Sedang Merencanakan Kehamilan? Mari Kenali Ciri-Ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Oct 2021

Bagikan

Sedang Merencanakan Kehamilan? Mari Kenali Ciri-Ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama

Apakah Anda tahu bagaimana ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama? Bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan, pasti selalu menunggu-nunggu tanda-tanda kehamilan. Akan tetapi banyak yang tidak mengenali ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama. Oleh karena itu, di bawah ini akan dijelaskan pada Anda bagaimana ciri-ciri hamil pada minggu pertama. Ciri-ciri hamil berikut ini pada dasarnya mirip seperti gejala haid dan berlangsung selama 3-7 hari saja.

Ciri-Ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama

  1. Mual

Ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama yang paling banyak diketahui yaitu mual baik yang disertai muntah ataupun tidak. Mual yang terjadi tidak hanya di pagi hari, melainkan kapan saja. Apabila Anda mengalami mual lebih dari 10 kali sehari sehingga tidak ada makanan atau minuman yang masuk, maka akan dianjurkan untuk rawat inap. 

  1. Sakit pinggang bagian bawah

Ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama yang selanjutnya yaitu sakit pinggang bagian bawah. Sakit pinggang ini berkemungkinan akan terus berlanjut selama kehamilan. Hal ini disebabkan oleh berat badan yang bertambah dan perubahan postur tubuh. 

  1. Kram

Kram yang terjadi di perut, punggung atau panggul juga bisa menjadi tanda hamil pada minggu pertama. Kram bisa terjadi karena embrio menempel pada dinding rahim. Sensasi kram yang dirasakan seperti kesemutan, menusuk atau menarik. Namun ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama ini hanya dirasakan beberapa orang. 

 

Baca Juga: Manakah Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil? Temukan Jawabannya Di Sini

 

  1. Pendarahan

Ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama yang selanjutnya yaitu terjadi pendarahan implantasi. Pendarahan yang terjadi berupa bercak yang dapat berlangsung selama beberapa jam atau beberapa hari. Pada dasarnya,  pendarahan ini berbeda dari menstruasi. Perbedaannya terlihat dari warna bercak darah yang lebih terang dari menstruasi.

  1. Sering buang air kecil

Sering buang air kecil juga bisa menjadi tanda hamil muda pada minggu pertama. Hal ini terjadi karena, rahim yang membengkak akan menekan kandung kemih dan aliran darah yang menuju ginjal. Apabila Anda merasakan sensasi terbakar pada saat buang air kecil, maka segeralah untuk memeriksakan ke dokter.

  1. Payudara membengkak dan nyeri

Pada 1 minggu pertama hamil muda, payudara akan membengkak dan menjadi lebih sensitif seperti nyeri pada saat disentuh. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan hormon sehingga payudara menahan lebih banyak cairan. 

  1. Kembung

Ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama yang selanjutnya yaitu kembung. Kembung ini bisa terjadi karena adanya peningkatan kadar progesteron yang memperlambat jalur pencernaan. Sebenarnya, kembung juga terjadi pada saat menstruasi dan hilang pada saat menstruasi tiba. Namun, jika kembung tidak hilang dan menstruasi tidak kunjung tiba, bisa menjadi tanda kehamilan.

  1. Kelelahan

Ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama yang terakhir yaitu kelelahan. Hal ini karena, pada minggu pertama tubuh bekerja selama 24 jam per 7 hari untuk mendukung kehamilan. Akan tetapi, hal ini merupakan suatu hal yang normal dan Anda tidak perlu khawatir. 

Itulah beberapa ciri-ciri kehamilan muda pada 1 minggu pertama. Selain ciri-ciri yang dijelaskan di atas masih terdapat beberapa ciri-ciri lainnya seperti, sakit kepala, peningkatan suhu tubuh basal, emosional atau perubahan suasana hati, dan yang terakhir yaitu ngidam. 

Akan tetapi, tidak semua wanita merasakan tanda-tanda kehamilan yang sama, bahkan beberapa tidak merasakan tanda apapun. Oleh karena itu, untuk lebih memastikannya diperlukan pemeriksaan kehamilan. Selain itu, Anda juga bisa menghitung usia kehamilan untuk memperkirakan hari kelahiran dengan cara berikut ini. 

Menentukan usia kehamilan 

  1. HPHT

Cara mengetahui usia kehamilan yang pertama yaitu dengan HPHT atau hari pertama haid terakhir. Anda hanya perlu menambahkan 7 hari dari tanggal HPHT, kemudian tambahkan 40 minggu untuk mendapatkan perkiraan hari lahir. 

  1. USG

Apabila Anda lupa tanggal HPHT atau menganggapnya tidak akurat, maka bisa menggunakan USG. USG yang dilakukan sedini mungkin bisa memastikan usia kehamilan dengan lebih akurat. 

Semoga informasi mengenai ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama dapat bermanfaat untuk Anda yang sedang dalam program kehamilan. Ingat selalu untuk memeriksakan kehamilan untuk memantau perkembangan janin Anda. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Penting Untuk Mengetahui Usia Kehamilan, Ini Cara Menghitung HPHT

 

Sumber:

Davis, Kathleen. Week 1 of pregnancy: Symptoms and testing (2020) 

Holland, Kimberly, Early Pregnancy Symptoms (2018)

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi