Bantuan
Free Tele x

Sering Mengalami Kedutan Mata Kiri Atas? Mari Ketahui Arti dan Penyebabnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 22 Mar 2022

Bagikan

kedutan mata kiri

Kedutan mata kiri atas sering dikaitkan dengan mitos akan bertemu dengan sanak saudara yang telah berpisah sejak lama. Mitos ini dikenal dalam primbon jawa. Kedutan mata kiri atas juga dikenal dalam bidang kedokteran dengan istilah myokymia. 

Kedutan mata kiri atas bisa dialami dalam beberapa hari hingga berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Kedutan mata kiri atas bisa Anda rasakan ketika ada getaran pada area kelopak mata dan terjadi berulang hingga tidak terkendali. Jika Anda mengalami kondisi ini, sebaiknya perlu berhati-hati dan segera mencari tahu karena bisa jadi pertanda adanya penyakit dalam tubuh Anda.

Apa itu Kedutan Mata Kiri Atas?

Dalam istilah medis kedutan mata kiri atas atau myokymia merupakan kejang pada otot kelopak mata yang terjadi berulang-ulang dan secara tidak sengaja. Kedutan ini terjadi pada kelopak mata, area alis hingga sudut mata. Kedutan mata kiri atas bisa disebabkan oleh beberapa penyebab seperti kelelahan atau stres.

Menurut primbon jawa arti kedutan mata kiri atas bisa di artikan berdasarkan letak kedutannya. Jika kedutan terjadi pada sudut mata kiri atas dipercaya akan bertemu dengan sanak saudara yang telah lama berpisah. Adapun kedutan pada alis kiri atas memiliki arti akan mendapat keberuntungan dan bisa dijadikan sebagai sugesti untuk memikirkan hal-hal yang positif. Sedangkan kedutan pada kelopak kiri memberi pertanda kurang menyenangkan misalnya akan mendapat berita kehilangan. Adapun kedutan bola mata kiri diartikan akan mendapat kabar bahagia, misalnya tercapainya keinginan. 

Penyebab Kedutan Mata Kiri Atas

Kedutan mata kiri atas menurut pendapat medis bisa menjadi pertanda adanya penyakit yang sedang Anda alami jika diikuti dengan beberapa gejala lainya. Namun kedutan mata kiri atas, bisa juga  terjadi karena sejumlah aktivitas yang membuat Anda merasa lelah dan stres, sehingga Anda tidak perlu cemas karena bisa hilang seiring waktu. Berikut beberapa penyebab kedutan mata kiri atas yang perlu Anda ketahui:

  1. Terlalu Lama Bermain Gadget

Salah satu penyebab kedutan mata kiri atas adalah terlalu lama bermain gadget. Terlalu asyik bermain gadget biasanya dialami oleh Anda yang senang scroll Instagram dalam beberapa jam atau bahkan bermain game hingga lupa waktu. Tidak hanya gadget, terlalu lama bekerja di depan komputer juga bisa menyebabkan kedutan mata kiri atas

  1. Kelelahan dan Kurang Tidur

Kelelahan dan kurang tidur bisa menyebabkan kedutan mata kiri atas, jika Anda mengalami kondisi ini sebaiknya beristirahat sejenak untuk mengistirahatkan mata Anda, karena bisa jadi mata Anda terlalu lelah dan kurang tidur. Mata lelah dan kurang tidur tidak baik bagi kesehatan, jika terus dipaksakan untuk bekerja. Selain menyebabkan kantung mata menghitam dan membesar, kelelahan pada mata akan semakin menumpuk jika Anda mengalami stres, sehingga menimbulkan kedutan pada mata kiri atas.

  1. Menggunakan Obat-Obatan

Penyebab kedutan mata kiri atas selanjutnya adalah penggunaan obat-obatan antipsikotik dan antiepileptic yang mampu  menimbulkan efek samping pada saraf dan otot mata menegang atau tremor. Penggunaan obat diuretik juga bisa menyebabkan tubuh Anda kekurangan magnesium, magnesium dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang kinerja saraf dan otot pada mata.

  1. Multiple Sclerosis (MS)

Multiple Sclerosis adalah penyakit yang terjadi pada sistem kekebalan tubuh tidak normal dan mempengaruhi sistem saraf pusat, otot serta saraf tulang belakang. Jika dibandingkan dengan pria, penyakit ini banyak dialami oleh wanita. Bagi Anda yang mengalami kondisi ini sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter karena bisa menyebabkan gangguan penglihatan, lumpuh hingga cacat. Salah satu gejala yang bisa Anda rasakan adalah adanya kedutan mata kiri atas. 

  1. Dystonia

Dystonia merupakan penyakit yang sangat langka dan tercatat hanya dialami oleh 1% populasi manusia. Penyakit dystonia menyebabkan otot berkontraksi secara berulang dengan sendirinya, dimana salah satu gejalanya adalah adanya kedutan mata kiri atas.

Kedutan mata tidak selalu menandakan adanya penyakit, namun Anda juga perlu waspada karena bisa jadi gejala penyakit, sehingga jika Anda mengalami kedutan pada mata, coba Anda ingat kembali apakah Anda kurang tidur, merasa lelah atau stres. Jika disertai gejala lain sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Ketahui Penyebab Kedutan Mata Kanan Atas

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Mata

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi
  1. WebMD: Eye Twitching. Accessed: 6 Oktober 2021.
  2. Health Kura: Left & Right Eye Twitching Meaning: Spiritual Omen & Superstition. 2021. Accessed: 6 Oktober 2021.
Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Mata

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami