Bantuan

Seperti Ini Cara Memerahkan Bibir dengan Odol!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 14 Mar 2022

Bagikan

Cara Memerahkan Bibir dengan Odol

Bagaimana cara memerahkan bibir dengan odol? Bibir adalah bagian penting dari wajah yang sangat memengaruhi penampilan seseorang. Maka dari itu, bibir yang sehat kemerahan dan tidak mengalami pecah-pecah menjadi keinginan banyak orang. Banyak cara dilakukan untuk mendapatkan warna bibir yang merah dan juga sehat. Salah satu cara yang banyak dilakukan adalah dengan menggunakan odol. Namun, benarkah cara ini bisa dilakukan dan efektifkah hasil yang akan didapatkan? Odol itu sendiri merupakan kebutuhan sehari-hari yang kegunaan utamanya ialah untuk menggosok gigi. Odol menjadi penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, direkomendasikan bahwa seseorang harus menggosok giginya dengan odol minimal dua kali dalam satu hari. Selain fungsi utama ini, odol juga digunakan sebagai pemerah bibir, bahkan ada klaim yang mengatakan bahwa odol mampu menghasilkan warna bibir yang merah dengan memuaskan. 

Kandungan odol

Bibir adalah bagian wajah yang jenis kulitnya sensitif maka sudah seharusnya sebelum mencoba cara memerahkan bibir dengan odol, Anda mengetahui apa saja kandungan yang ada di dalam odol. Di bawah ini adalah kandungan umum yang ada dalam odol:

  1. Agen abrasif, yakni sebagai pengikis sisa makanan, noda, atau bakteri di gigi. Namun, tentu saja tidak sampai merusak enamel gigi anda. 

  2. Flouride, adalah bahan penting yang bantu menjaga gigi dari gigi berlubang dan karang gigi. Jenis mineral ini juga bisa bantu menguatkan enamel gigi anda.

  3. Humektan, kandungan ini digunakan guna mencegah hilangnya air sehingga odol tidak akan mudah mengeras. Bahan yang sering digunakan untuk humektan adalah gliserol dan sorbitol.

  4. Detergen, berfungsi untuk memutihkan gigi dan juga menimbulkan busa ketika anda menggosok gigi. Sodium lauryl sulfat adalah jenis detergen yang sering digunakan pada odol.

  5. Perasa, tidak menjadi bahan utama yang ada pada odol, tetapi dianggap penting. Ini karena sebagian besar kandungan dalam odol, terasa pahit, dan tidak memiliki rasa. 

  6. Zat pengikat, yang mana bertugas untuk mengikat air serta berguna untuk menstabilkan bahan penyusun odol supaya tidak akan menjadi gumpalan padat.

Cara memerahkan bibir dengan odol

Setelah mengetahui kandungan yang ada di dalam odol, lalu bagaimana cara memerahkan bibir dengan odol? Penggunaan odol untuk bibir tidak bisa asal karena jika berlebihan akan menyebabkan masalah pada bibir Anda. Mari simak caranya di bawah ini:

  1. Gunakan hanya odol saja

Perhatikan jenis odol yang anda gunakan, sebelum memutuskan odol tersebut akan digunakan pada bibir Anda. Gunakanlah odol yang mengandung sedikit detergen dan yang berwarna putih, serta tidak berbentuk gel. Caranya adalah seperti berikut:

  1. Siapkan odol tanpa detergen

  2. Gunakan odol ukuran biji kacang pada ujung jari

  3. Oleskan secara merata di bibir lalu pijat dengan arah melingkar. 

  4. Diamkan selama lebih kurang 15 menit.

  5. Bilas dengan air dingin lalu keringkan.

  6. Lakukan cara ini selama 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

  1. Campuran odol dan madu

Cara memerahkan bibir dengan odol yang selanjutnya adalah dengan menggunakan madu, sebagai campuran dengan odol. Dikenal sebagai bahan alami yang bagus dalam melembabkan dan menjaga kesehatan bibir, Anda bisa menggunakan odol untuk dicampur dengan madu. Caranya adalah seperti berikut ini:

  1. Siapkan odol ukuran biji jagung pada wadah, lalu tambahkan madu sebanyak satu sendok makan. 

  2. Aduk rata bahan ini.

  3. Oleskan dengan merata pada bibir, lalu pijat secara melingkar.

  4. Diamkan selama 15 menit.

  5. Bersihkan dengan air dingin, lalu keringkan dengan handuk.

  6. Cara ini bisa anda lakukan selama 2 sampai 3 kali dalam satu minggu. 

Selain dengan madu, Anda dapat menggantinya dengan gula, dengan cara dan tahapan yang sama. Adakah efek samping dari penggunaan odol untuk memerahkan bibir? Tentu ada, dimana mungkin ada kandungan dalam odol yang tidak cocok dengan bibir beberapa orang. Terutama kandungan bahan detergen pada odol, yang mana mungkin pada jangka waktu panjang bisa mengakibatkan kulit bibir menjadi pecah dan kering.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apa Penyebab Bibir Hitam? Cari Tahu Jawabannya Di Sini

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Medium, 6 ways to make your lips pink naturally

Toothpastes, american dental association

Healthline, 16 ways to lighten dark lips

 

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang