Bantuan

Waspadai, Berikut Ini Buah yang Dilarang untuk Program Hamil

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 21 Jan 2022

Bagikan

Waspadai, Berikut Ini Buah yang Dilarang untuk Program Hamil

Hai bunda, apakah Anda tahu apa saja buah yang dilarang untuk program hamil? Pada dasarnya, ibu hamil memerlukan banyak nutrisi untuk menjaga kesehatan dan perkembangan janin. Umumnya, nutrisi ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah-buahan . 

Namun kenyataannya, bagi ibu hamil tidak semua buah boleh dimakan karena dapat menyebabkan gangguan kehamilan. Pasalnya, pada beberapa buah-buahan yang dilarang tersebut terdapat kandungan yang bisa membahayakan perkembangan dan juga kesehatan janin. 

Baca Juga: Tidak Boleh Disepelekan, Ini Bahaya Perokok Pasif Yang Mengintai Ibu Hamil Dan Anak-Anak

Buah yang Dilarang untuk Program Hamil

Lalu apa saja buah yang dilarang untuk program hamil tersebut? Untuk mengetahui apa saja buah yang dilarang tersebut, mari simak penjelasan yang ada di bawah ini. 

  1. Nanas

Buah yang dilarang untuk program hamil yang pertama yaitu buah nanas. Buah yang satu ini sangat terkenal dapat menyebabkan keguguran. Hal ini disebabkan oleh enzim bromelain yang ada di dalam nanas. Enzim ini dapat mengganggu keseimbangan protein dan  menyebabkan terjadinya pendarahan. Walaupun begitu, sebenarnya nanas tidak terlalu berpengaruh pada kondisi ibu hamil karena kadar bromelain dalam nanas terbilang cukup rendah jika dikonsumsi dalam batas wajar. 

  1. Pepaya

Banyak rumor yang beredar bahwa ibu hamil yang mengonsumsi buah pepaya dapat menyebabkan sakit perut sebelum melahirkan hingga keguguran. Rumor ini tidak dapat disalahkan sepenuhnya, karena pepaya muda memiliki kandungan lateks dan papain yang cukup tinggi. Lateks dapat menyebabkan terjadinya kontraksi rahim sehingga merangsang terjadinya persalinan dini. Sedangkan papain memiliki efek yang juga dapat merangsang persalinan. Namun, jika ibu hamil mengonsumsi pepaya yang sudah tua  atau matang, justru sangat baik untuk ibu hamil. 

Baca Juga: Manakah Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil? Temukan Jawabannya Di Sini

  1. Semangka

Buah yang kaya dengan kandungan air ini, ternyata juga menjadi salah satu buah yang dilarang untuk program hamil. Pada dasarnya, buah  semangka memiliki kemampuan dalam membuang racun melalui proses hidrasi. Akan tetapi, jika buah semangka ini dikonsumsi secara berlebihan maka akan menyebabkan efek samping berupa meningkatnya glukosa dalam darah. Tidak hanya itu, buah semangka juga memiliki sifat diuretik yang dapat membuang nutrisi penting bagi ibu hamil. 

Baca Juga: Ketahui Tanda-Tanda Hamil Muda yang Seringkali Tidak Disadari Berikut Ini

  1. Anggur

Buah yang dilarang untuk program hamil selanjutnya yaitu buah anggur. Alasan mengapa buah anggur dilarang karena dapat menyebabkan terjadinya ketidakstabilan hormon selama kehamilan. Selain itu, anggur juga dapat menyebabkan naiknya temperatur suhu yang dapat merugikan ibu hamil hingga janin. Jadi, jika Anda ingin mengonsumsi buah sebaiknya pilih buah lain terlebih dahulu. 

  1. Durian

Buah dengan aroma yang sangat khas ini ternyata dipercaya dapat memicu keguguran, sehingga tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu, ibu hamil yang menderita tekanan darah tinggi dan diabetes sangat tidak disarankan mengonsumsi durian karena dapat menyebabkan kedua penyakit  tersebut semakin parah. Namun, pada dasarnya buah ini sangat baik karena memiliki kandungan antimikroba antibakteri dan antioksidan. Jadi selama dikonsumsi tidak berlebihan, buah durian masih bisa dikonsumsi  oleh ibu hamil. 

  1. Nangka

Rumor lain yang beredar mengenai buah yaitu, ibu hamil dilarang mengonsumsi buah nangka karena dapat mempersulit proses persalinan. Bahkan, disebutkan  juga buah nangka dapat menyebabkan terjadinya keguguran. Akan tetapi, hingga saat ini belum terdapat bukti  kuat yang membuktikan bahwa rumor tersebut benar. Jadi, ibu hamil masih boleh mengonsumsi nangka, selama tidak berlebihan. Pasalnya di dalam buah nangka terdapat berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil 

  1. Kurma 

Buah yang dilarang untuk program hamil terakhir merupakan salah satu buah yang sangat populer di bulan Ramadhan yaitu buah kurma. Alasan mengapa buah kurma dilarang dikonsumsi selama kehamilan yaitu karena buah kurma dapat meningkatkan temperatur tubuh dan merangsang kontraksi rahim. Padahal buah yang satu ini memiliki nutrisi dan vitamin yang sangat penting. Disebutkan juga bahwa batas wajar mengonsumsi kurma yaitu 1-2 buah per harinya. 

Demikianlah informasi mengenai buah-buahan yang dilarang untuk program hamil. Untuk menghindari efek buruknya, sebaiknya  konsumsi buah-buahan yang aman seperti apel, pisang dan alpukat. Namun, jika Anda ingin mengonsumsi buah-buahan yang disebutkan di atas, pastikan mengonsumsi secara wajar saja. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi
  1. Fruits to Avoid During Pregnancy Diet. https://www.apollocradle.com/fruits-to-avoid-during-pregnancy-diet/.
Bagikan artikel ini