Bantuan
Free Tele x

Ciri-ciri Orang Perfeksionis

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Jun 2022

Bagikan

Ciri-ciri Orang Perfeksionis

Apa yang Dimaksud dengan Perfeksionis?

Frasa ‘perfeksionis’ mungkin sudah tak asing bagi Anda. Namun sudahkah Anda mengetahui makna sesungguhnya dari ‘perfeksionis’? Apakah orang perfeksionis selalu menginginkan segala sesuatunya menjadi perfect atau sempurna? Di samping itu, perfeksionis termasuk hal yang baik atau buruk?

Sebelum beranjak lebih jauh untuk menyelami ciri-ciri orang perfeksionis, mari diawali terlebih dahulu dari pengertiannya. Pada dasarnya, orang perfeksionis adalah individu yang menghendaki segala sesuatunya berjalan dengan sempurna. Seseorang yang perfeksionis biasanya mengusahakan segala daya dan upaya agar tidak ada kesalahan yang terjadi.

Demi mencapai ‘kesempurnaan’ tersebut, orang perfeksionis cenderung keras terhadap dirinya sendiri bahkan juga kepada orang lain. Jika apa yang dikehendaki berjalan dengan ‘sempurna’, maka ada kepuasan yang tercapai. Namun jika yang terjadi adalah sebaliknya, akan ada kekecewaan yang mendalam.

Di satu sisi, perfeksionis dapat membawa manfaat karena adanya keinginan atau hasrat untuk menjadikan segala sesuatunya lebih baik. Sehingga apa yang dijalankan sudah sistematis dan terstruktur dengan baik. Namun di sisi lain, perfeksionis juga dapat membawa kerugian bagi diri sendiri.

Apa Saja Ciri-ciri Orang Perfeksionis?

Setelah memahami pengertian dasarnya, mari kini beranjak pada inti tulisan ini, yaitu perihal ciri-ciri orang perfeksionis. Ada berbagai ciri-ciri yang cukup mudah dikenali. Jika sudah memahaminya, Anda dapat mulai menganalisis, apakah berbagai ciri tersebut ada pada diri sendiri atau orang-orang di sekitar Anda.

  1. Harus Sempurna

Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, orang perfeksionis selalu menginginkan segala sesuatunya menjadi sempurna. Jika tidak sempurna, maka akan dianggap sebagai hal yang tidak ada artinya dan bahkan juga dapat dimaknai sebagai poin yang merugikan dalam hidup.

  1. Kritis

Berbekal kesempurnaan yang ingin diraih, orang perfeksionis cenderung kritis terhadap segala sesuatunya. Tidak boleh ada detail yang terlewat. Jika sampai ada yang terlewat, maka akan dianggap sebagai kerikil yang mengganggu jalan lurus menuju kesempurnaan. 

  1. Terdorong oleh Rasa Takut

Jika berhasil mencapai atau membuat suatu hal menjadi sempurna, maka akan terasa menyenangkan bagi diri sendiri. Terlebih jika dalam proses meraihnya tidak ada beban yang bergelayut dalam benak dan pikiran. Namun lain halnya dengan orang perfeksionis. Keinginan untuk mencapai kesempurnaan cenderung didasari oleh rasa takut menjadi ‘tidak sempurna’ atau gagal dalam meraih apa yang diinginkan.

  1. Menetapkan Standar yang Tinggi

Sejalan dengan ‘kesempurnaan’ yang ingin diraih, orang perfeksionis cenderung menetapkan standar yang tinggi. Standar itulah yang kemudian dijadikan acuan sepanjang perjalanan menuju ‘kesempurnaan’. Di samping tinggi, standar yang ditetapkan pun biasanya juga cenderung tidak realistis atau sesuai dengan situasi serta kondisi.

  1. Hanya Fokus pada Hasil

Orang perfeksionis adalah sosok yang mendewakan ‘kesempurnaan’ di atas segalanya. Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, orang perfeksionis akan mengerahkan segala daya dan upaya untuk membuat segala sesuatu menjadi sempurna. Dengan demikian, orang perfeksionis cenderung lebih fokus kepada hasil daripada proses untuk mewujudkan ‘kesempurnaan’ yang diinginkan. 

  1. Susah Berdamai dengan Kegagalan

Ketika sudah mengerahkan segala daya dan upaya tetapi berujung pada kegagalan, apa yang akan terjadi selanjutnya? Orang perfeksionis cenderung susah menerima kenyataan ketika gagal meraih kesempurnaan. Mereka akan berkubang dalam genangan kekecewaan untuk waktu yang lama dan susah bangkit kembali.

Demikianlah ciri-ciri orang perfeksionis yang dapat Anda ketahui. Kiranya ulasan singkat ini akan memperkaya wawasan Anda mengenai berbagai ciri yang dapat dikenali dengan orang perfeksionis. Dengan demikian, Anda akan dapat menyikapi berbagai ciri tersebut dengan bijak.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Dampak Buruk Perfeksionis dan Cara Mengatasi Sifat Tersebut

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kesehatan Jiwa

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang
Referensi

Verywell Mind. 2022. 10 Telltale Signs You May Be a Perfectionist. https://www.verywellmind.com/signs-you-may-be-a-perfectionist-3145233  

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kesehatan Jiwa

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang