Perlu Dipertimbangkan, Ini Efek Samping Menstrual Cup yang Harus Diwaspadai

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Dec 2021

Bagikan

Ketahui Efek Samping Menstrual Cup Yang Harus Diwaspadai

Efek samping menstrual cup penting Anda ketahui, sebelum Anda memutuskan menggunakan menstrual cup sebagai pengganti pembalut. Jangan sampai Anda mengikuti tren, namun tidak mengetahui efek samping menstrual cup bagi kesehatan. Tahukah Anda apa saja efek samping menstrual cup? Simak beragam efek samping menstrual cup melalui pembahasan di bawah ini.

Apa Itu Menstrual Cup?

Menstrual cup merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menampung darah saat menstruasi. Menstrual cup dianggap seperti cangkir pengganti pembalut, alat ini terbuat dari karet atau silikon dan memiliki bentuk seperti corong. Dengan menggunakan menstrual cup, darah menstruasi dipercaya tidak akan bocor. Namun sebelum Anda menggunakan menstrual cup sebagai pengganti pembalut, sebaiknya Anda pertimbangkan efek sampingnya terlebih dahulu.

Efek Samping Menstrual Cup

Dipercaya lebih tahan lama, memiliki kapasitas besar, dan kelebihan lainnya, ternyata menstrual cup memiliki beragam efek samping yang perlu Anda pertimbangkan. Berikut beberapa efek samping menstrual cup yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

  1. Alergi

Alergi merupakan salah satu efek samping menstrual cup yang perlu Anda pertimbangkan. Ini karena sebagian menstrual cup terbuat dari bahan lateks yang bisa menimbulkan alergi. Jika Anda memiliki alergi pada bahan lateks, Anda bisa memilih menstrual cup yang terbuat dari silikon. Anda perlu berhati-hati saat membeli alat menstrual cup dengan melihat keterangannya terlebih dahulu.

  1. Iritasi

Menstrual cup menimbulkan iritasi, jika menstrual cup tidak sesuai ukuran dan tidak dibersihkan terlebih dahulu. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada penggunanya sehingga menimbulkan iritasi. Oleh karena itu sebelum Anda menggunakan menstrual cup pastikan sudah dicuci dan memiliki ukuran yang pas. Di samping itu Anda juga perlu melumasi menstrual cup sebelum digunakan.

  1. Infeksi

Efek samping menstrual cup selanjutnya adalah menimbulkan iritasi. Iritasi terjadi karena bakteri pada tangan berpindah ke menstrual cup. Untuk mencegahnya penting bagi Anda untuk mencuci tangan terlebih dahulu dan membersihkan menstrual cup sebelum digunakan. Pastikan menstrual cup higienis dan tangan Anda bersih dari bakteri, Anda bisa menggunakan air hangat dan sabun untuk mensterilkan menstrual cup.

Baca Juga: Faktor Kenapa Siklus Menstruasi Tidak Teratur

  1. Masalah Akibat Adanya Kondisi Tertentu

Bagi Anda yang mengalami kondisi tertentu pada vagina sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan menstrual cup. Seperti mengalami vaginismus atau gangguan pada otot di sekitar vagina yang mengencang sendiri saat penetrasi seksual, fibroid Rahim, atau tumor jinak yang terjadi di bagian atas atau di dalam otot rahim, endometriosis atau jaringan yang tumbuh dan menumpuk di luar rahim.

  1.  Toxic Shock Syndrome 

Toxic Shock Syndrome (TTS) merupakan komplikasi yang terjadi akibat penggunaan menstrual cup. Meskipun efek samping ini jarang terjadi, Anda tetap harus waspada saat menggunakannya. Kondisi ini terjadi karena infeksi bakteri Staphylococcus atau Streptococcus. Toxic Shock Syndrome bisa juga terjadi karena membiarkan menstrual cup terpasang lebih lama dari yang dianjurkan. 

Panduan Menggunakan Menstrual cup

Sebelum menggunakan menstrual cup, Anda harus memahami panduan menggunakan menstrual cup terlebih dahulu. Hal pertama yang penting Anda perhatikan ialah ukuran menstrual cup yang pas. Menstrual cup dengan ukuran yang lebih kecil biasa digunakan oleh wanita yang memiliki usia kurang dari 30 tahun atau belum pernah melahirkan secara normal.

Sedangkan ukuran besar, biasa digunakan oleh wanita yang memiliki usia lebih dari 30 tahun, darah menstruasi banyak, dan pernah melahirkan secara normal. Adapun aturan pakainya sebagai berikut:

  • Pertama lumasi corong menstrual cup menggunakan air pelumas berbahan air agar mudah dimasukan.

  • Jepit  corong menstrual cup menjadi dua bagian dengan salah satu tangan

  • Masukan menstrual cup secara perlahan, dalam keadaan terlipat dan menghadap ke atas.

  • Setelah dimasukan, menstrual cup akan otomatis kembali dan terpasang sesuai posisinya.

  • Masukan jari Anda ke dalam vagina untuk memutar bagian bawah corong dan memasang segel kedap udara agar darah menstruasi tidak bocor ke pakaian.

Demikian efek samping menstrual cup yang perlu Anda ketahui dan pertimbangkan. Jangan lupa pilih ukuran yang pas serta pastikan tangan dan menstrual cup yang akan Anda gunakan higienis agar terhindar dari efek samping yang ditimbulkan oleh bakteri yang menempel pada menstrual cup.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Pahami Siklus Menstruasi yang Normal, Yuk!

 

Sumber:

1. Nall, Rachel. Are Menstrual cups Dangerous? 17 Things to Know About Safe Use. 2021.

2. Marquez, Rainer, Jennifer. What’s a Menstrual cup? 2021.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi