Kenali Manfaat Moisturizer bagi Kulit Wajah

09 Sep 2020 • Lain-lain

Dalam menjaga kesehatan kulit wajah, membersihkan muka serta pemberian krim pelembab merupakan sebuah aspek utama yang harus dilakukan.

Namun, proses mencuci muka tidak terjadi secara selektif. Membersihkan muka menggunakan sabun ataupun toner dapat menghilangkan kotoran serta berbagai molekul lainnya yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit.

Disinilah dimana moisturizer berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap terjaga dengan baik. Tak hanya untuk menjaga kelembaban kulit, moisturizer juga memiliki berbagai fungsi lainnya.

Berikut manfaat yang didapat dalam penggunaan moisturizer

Melembutkan dan menghaluskan kulit

Efek melembutkan dan menghaluskan kulit merupakan sifat yang paling sering ditemukan pada moisturizer yang dijual di pasaran.

Setelah melakukan cuci muka, lipid yang berada di sekitar jaringan kulit ikut terbawa dan hilang dari permukaan kulit. Hilangnya molekul tersebut menyebabkan kulit terasa lebih kasar.

Moisturizer bekerja sebagai pengganti lipid interselular tersebut, sehingga menciptakan kembali kelembaban yang sehat.

Memberikan Hidrasi yang Cukup bagi Kulit

Air merupakan molekul yang mudah menguap ketika berada di lingkungan yang tertentu. Ia juga dapat berkurang kandungannya setelah melakukan cuci muka.

Hilangnya molekul tersebut dapat dikendalikan dengan pemberian moisturizer pada kulit. Sehingga, akan tercipta lapisan pelindung untuk menjaga kelembaban kulit. Kandungan air yang dibutuhkan agar kulit menjadi sehat adalah sekitar 10-30%.

Memberikan Kesan Kulit Sehat dan Cerah

Beberapa moisturizer hadir dengan efek mencerahkan kulit, anti-aging, dan lain sebagainya. Ia bekerja dengan mengatur komposisi melanin, distribusi kolagen, hemoglobin, dan lain sebagainya agar menghaslikan tampilan kulit yang lebih indah.B

eberapa moisturizer memiliki kemampuan untuk meningkatkan refleksi cahaya pada kulit, sehingga kulit terlihat lebih cerah.

Sebagai Pelindung untuk Photoprotection

Moisturizer tertentu juga memiliki sifat pelindung dari cahaya matahari. Efek ini lebih kuat ditemukan pada produk sunscreen atau sunblock.

Pemilihan Moisturizer yang Sesuai dengan Jenis Kulit Wajah

Moisturizer untuk wajah hadir dengan berbagai kandungan minyak dan air (O/W) yang berbeda. Formula O/W ditandai dengan perasaan segar dan tidak glossy, sedangkan formula W/O menghasilkan perasaan yang lebih hangat serta dengan tamplan yang glossy.

Produk yang didesain untuk kulit normal atau kombinasi mengandung lebih banyak air, minyak sayuran/mineral atau dimeticone, tetapi dengan kandungan petrolatum yang rendah.

Berbeda halnya dengan kulit kering, jenis kulit ini cocok diberikan moisturizer yang mengandung air, minyak sayuran/mineral, propilen glikol dan petrolatum. Dewasa ini, sudah banyak kombinasi kandungan yang lebih spesifik sesuai dengan jenis kulit wajah masing-masing.

Referensi:

Draelos ZD. The science behind skin care: Moisturizers. Journal of Cosmetic Dermatology. 2018;17:138-44.