Bantuan

Salah Satu Organ Penting dalam Sistem Reproduksi, Ini Fungsi Serviks yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Nov 2021

Bagikan

Salah Satu Organ Penting dalam Sistem Reproduksi, Ini Fungsi Serviks yang Perlu Anda Ketahui

Sebagai salah satu organ penting dalam sistem reproduksi wanita, fungsi serviks hadir dan memegang peranan yang cukup krusial. Sayangnya, banyak dari para wanita masih abai akan bagian yang satu ini, terutama mengenai fungsinya. Karena banyak yang abai akan serviks, berbagai gangguan atau penyakit yang mungkin menyerang juga dapat mengintai dan mengancam sewaktu-waktu.

Salah satu contohnya adalah kanker serviks, yang dalam hal ini merupakan kanker yang tumbuh pada sel-sel di serviks. Jenis kanker yang kerap disebut pula sebagai kanker rahim ini merupakan jenis kanker yang paling banyak diderita oleh perempuan Indonesia, kedua setelah kanker payudara. Hingga kini pun tercatat sekitar 21 ribu kasus kematian akibat kanker serviks. 

Mengingat bahaya yang mengintainya, sangat penting bagi kita untuk mengetahui hal-hal mengenai serviks, berikut mengetahui tentang fungsi dan cara menjaga fungsi tersebut. Untuk lebih jelasnya lagi, simak penjelasan mengenai serviks dan fungsinya berikut ini. 

Overview Serviks

Serviks atau yang dikenal dengan sebutan lain sebagai leher rahim, merupakan bagian dari rahim sebagai sistem reproduksi wanita, yang terhubung langsung ke vagina. Serviks pada dasarnya memiliki peran yang cukup penting dalam menjaga rahim tetap terlindungi dari berbagai benda asing atau bakteri yang masuk dari dunia luar.

Terletak pada bagian ujung rahim, serviks memiliki panjang sekitar 2,5 sampai 3,5 cm dan memiliki bentuk silinder. Sebagai penghubung rahim dan vagina, serviks ini juga dapat menjadi jalur tempat sperma lewat ketika berhubungan intim hingga menjadi saluran yang dilewati oleh bayi ketika proses lahiran. 

Serviks memiliki dua bagian utama, yakni endoserviks (bagian dalamnya) serta ektoserviks (bagian luarnya). Pada area di antara kedua bagian ini, terdapat zona peralihan, yang menjadi tempat berkembangnya kanker serviks.

Fungsi Serviks

Sebagai salah satu organ penting dalam sistem reproduksi wanita, serviks memegang fungsi yang cukup krusial. Dalam kaitannya dengan sistem reproduksi wanita, berikut ini adalah fungsi serviks yang perlu Anda ketahui.

  1. Siklus menstruasi

Ketika proses menstruasi, serviks dapat membuka sedikit lebih lebar. Hal ini akan memungkinkan darah menstruasi yang berasal dari rahim untuk dikeluarkan melalui vagina.

Baca Juga: Pahami Siklus Menstruasi yang Normal, Yuk!

  1. Proses Pembuahan

Agar proses pembuahan terjadi, sel sperma perlu menemui sel telur dan kemudian membuahinya. Agar dapat bertemu dengan sel telur, sel sperma perlu memasuki rahim dengan lancar. Serviks lah yang memungkinkan sperma ini untuk mencapai rahim.

  1. Proses kehamilan

Selama proses kehamilan, janin yang berada dalam rahim dijaga oleh serviks. Dalam hal ini, serviks sebagai bagian yang berada di antara rahim dan vagina membentuk sebuah sumbat yang dapat mencegah masuknya benda asing. Pada akhirnya,  embrio yang sedang tumbuh dalam kandungan dapat terhindar dari ancaman infeksi.

Baca Juga: Apakah Berhubungan Saat Hamil diperbolehkan? Ini Penjelasannya

  1. Proses persalinan

Ketika proses persalinan, terutama pada persalinan normal, janin akan dikeluarkan dari rahim melalui vagina. Mendekati hari persalinan, sumbat serviks yang sebelumnya melindungi janin dapat menipis atau bahkan dikeluarkan. Serviks itu sendiri kemudian berubah menjadi lebih lunak dan pendek, lalu melebar agar proses persalinan berjalan dengan mudah. Dokter dalam hal ini akan kerap memeriksa pelebaran serviks untuk menentukan kapan perkiraan sang ibu akan memasuki waktu persalinan. 

Ancaman Terhadap Serviks

Satu hal yang perlu diwaspadai oleh wanita adalah ancaman yang mungkin datang dan menyerang serviks. Dalam hal ini, serviks atau mulut rahim mungkin dapat terserang beberapa penyakit seperti servisitis, polip serviks, dan juga kanker serviks. Penyebab dari berbagai ancaman ini sangat beragam, mulai dari penyakit menular seksual, peradangan, hingga beragam faktor lainnya seperti sumbatan pada pembuluh darah di sekitar serviks itu sendiri.

Agar dapat terhindar dari berbagai ancaman di atas, ada baiknya Anda rutin melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah terdapat gangguan atau penyakit pada serviks atau tidak. Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui ancaman yang ada sedini mungkin kemudian mengambil tindakan terbaik sebelum penyakit tersebut berkembang menjadi semakin parah dari sebelumnya.

 

Sumber:

Integris Health. 2019. Everything You Need to Know About Your Cervix. 

Teach Me Anatomy. 2020. The Cervix. 

Rainford, Monique. 2021. What to Know About Cervix Function and Female Health.

Tag :
Bagikan artikel ini