Bantuan

Kenali Ciri-Ciri Menopause pada Wanita Berikut ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 25 Mar 2022

Bagikan

menopause

Sudahkah Anda mengetahui apa ciri-ciri menopause? Menopause merupakan masa di mana ovarium tidak lagi melepaskan sel-sel telur sehingga wanita tidak akan lagi mengalami haid. Berarti, wanita yang telah memasuki usia menopause tidak dapat lagi hamil secara alami.  

Menopause ini pasti dialami oleh setiap wanita dan tidak dapat dihindari. Pada umumnya, menopause akan mulai terjadi ketika memasuki usia 50 tahun. Akan tetapi ada beberapa kasus, dapat terjadi sebelum usia 50 tahun. 

Ciri-Ciri Menopause

Pada sebagian wanita mungkin tidak akan merasakan adanya ciri-ciri menopause. Akan tetapi, pada sebagian wanita juga akan merasakan ciri-ciri yang membuatnya tidak nyaman. Oleh karena itu, berikut akan dijelaskan mengenai ciri-ciri menopause yang perlu Anda kenali. 

  1. Haid yang tidak teratur

Ciri-ciri menopause yang pertama yaitu haid yang tidak teratur. Kondisi ini akan mulai terjadi ketika wanita mendekati masa menopause. Apabila periode sebelumnya haid datang dengan teratur dan lancar, maka akan menjadi lebih cepat atau lebih lama. Durasinya pun terkadang menjadi lebih cepat dengan jeda yang panjang. Tidak hanya itu, jumlah darah yang keluar bisa menjadi lebih banyak atau bahkan lebih sedikit. 

  1. Masalah pada saluran kemih

Ciri-ciri menopause yang perlu Anda kenali selanjutnya yaitu masalah pada saluran kemih. Oleh karena itu, wanita yang mulai memasuki masa menopause akan  sulit  menahan buang air kecil, sehingga buang air kecil menjadi lebih sering. Tidak hanya itu, kondisi ini juga dapat menimbulkan rasa nyeri ketika buang air kecil. Kondisi ini terjadi karena saluran kemih dan jaringan vagina mulai menipis serta kehilangan elastisitasnya. 

  1. Rasa panas pada tubuh

Wanita yang memasuki masa menopause juga akan menimbulkan cir-ciri berupa rasa panas pada tubuh atau hot flashes. Rasa panas ini bisa terjadi pada bagian atas tubuh bahkan seluruh tubuh. Rasa panas yang dirasakan pun sangat bervariasi mulai dari yang ringan hingga berat. Pada umumnya, hot flashes ini akan terjadi dengan durasi mulai dari 30 detik hingga 10 menit. Selain itu, kondisi ini akan bertahan hingga 1 atau 2 tahun setelah haid terakhir. 

  1. Vagina kering 

Memasuki masa menopause akan membuat produksi hormon progesteron dan estrogen akan berkurang sehingga membuat kelembapan pada lapisan tipis yang melapisi vagina berkurang. Kondisi ini menyebabkan vagina menjadi kering dan menimbulkan sensasi gatal dan panas di mulut vagina. Akibat keringnya vagina ini, sehingga hubungan seksual menjadi terasa sakit. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan pelumas vagina. 

  1. Sulit tidur di malam hari

Ciri-ciri menopause yang selanjutnya yaitu sulit tidur di malam hari. Hal ini karena, produksi hormon progesteron dan estrogen akan berkurang. Pasalnya, hormon estrogen yang berkurang akan menyebabkan munculnya perasaan cemas sehingga tubuh tidak dapat beristirahat. Tentu kondisi ini akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, cobalah melakukan teknik relaksasi untuk mendapatkan istirahat yang cukup.

  1. Masalah psikologis

Terjadinya perubahan hormon ketika menopause dapat berdampak pada perubahan emosional. Oleh karena itu, wanita yang memasuki masa menopause akan lebih mudah sedih, mudah tersinggung, cepat lelah dan tidak bersemangat. Bahkan pada beberapa wanita mungkin akan mengalami depresi dan juga kecemasan. 

  1. Kulit kering

Ciri-ciri menopause yang terakhir yaitu kulit kering. Kondisi ini disebabkan produksi hormon estrogen yang berkurang. Hormon estrogen ini penting dalam memproduksi kolagen dan minyak untuk menjaga kulit tetap lembap. Walaupun begitu, Anda tetap bisa melakukan perawatan kulit untuk mendapatkan kulit yang sehat. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan sunscreen dan menggunakan pelembap. 

Nah, itulah dia beberapa ciri-ciri menopause yang perlu Anda kenali. Apabila ciri-ciri yang Anda alami sangat mengganggu, mungkin  Anda bisa melakukan terapi hormon. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa obat untuk mengatasi ciri-ciri menopause yang sangat mengganggu. Anda juga tidak perlu ragu untuk berkonsultasi dengan dokter apabila ciri-ciri menopause yang dirasakan sangatlah mengganggu. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga:  Faktor Kenapa Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

NHS. 2018. Symptoms-Menopause. https://www.nhs.uk/conditions/menopause/symptoms/

Mayo Clinic. 2020. Menopause. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/menopause/symptoms-causes/syc-20353397

Huizen, Jennifer. 2020. Everything You Should Know About Menopause. https://www.healthline.com/health/menopause#treatments

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang