Bantuan

Penting untuk Kesehatan Janin, Ini Daftar Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 30 Mar 2022

Bagikan

buah yang bagus untuk ibu hamil

Halo Bunda, apakah Anda tahu apa saja buah yang bagus untuk ibu hamil? Dalam masa kehamilan, asupan nutrisi yang baik merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Pasalnya, asupan nutrisi saat kehamilan sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin. Anda dapat memenuhi asupan nutrisi yang baik ini dengan mengonsonsimsi buah yang bagus untuk ibu hamil. 

Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil

Mungkin beberapa dari Anda beranggapan bahwa semua buah baik untuk ibu hamil. Pernyataan ini tidaklah salah, tetapi ada beberapa buah yang paling tepat dikonsumsi saat hamil. Lantas apa saja buah yang bagus untuk ibu hamil tersebut? Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui apa saja buah yang bagus dikonsumsi ibu hamil tersebut. 

  1. Mangga

Buah yang bagus untuk ibu hamil yang pertama, yaitu buah mangga. Buah yang satu ini sangat identik dengan kehamilan karena banyak ibu hamil yang mengidam buah satu ini. Namun ini merupakan hal yang tepat karena mangga kaya dengan kandungan vitamin A, vitamin C, dan kalium. Kandungan vitamin A ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sistem saraf janin, dan penglihatan. 

  1. Pisang

Buah yang selanjutnya merupakan buah yang paling mudah ditemukan, yaitu buah pisang. Hal ini karena pisang memiliki banyak kandungan serat dan kalori untuk sumber energi sehingga dapat terhindar dari kelelahan. Tidak hanya itu, pisang juga memiliki kandungan yang bermanfaat lainnya seperti vitamin B6, vitamin C, zat besi, dan kalium. Kandungan kalium ini membantu menjaga tekanan darah pada ibu hamil. 

  1. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil selanjutnya. Hal ini karena jeruk memiliki kandungan folat dan vitamin C yang tinggi, sedangkan wanita hamil membutuhkan 70 mg vitamin C setiap harinya. Oleh karena itu, mengonsumsi jeruk oleh ibu hamil merupakan hal yang baik. Tidak hanya itu, kandungan folat dalam jeruk juga membantu mencegah terjadinya cacat tabung saraf. Cacat tabung saraf itu sendiri merupakan kondisi di mana sumsum tulang belakang tidak berkembang dengan baik. 

  1. Jambu biji

Jambu biji memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, kalium, serat, dan fosfor. Berkat kandungan tersebut, jambu biji menjadi salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil. Vitamin A dan vitamin C mampu menangkal radikal bebas yang menghambat perkembangan janin. Tidak hanya itu, jambu biji juga dipercaya mampu mengontrol kadar gula darah pada ibu hamil. 

  1. Pir

Buah yang bagus dikonsumsi oleh ibu hamil yang pertama, yaitu pir. Hal ini karena buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin C, folat, kalium, dan juga serat. Serat yang dimiliki pir ini sangat membantu ibu hamil untuk terhindar dan meringankan sembelit selama kehamilan. Tidak hanya itu, kandungan kalium dalam pir sangat membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan juga anak. 

  1. Apel

Apel merupakan buah yang cocok dan baik dikonsumsi oleh ibu hamil selanjutnya. Hal ini karena apel memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, kalium, dan serat yang cukup tinggi. Dijelaskan dalam sebuah penelitian bahwa buah apel ini dapat menurunkan risiko terjadinya asma dan alergi pada bayi dan ibu hamil. 

  1. Alpukat

Buah yang bagus untuk ibu hamil terakhir, yaitu buah alpukat. Hal ini karena alpukat memiliki kandungan folat yang tinggi jika dibandingkan dengan buah lainnya. Tidak hanya itu, alpukat juga memiliki nutrisi yang sangat baik seperti vitamin B, vitamin C, vitamin K, kalium, magnesium, dan serat. Ibu hamil yang mengonsumsi buah satu ini, dipercaya dapat meredakan mual yang dialami Tidak hanya itu, berkat kandungan kalium tersebut, maka kram kaki yang sering dialami oleh ibu hamil dapat berkurang.

Demikianlah penjelasan mengenai buah yang bagus untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Berbagai buah-buahan yang disebutkan di atas merupakan buah-buah yang sangat familiar dan mudah ditemukan di sekitar Anda. Jadi, ayo mulai konsumsi berbagai buah-buahan tersebut untuk mendukung kesehatan ibu dan janin. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Waspadai, Berikut Ini Buah yang Dilarang untuk Program Hamil

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang
Referensi

McDermott. 2020. 7 Nutritious Fruits You’ll Want to Eat During Pregnancy. https://www.healthline.com/health/pregnancy/best-fruits-to-eat

Mrunal. 2019. 16 Best Fruits to Eat During Pregnancy. https://parenting.firstcry.com/articles/best-fruits-eat-pregnancy/

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang