Bantuan
Free Tele x

Dapatkah Konsumsi Teh Mempengaruhi Kadar Kolesterol?

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 26 Nov 2020

Bagikan

Ketahui Manfaat Teh Hijau Untuk Kolesterol

Terdapat beberapa manfaat teh hijau untuk kolesterol, yang perlu kita ketahui. Teh merupakan salah satu bentuk produk botani yang dikonsumsi dengan sangat luas oleh masyarakat.

Beragam produk teh dan turunannya telah banyak diinkorporasikan pada berbagai macam produk lainnya, mulai dari sekedar bentuk minuman sampai ke berbagai produk kosmetik.

Sejak dahulu kala, masyarakat dari berbagai belahan dunia meyakini bahwa konsumsi teh memiliki banyak khasiat protektif terhadap berbagai penyakit yang berbeda.

Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Saat ini, penyakit jantung koroner merupakan penyebab kematian tertinggi di seluruh dunia. Posisi penyakit jantung koroner sebagai penyakit nomor satu yang menyebabkan kematian telah bertahan selama beberapa tahun.

Dan hal ini mengundang banyak perhatian ahli kesehatan diseluruh dunia untuk menemukan berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk mengobati dan mencegah kejadian penyakit jantung koroner.

Salah satu penyebab yang mendasari kejadian penyakit jantung koroner adalah tingginya kadar kolesterol buruk di dalam pembuluh darah.

Kolesterol low density lipoprotein (LDL) merupakan varian kolesterol yang dibentuk oleh tubuh. Kolesterol LDL telah dikenal sebagai kolesterol yang mampu beroksidasi dan membentuk plak penebalan di dinding pembuluh darah.

Apabila proses pembentukan plak tidak dihambat, maka plak akan terus membesar dan lama kelamaan akan menghambat aliran darah.

Baca Juga: Apa itu kolesterol, HDL, dan LDL?

Manfaat Teh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Berbagai penelitian yang telah dilakukan menemukan adanya keterkaitan antara konsumsi teh dengan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Ditemukan bahwa konsumsi teh hijau secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam tubuh apabila konsumsi teh hijau dikonsumsi sebanyak 300-800 mg/hari.

Kandungan suatu zat di dalam teh yang bernama epigallocatechin gallate (EGCG) diduga menjadi faktor utama dari efek protektif teh hijau terhadap penumpukan kadar kolesterol LDL.

Selain teh hijau, varian jenis teh lainnya yang cukup dikenal masyarakat meliputi teh hitam dan teh putih turut memainkan peran dalam mengatur kadar kolesterol di dalam tubuh.

Oleh karena itu, memulai upaya untuk mengonsumsi teh secara rutin merupakan salah satu pilihan yang dapat diambil untuk membantu mencegah kejadian penyakit jantung koroner di masa yang akan datang.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Statin: Obat Penurun Kolesterol

 

Referensi:

1. R X, K Y, S L, M D, G C. Effect of green tea consumption on blood lipids: a systematic review and meta-analysis of randomized controlled trials. Nutr J. 2020 May 20;19(1):48–48.

2. Momose Y, Maeda-Yamamoto M, Nabetani H. Systematic review of green tea epigallocatechin gallate in reducing low-density lipoprotein cholesterol levels of humans. Int J Food Sci Nutr. 2016 Aug 17;67(6):606–13.

Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami