Perlu Anda Ketahui, Berikut Ini 12 Makanan Penurun Kolesterol

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Dec 2021

Bagikan

Penting Diketahui, Berikut Ini 12 Makanan Penurun Kolesterol

Tahukah Anda, ada 12 makanan penurun kolesterol yang bisa Anda konsumsi? Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit kolesterol tinggi, penting bagi Anda untuk mengkonsumsi 12 makanan penurun kolesterol ini, agar kolesterol dalam tubuh Anda tidak semakin tinggi.

Kolesterol yang terlalu tinggi, sangat berbahaya untuk tubuh Anda, karena bisa menyebabkan berbagai penyakit dan komplikasi. Berikut 12 makanan penurun kolesterol yang penting untuk Anda ketahui:

1. Oat

Oat merupakan salah satu makanan penurun kolesterol yang paling mudah ditemukan dan disajikan. Anda bisa mengkonsumsi semangkuk oatmeal atau sereal oat untuk sarapan. Oat mengandung banyak serat yang mudah dicerna oleh tubuh. Penyajian oatmeal bisa dikombinasikan dengan buah-buahan segar seperti stroberi atau pisang yang memberikan tambahan serat.

2. Kacang Polong

Bagi Anda yang mengidap kolesterol karena kelebihan berat badan, bisa juga mengkonsumsi kacang polong untuk diet. Makanan penurun kolesterol yang kaya akan serat membuat perut terasa kenyang lebih lama, karena tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna makanan berserat.

3. Gandum dan Jelai

Gandum dan jelai juga bisa dijadikan sebagai makanan pengganti nasi bagi Anda yang memiliki penyakit kolesterol dan diabetes. Gandum memiliki kadar serat yang bisa dicerna dengan mudah oleh tubuh untuk mengurangi kadar kolesterol, dan menurunkan resiko terserang penyakit jantung.

4. Makanan Olahan dari Kedelai

Makanan olahan dari kedelai, seperti tempe dan tahu merupakan makanan penurun kolesterol yang sangat ampuh dibandingkan makanan yang lainnya. Menurut para ahli, mengkonsumsi 25 gram protein dari kedelai setiap hari bisa menurunkan kadar kolesterol LDL sebesar 6 persen.

5. Ikan

Ikan bisa dijadikan pengganti daging yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Daging mengandung lemak jenuh yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat, sedangkan ikan jenis tertentu, seperti salmon, tuna dan sarden kaya asam lemak omega 3, yang berperan menurunkan trigliserida.

Baca Juga: Suplemen Minyak Ikan (Tidak) Menurunkan Kolesterol

6. Kentang Rebus

Kentang rebus bisa dijadikan makanan pengganti nasi yang kaya akan serat larut. Serat larut bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda. Kentang rebus juga bisa Anda konsumsi ketika diet. Selain nol kolesterol, kentang juga rendah lemak trans. 

7. Coklat Hitam dan Kakao

Coklat hitam dan kakao bisa menurunkan LDL atau kolesterol jahat di dalam tubuh Anda. Namun, karena coklat mengandung gula, maka sebaiknya konsumsi cokelat hitam dengan kandungan kakao 75-85 persen atau lebih tinggi. 

8. Kacang Kenari

Kacang kenari mengandung lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak omega-3. Kedua zat tersebut bisa membantu mengurangi kadar kolesterol serta mencegah terjadinya peradangan pada pembuluh darah.

9. Buah Beri

Buah beri seperti strawberry, raspberry dan blackberry, mampu menurunkan kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh. Selain menurunkan kolesterol, buah beri juga bisa menurunkan kadar gula darah.

10. Lentil

Lentil mengandung serat tinggi yang bisa mencegah tubuh menyerap kolesterol ke dalam aliran darah. Setiap 100 gram lentil, terdapat 3,3 gram serat.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi lentil bisa membantu mengurangi kadar kolesterol buruk dan menurunkan risiko penyakit jantung hingga lima persen. Kacang lentil selain kaya akan serat, juga rendah kalori, sehingga cocok untuk Anda jadikan sebagai makanan diet.

11. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, sawi, dan lainya termasuk jenis makanan yang bisa menurunkan kolesterol tinggi. Selain lezat dimasak, sayuran berdaun hijau juga mengandung serat tinggi, yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol.

12. Minyak Zaitun Extra Virgin

Makanan selanjutnya yang bisa Anda coba ialah minyak zaitun extra virgin yang merupakan salah satu makanan terpenting dalam diet mediterania, selain bisa menurunkan kolesterol juga menyehatkan jantung.

Itulah 12 makanan penurun kolesterol yang bisa Anda coba. 12 makanan penurun kolesterol di atas, mengandung serat yang bisa Anda gunakan untuk program diet. Makanan yang mengandung tinggi serat bisa menimbulkan efek kenyang lebih lama bagi tubuh Anda.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Statin, Obat Penurun Kolesterol

 

Sumber:

1. Ann Jennings, Kerri. (2018). 13 Cholesterol-Lowering Foods to Add to Your Diet.

2. Zoppi, Lois. (2021). 15 foods that lower cholesterol.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi