Bantuan
Bantuan

Penyebab Haid Tidak Teratur Dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Oct 2021

Bagikan

Penyebab Haid Tidak Teratur Dan Cara Mengatasinya

Apakah Anda pernah ataupun sedang mengalami haid tidak teratur? Mungkin diantara Anda akan panik ketika mengalami  haid yang tidak teratur. Pasalnya, pada kebanyakan wanita haid merupakan tamu yang selalu datang tiap bulan. Lantas apa yang menyebabkan haid tidak teratur tersebut?

Penyebab Haid Tidak Teratur 

  1. Mengalami perubahan berat badan yang drastis

Penyebab haid tidak teratur yang pertama yaitu perubahan berat badan secara drastis. Ketika Anda mengalami penurunan berat badan sebanyak 10% dari berat badan ideal, maka akan mengalami gangguan pada ovulasi. Sedangkan, ketika Anda mengalami penambahan berat badan, maka akan memicu terjadinya perubahan pada hormon sehingga siklus haid terlambat.

  1. Melakukan olahraga secara berlebihan

Melakukan olahraga dengan rutin merupakan suatu hal yang baik dan membuat badan menjadi sehat. Akan tetapi, ketika Anda melakukan olahraga secara berlebihan, maka akan menurunkan hormon estrogen yang berperan dalam mengontrol proses reproduksi. Hal inilah yang membuat banyak atlet mengalami Amenorrhea atau tidak haid berbulan-bulan.

  1. Menyusui

Penyebab haid tidak teratur yang selajuntnya yaitu menyusui. Pada ibu menyusi, mungkin haid tidak akan datang. Akan tetapi, hal ini merupakan hal yang wajar dan disebut dengan amenore laktasi, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Setelah beberapa bulan, maka siklus haid Anda akan mulai lancar kembali.

  1. Mengalami stres

Stres juga bisa menjadi salah satu penyebab haid tidak teratur. Stres yang tidak terlalu berat, mungkin tidak akan berpengaruh. Namun, stres yang berlebihan bisa berdampak pada siklus haid. Hal ini karena, ketika Anda stress, maka hormon serta hipotalamus atau bagian pada otak yang mengontrol siklus haid terganggu. 

  1. Mengalami sindrom ovarium polikistik

Penyebab haid tidak teratur yang terakhir yaitu sindrom ovarium polikistik. Sindrom ovarium polikistik merupakan suatu kondisi di mana terdapat kelainan pada sistem metabolisme dan juga hormon. Kelainan ini dapat mengganggu fungsi indung telur yang menyebabkan haid terlambat bahkan tidak datang. 

Mengatasi Haid Tidak Teratur

Lantas, bagaimana cara mengatasi haid tidak teratur tersebut? Jangan khawatir, di bawah ini akan dijelaskan  beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi haid yang tidak teratur. Simak terus penjelasan di bawah ini.

  1. Menjaga Berat Badan

Tips pertama dalam mengatasi haid tidak teratur yaitu menjaga berat badan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa berat badan yang naik dan turun secara drastis merupakan salah satu penyebab haid tidak teratur. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menjaga berat badan ideal Anda. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk metode diet yang cocok untuk Anda dan menentukan berat ideal Anda. 

  1. Mengonsumsi Vitamin

Cara mengatasi haid tidak teratur yang selanjutnya yaitu mengonsumsi vitamin. Salah satu vitamin yang sangat ampuh dalam melancarkan haid yang tidak teratur yaitu vitamin D. selain itu, Vitamin D juga sering di anjurkan bagi Anda yang mengalami haid tidak teratur. Vitamin B, bisa Anda dapatkan dari jagung sedangkan vitamin D bisa Anda dapatkan dari  berjemur ketika pagi hari. 

  1. Mengonsumsi Nanas

Mengonsumsi nanas bisa menjadi salah satu cara mengatasi haid yang tidak teratur. Nanas memiliki kandungan berupa bromelin atau enzim yang mampu melunakkan lapisan rahim. Tidak hanya itu, molekul protein yang ada pada nanas juga dipercaya dapat meredakan nyeri. Akan tetapi, hal ini masih sebatas penelitian, namun tidak ada salahnya untuk di coba. 

  1. Mengonsumsi Cuka Apel

Cara mengatasi haid yang tidak teratur selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi cuka apel. Cuka apel memiliki rasa pahit yang mampu mengatasi haid tidak teratur. Tidak hanya itu, cuka apel juga mampu menurunkan gula darah, berat badan, hingga kadar insulin. Cara mengonsumsinya yaitu dengan mencampurkan cuka apel dengan madu dan air yang secukupnya. 

  1. Berolahraga

Olahraga sangat penting dalam membantu mengatasi sindrom ovarium polikistik yang menjadi salah satu penyebab haid tidak teratur. Jadi, untuk dapat mengatasi haid yang tidak teratur, Anda bisa mulai rutin berolahraga namun tidak berlebihan. Anda cukup jogging selama 30 menit sehari di sekitar rumah maupun lapangan. 

Nah, itulah dia beberapa informasi mengenai penyebab haid yang tidak teratur dan cara mengatasinya. Apabila cara-cara tersebut tidak dapat mengatasi permasalahan haid, maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. 

Sumber: 

9 Reasons Your Period Is Late (If You’re Not Pregnant). (2016).  Available At: https://vitalrecord.tamhsc.edu/9-reasons-missed-period/ (Accessed: 7 June 2021)

Santos, Adrienne. (2019). 8 Science-Backed Home Remedies for Irregular Periods. Available at:https://www.healthline.com/health/womens-health/irregular-periods-home-remedies (Accessed: 3 Juni 2021). 

Marcin, Ashley. (2019). How to Regulate Your Periods: 20 Tips and Tricks. Available at: https://www.healthline.com/health/how-to-regulate-periods (Accessed: 3 Juni 2021).

Tag :
Bagikan artikel ini