Bantuan
Bantuan

Salah Satu Organ dalam Sistem Pencernaan, Apa Fungsi Usus Besar?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Sep 2021

Bagikan

Salah Satu Organ dalam Sistem Pencernaan, Apa Fungsi Usus Besar?

Apakah Anda tahu, apa fungsi usus besar dalam sistem pencernaan? Usus besar adalah bagian akhir dalam proses pencernaan makanan. Beberapa fungsi dari usus besar yaitu menyerap vitamin dan cairan, memproduksi antibodi, membentuk feses dan juga mencegah terjadinya infeksi. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan dibahas mengenai fungsi usus besar dan juga masalah yang terjadi. 

Fungsi Usus Besar

  1. Menyerap Vitamin

Fungsi usus besar yang pertama yaitu menyerap vitamin yang terbentuk dari aktivitas bakteri baik di dalam kolon. Setidaknya terdapat 700 spesies bakteri baik yang hidup di dalam kolon yang bertujuan untuk menjaga kesehatan Anda. Bakteri-bakteri baik tersebut berfungsi untuk memecah polisakarida yang belum tercerna menjadi asam lemak. Hasil fermentasi polisakarida yang tidak tercerna ini, akan menghasilkan gas karbondioksida, nitrogen, hydrogen sulphide dan metana, kemudian dikeluarkan melalui tubuh atau Anda lebih mengenalnya dengan kentut. 

  1. Menyerap Cairan

Fungsi usus besar yang selanjutnya yaitu menyerap cairan. Usus besar membantu menyempurnakan proses pencernaan dengan menyerap cairan. Hal ini karena sebagian besar proses pencernaan makanan telah diselesaikan oleh usus kecil seperti penyerapan makanan dan penyerapan nutrisi. Melalui penyerapan air yang dilakukan oleh usus besar, maka material sisa-sisa pencernaan makanan akan menjadi padat dan dikeluarkan dari dalam tubuh sebagai feses. 

  1. Memproduksi Antibodi

Usus besar juga dapat berfungsi dalam memproduksi antibodi. Hal ini karena jaringan limfoid di dalam usus besar akan membantu produksi antibodi dan antibodi reaksi silang. Pada umumnya antibodi tercipta oleh sistem kekebalan tubuh untuk menjaga jumlah bakteri baik tetap normal. Antibodi yang tercipta oleh usus besar juga bisa melawan infeksi dari bakteri jahat agar tidak terjadi infeksi. 

  1. Mencegah Infeksi

Fungsi usus besar yang terakhir yaitu mencegah terjadinya infeksi. Hal ini karena usus besar mampu mengurangi keasaman dan melindungi diri dari infeksi. Mukosa yang terdapat dpermukaan usus besar akan mengeluarkan zat bernama bikarbonat. Zat tersebut berfungsi menetralisir asam yang dihasilkan oleh zat-zat pencernaan dari usus kecil dan asam lemak. Selain itu, lapisan mukosa juga dapat melindungi tubuh dari infeksi mikroba. 

Masalah Pada Usus Besar

Selain mengetahui fungsi usus besar yang begitu penting, Anda juga perlu mengetahui masalah yang terjadi pada usus besar. Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya masalah pada usus besar seperti pola makan, gaya hidup ataupun faktor genetik. Berikut ini beberapa masalah yang terjadi pada usus besar. 

  1. Diare

Masalah yang sering terjadi pada usus besar yaitu diare dengan ditandai intensitas buang air besar yang sering dan feses yang encer. Pada umumnya, masalah ini terjadi karena Anda mengonsumsi makanan yang tidak higienis atau makanan yang telah terpapar oleh parasit, virus atau bakteri. Tidak hanya itu, diare juga dapat disebabkan oleh efek samping obat dan malabsorbsi makanan. 

  1. Polip usus besar

Polip usus besar merupakan salah satu masalah yang terjadi di usus besar dengan munculnya benjolan kecil di bagian dalam usus besar. Pada umumnya  benjolan kecil tersebut tidaklah berbahaya, akan tetapi memiliki risiko menjadi kanker usus besar. Faktor-faktor yang dapat memengaruhi seseorang mengalami masalah ini yaitu perokok, obesitas, dan riwayat dalam keluarga. 

  1. Kanker usus besar

Masalah yang terjadi pada usus besar selanjutnya yaitu kanker usus besar. Hal ini dapat terjadi karena adanya pertumbuhan sel-sel abnormal di usus besar. Risiko kanker usus besar akan semakin meningkat pada orang yang berusia di atas 50 tahun, memiliki riwayat kanker di dalam keluarga atau pernah menderita polip usus besar. 

  1. Diverticulosis

Masalah yang terjadi pada usus besar terakhir yaitu diverticulosis. Diverticulosis merupakan penyakit yang ditandai dengan munculnya kantung-kantung kecil di sepanjang lapisan usus. Penyebab dari diverticulosis yaitu pola makan yang tidak sehat dan sering terjadi pada orang yang lanjut usia. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai fungsi usus besar dan masalah yang terjadi. Setelah Anda mengetahui pentingnya fungsi usus besar ini, mulailah untuk menjaga kesehatan usus besar dengan menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Yuk, Rawat Luka Pasca Operasi Usus Buntu!

 

Sumber:

Bennett, Chloe. What Does the Large Intestine Do? (2019) 

Colon cancer (2021) 

Colon polyps(2021)

Bagikan artikel ini