Penurunan Fungsi Panca Indera di Masa Tua

06 May 2020 • Tips Kesehatan

Proses penuaan adalah hal yang tidak dapat dihindari. Penuaan dicirikan dengan adanya penurunan fungsi dari berbagai organ tubuh. Penurunan fungsi organ tubuh tersebut dapat menyebabkan timbulnya berbagai masalah kesehatan yang dapat mengganggu kehidupan sehari-hari.

Salah satu dari permasalahan tersebut adalah menurunnya fungsi sistem panca indera tubuh yang mencakup penglihatan, pendengaran, penciuman, dan perasa.

Presbiopia merupakan istilah yang merujuk pada penurunan fungsi penglihatan seiring dengan peningkatan usia. Diperkirakan presbiopia mempengaruhi 25% seluruh populasi dunia.

Presbiopia terjadi karena penuaan menyebabkan serangkaian perubahan pada lensa mata, sebuah komponen di dalam mata yang berfungsi untuk memfokuskan cahaya yang ditangkap mata. Penuaan penyebabkan lensa mata menjadi lebih kaku, yang mengakibatkan pada berkurangnya kemampuan lensa mata dalam memfokuskan cahaya.

Gejala meliputi penglihatan buram, sakit kepala, kelelahan mata, dan kesulitan membaca saat sore atau malam hari. Pengobatan yang tersedia adalah dengan memberikan kacamata lensa plus bagi pasien.

Presbikusis merupakan istilah medis yang merujuk pada hilangnya kemampuan pendengaran karena pertambahan usia. Penurunan fungsi pendengaran sudah dimulai sejak usia muda, namun umumnya baru menyebabkan gejala yang mengganggu pada usia 60 tahun.

Presbikusis terjadi karena adanya kontribusi berbagai faktor, meliputi faktor genetik, riwayat paparan terhadap suara keras dalam waktu lama, adanya riwayat konsumsi obat-obatan seperti beberapa jenis antibiotik yang dapat mempengaruhi fungsi pendengaran, merokok, dan konsumsi alkohol.

Pola makan yang rendah vitamin A, vitamin C, dan vitamin E juga dapat berkontribusi terhadap penurunan fungsi pendengaran. Gejala yang dikeluhkan adalah berkurangnya pendengaran secara perlahan yang semakin memberat, telinga berdenging, dan telinga terasa sakit bila mendengarkan suara keras.

Pengobatan utama yang dapat diberikan adalah dengan pemasangan alat bantu dengar, dan belum terdapat obat-obatan yang dapat membantu memulihkan fungsi pendengaran yang sudah berkurang karena usia.

Presbiopia dan presbikusis merupakan penurunan fungsi panca indera yang paling banyak dipelajari dalam dunia medis. Presbiosmia, atau berkurangnya fungsi penghidung karena usia, adalah penurunan sistem organ lain yang dapat ditemukan pada usia tua.

Walaupun presbyposmia umumnya baru menyebabkan masalah pada usia 65 tahun, terdapat bukti yang menyatakan bahwa presbyosmia sudah mulai terjadi sejak usia muda. Penyebab pasti dari presbyosmia belum diketahui, namun ditemukan bahwa riwayat penyakit pada hidung serta riwayat cedera pada hidung memainkan peran.

Fungsi perasa lidah juga turut mengalami penurunan seiring dengan penuaan, dan diperkirakan riwayat kesehatan gigi dan mulut yang buruk turut memainkan peran dalam penurunan fungsi perasa pada lansia.

Penurunan fungsi panca indera dapat menjadi penyebab dari rendahnya kualitas hidup pada usia lanjut. Oleh karena itu, sejak muda hendaknya dihindari faktor-faktor tersebut yang turut berkontribusi dalam penurunan fungsi panca indera. Dengan menghindari faktor-faktor tersebut, diharapkan penurunan fungsi panca indera dapat dihambat kemunculannya.

REFERENSI

  1. Fricke TR, Tahhan N, Resnikoff S, Papas E, Burnett A, Ho SM, et al. Global Prevalence of Presbyopia and Vision Impairment from Uncorrected Presbyopia: Systematic Review, Meta-analysis, and Modelling. Ophthalmology. 2018 Oct 1;125(10):1492–9.
  2. Rahayu T. Presbiopia. In: Buku Ajar Oftalmologi. 1st ed. Jakarta: Badan Penerbit FKUI; 2017. p. 193–4.
  3. Wang J, Puel J-L. Presbycusis: An Update on Cochlear Mechanisms and Therapies. J Clin Med. 2020 Jan;9(1):218.
  4. Wang J, Sun X, Yang QX. Early Aging Effect on the Function of the Human Central Olfactory System. J Gerontol Ser A. 2017 Aug 1;72(8):1007–14.
  5. Sergi G, Bano G, Pizzato S, Veronese N, Manzato E. Taste loss in the elderly: Possible implications for dietary habits. Crit Rev Food Sci Nutr. 2017 Nov 22;57(17):3684–9.