Bantuan

Pentingnya Moisturizer untuk Kecantikan Kulit

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 23 May 2021

Bagikan

Pentingnya Moisturizer untuk Kecantikan Kulit

Selain membuat kita lebih rileks dan merasa lebih baik, menggunakan moisturizer atau pelembab dalam rangkaian perawatan kulit kamu tentunya memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. 

Pilihlah pelembab yang kaya akan vitamin beserta SPF minimal 15 untuk melindungi kulitmu sepanjang hari. Selain itu, gunakanlah lotion yang tidak mengandung minyak, nonkomedogenik, dan telah teruji alergi dan uji dermatologis. Berikut adalah kandungan pelembab beserta manfaatnya:

  • Vitamin A dan Vitamin B5 meningkatkan kekencangan kulit dan meningkatkan kelembapan pada kulit

  • Vitamin C dan E sebagai antioksidan dapat membantu melindungi kulit yang baru dan melawan kerusakan kulit

  • Tabir surya PABA-free SPF 15 dapat membantu mencegah garis-garis kerutan


Waktu yang paling tepat dan paling penting untuk menggunakan pelembab adalah setelah mandi, mencukur, atau setelah eksfoliasi. Terkadang, memakai pelembab dilakukan dua kali selama sehari. Menggunakan pelembab setelah mandi sangatlah penting karena air panas meluruhkan semua hidrasi dan minyak dari kulit kamu, meninggalkan rasa yang cukup kering.


Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kulit dengan pelembab:

  • Perhatikan temperatur air. Air panas tidak baik untuk kulitmu. Mandilah dengan durasi yang lebih pendek dan dengan air hangat supaya kulitmu akan menjadi lebih baik.

  • Keringkan wajah dengan menepuk-tepuk wajah dengan handuk. Jangan menggosok wajah secara kasar. Dengan menepuk-tepuk dengan ringan, kelembaban kulit akan tetap terjaga.

  • Minum banyak air. Kelembapan kulit juga datang dari dalam tubuh. Jangan lupa minum 8 gelas sehari.

  • Gunakan sabun dan shampoo yang mengandung minyak-minyak alami. Carilah sabun yang ringan dan tidak menggunakan pewangi yang mengandung berbagai mineral dan aloe.

  • Gunakan humidifier. Humidifier dapat meningkatkan kelembapan di udara.

  • Gunakan tabir surya saat beraktivitas di luar. Tabir surya akan melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya yang datang dari matahari. Penggunaan tabir surya dengan SPF rendah maupun tertinggi bergantung pada tingkat aktivitas di luar.


Produk pelembab biasanya terdiri atas zat-zat berikut:

  • Air

  • Zat oklusif, contohnya petrolatum dan zat berminyak lainnya

  • Humektan

  • Emolien, zat yang membuat kulit terasa lebih lembut. Contohnya adalah dimetichone

  • Vitamin

  • Menthol

  • Asam laktat


Kira-kira apa manfaat pelembab lainnya selain melembabkan? Simak artikel ini untuk mengetahuinya!


Menurunkan risiko munculnya masalah-masalah kulit

Menggunakan pelembab yang tepat untuk jenis kulitmu dapat membantu mempertahankan keseimbangannya. Apabila kulit terlalu kering atau terlalu berminyak, banyak masalah kulit yang akan muncul, contohnya adalah jerawat.

Apabila kulitmu berminyak, pilihlah pelembab yang bertekstur lotion dan jangan gunakan pelembab bertekstur krim. Selain itu, pilihlah pelembab dengan kandungan eksfoliator. Apabila kulitmu cenderung kering, gunakan pelembab bertekstur krim karena mereka cenderung memiliki kadar minyak yang tinggi.


Menyamarkan noda pada kulit

Beberapa jenis pelembab memberikan efek berkilau sehingga mampu menyamarkan noda-noda pada kulit wajah. Beberapa pelembab juga memberi warna sehingga cocok untuk berbagai warna kulit.


Menjaga kulit tetap awet muda

Beberapa area sensitif pada kulitmu seperti wajah, telinga, leher, dan dada akan berganti lebih sering dibandingkan dengan area kulit lainnya di tubuhmu. Kehilangan lapisan sel kulit membuat area-area ini rentan mengalami kekeringan dan juga rentan terkena kanker kulit. Mengaplikasikan pelembab pada area-area ini dapat membantu kulit sensitifmu untuk memperbaiki dirinya sendiri dan menjaganya tetap sehat dan awet muda.


Mencegah kerutan

Berdasarkan sebuah jurnal, orang-orang yang rutin menggunakan pelembab dengan cara yang tepat akan memiliki kerutan yang lebih sedikit dibandingkan orang-orang dengan kulit kering.


Baca Juga: Kenali Manfaat Moisturizer bagi Kulit Wajah


Referensi:

  1. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/moisturizers-do-they-work

  2. https://www.utmedicalcenter.org/the-importance-of-moisturizing/

  3. https://www.burkewilliams.com/blog/2014/10/23/5-reasons-must-moisturize-skin-2

  4. specialistsindermatology.com/blog/reasons-why-you-should-be-moisturizing-every-day 

Bagikan artikel ini