax, Fakta Corona ini Wajib Anda Ketahui!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Hindari Hoax, Fakta Corona ini Wajib Anda Ketahui!

Pada masa pandemi sekarang ini penting untuk Anda mengetahui fakta corona. Hal ini karena tidak sedikit informasi yang beredar pada masyarakat adalah hoax. Sehingga Anda perlu mengecek kebenaran setiap informasi yang diterima. Virus corona adalah wabah baru yang diketahui, dan ditemukan pertama kali pada tahun 2019 tepatnya bulan Desember. Badan Kesehatan Dunia atau WHO telah bekerja sama dengan ahli-ahli global, pemerintah, dan beberapa instansi untuk segera memperluas pengetahuan ilmiah tentang virus corona ini. Misalnya seperti melacak penyebaran virus dan langkah-langkah apa saja untuk mencegah virus ini. 

Virus corona dapat menular dari orang yang tidak menunjukkan gejala, dimana banyak orang yang terinfeksi virus corona hanya mengalami gejala ringan, terutama pada tahap-tahap awal. Sehingga dikatakan bahwa virus corona dapat menular dari orang yang hanya bergejala ringan. Gejala ringan yang dimaksud adalah seperti batuk namun merasa sehat. Ada beberapa laporan yang menunjukkan bahwa orang tanpa gejala dapat menularkan virus. Namun, belum diketahui seberapa sering penularan tersebut terjadi. Penyebaran virus corona sendiri belum reda di Indonesia, kasus pertama virus corona pertama ditemukan di Depok, Jawa Barat. Kemudian penyebaran virus ini terus terjadi, sampai akhirnya mencapai total 2 juta kasus. 

Berikut beberapa fakta corona yang perlu anda ketahui :

  1. Fakta corona pertama adalah virus corona ini menyerang sistem pernapasan. Virus corona adalah virus jenis baru dari keluarga virus corona yang mana dapat menular dari manusia ke manusia. Virus corona ini menginfeksi sistem pernapasan manusia, sehingga dapat menyebabkan pneumonia, gangguan pernapasan, sampai kematian.

  2. Kerabat dekat SARS, menurut WHO virus corona merupakan keluarga besar virus yang menyerang saluran pernapasan. Pada pasien yang juga memiliki gangguan pernapasan akut, maka virus ini juga dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah seperti SARS bahkan MERS.

  3. Penularan dari manusia ke manusia, meskipun ada dugaan bahwa pada awalnya virus ini ditularkan dari hewan ke manusia. Namun, kemudian diketahui bahwa virus corona menular dari manusia ke manusia, dengan bentuk penularan melalui berbagai cara. Seperti kontak fisik dengan penderita virus corona, menyentuh hidung, mulut atau mata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, setelah menyentuh benda yang terpapar virus. Tak hanya itu, tidak sengaja menghirup percikan air liur, bersin, atau batuk dari penderita virus corona, juga dapat menularkan virus ini. Fakta corona ini penting untuk Anda ketahui agar Anda dapat melakukan pencegahan.

  4. Gejala yang mirip dengan flu, fakta corona ini mungkin dasar untuk Anda ketahui. Umumnya gejala Anda mengalami infeksi virus corona adalah demam, batuk, dan sesak napas. Penelitian mengatakan bahwa gejala virus corona akan muncul dua sampai dua minggu setelah terpapar virus. Namun, banyak juga kasus yang menyebabkan infeksi pernapasan ringan seperti hidung berair, nyeri tenggorokan, dan nyeri dada. 

  5. Risiko penularan dapat diminimalisir, yaitu dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun selama 20 detik, atau jika tidak ada Anda dapat menggunakan hand sanitizer. Selain itu, tutup mulut dan hidung dengan tisu saat bersin atau batuk, memakai masker saat bepergian ke luar, dan segera periksakan ke dokter jika merasakan gejala sakit saluran pernapasan. 

  6. WHO menetapkan bahwa kasus virus corona sebagai global health emergency, yang mana membutuhkan perhatian dunia. Badan Kesehatan Dunia menyatakan bahwa yang dimaksud global health emergency adalah kejadian luar biasa. Dimana mengancam kesehatan banyak masyarakat di seluruh dunia. Wabah ini memerlukan perhatian, tanggapan, dan koordinasi dari masyarakat dunia. Sebelumnya status ini pernah ditetapkan pada kasus Ebola, H1N1, dan Zica.

Setelah mengetahui fakta corona, lalu apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terkena virus corona. Menjaga kebersihan tangan dan pernapasan menjadi sangat penting, juga merupakan yang cukup baik untuk melindungi orang lain dan diri Anda sendiri. Anda juga sangat disarankan untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain, karena beberapa orang mungkin telah terinfeksi namun tidak menunjukkan gejala. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apa Saja Tanaman Herbal Yang Dapat Mencegah COVID-19? Cari Tahu Faktanya Disini!


Referensi :

https://www.google.co.id/amp/s/www.farmaku.com/artikel/10-fakta-coronavirus/amp/ 

https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa/qa-for-public

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi