Bantuan
Free Tele x

Pandemi Bikin Susah Kemana Aja? Konsultasi Dokter Online Bisa Jadi Solusinya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Nov 2021

Bagikan

Pandemi Bikin Susah Berpergian? Konsultasi Dokter Online Aja

Ditengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, konsultasi dokter online bisa menjadi solusi. Hal ini karena selama pandemi Covid-19 dilakukan pembatasan sosial yang membuat Anda sulit kemana saja untuk dapat memerangi Covid-19 dan memutuskan penyebarannya.

Akan tetapi, sebelum Anda berkonsultasi dengan dokter secara online, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu.

Sejarah Konsultasi Dokter Online

Awal mula adanya konsultasi dokter online dipelopori oleh layanan kesehatan asal Swedia yang mendirikan platform online pada tahun 1998. Pada platform tersebut, pasien dapat melakukan konsultasi dengan dokter secara gratis mengenai berbagai keluhan dan penyakit yang sedang dialami.

Melihat sebuah inovasi baru di dunia medis tersebut, membuat peneliti tertarik mencari tahu apakah inovasi ini dapat menjawab berbagai kebutuhan pasien. Dalam sebuah studi Journal of Medical Internet Research menjelaskan, platform online tersebut dapat memberikan kenyamanan bagi mereka yang menggunakan platform tersebut.

Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa pasien merasa mendapatkan informasi yang lebih jelas karena penjelasan dokter diberikan secara tertulis. Hal ini karena pada konsultasi langsung, jawaban yang diberikan oleh dokter tidak tertulis dan kurang dipahami secara langsung oleh pasien.

Hal yang Didapatkan Dari Konsultasi Dokter Online

Ketika Anda berkonsultasi dengan dokter secara online, Anda dapat melakukannya kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi yang sudah disediakan. Konsultasi tidak hanya dengan dokter umum, namun bisa dengan dokter spesialis sekalipun.

Ketika berkonsultasi, nantinya Anda akan diberikan beberapa pertanyaan mengenai keluhan yang sedang Anda alami serta riwayat kesehatan Anda. Apabila Anda sedang mengonsumsi obat-obatan, beritahukan kepada dokter. Dengan begitu, dokter dapat mendiagnosis penyakit yang sedang Anda alami dengan lebih mudah.

Selain mendapatkan pelayanan berkonsultasi seputar keluhan yang dialami, Anda juga dapat menghemat biaya dan waktu. Biaya yang dikeluarkan untuk berkonsultasi dengan dokter secara online lebih murah dibandingkan dengan berkonsultasi secara langsung.

Tidak hanya itu, Anda juga tidak perlu repot meluangkan waktu untuk mendatangi rumah sakit atau klinik tempat dokter sedang praktik.

Baca Juga: Konsultasi Dokter Online, Solusi Kesehatan Masa Kini

Kekurangan Konsultasi Dokter Online

Walaupun konsultasi dokter online dapat membantu Anda memantau kesehatan dan mendiagnosis kesehatan Anda, namun hal ini tidak dapat menggantikan konsultasi secara langsung. Hal ini karena ada beberapa pemeriksaan yang tidak dapat dilakukan secara online. Beberapa pemeriksaan tersebut yaitu mendengarkan detak jantung, meraba benjolan, suara ketukan jari di dinding dada dan lainnya.

Selain pemeriksaan yang tidak dapat dilakukan sepenuhnya, konsultasi dokter juga hanya mengandalkan keluhan yang Anda sampaikan dan beberapa foto yang mungkin Anda lampirkan.

Hal ini tentunya akan membuat penanganan yang diberikan tidak maksimal dibandingkan konsultasi secara langsung. Tidak hanya itu, mungkin saja beberapa obat-obatan yang diberikan dokter tidak cocok untuk Anda karena tidak dilakukan pemeriksaan secara langsung.

Konsultasi dokter secara online juga tidak dapat mengatasi kondisi darurat yang membutuhkan pertolongan secepatnya. Oleh karena itu, konsultasi dokter online hanya dapat dilakukan untuk keluhan ringan dan memantau kondisi kesehatan saja. Apabila kondisi yang Anda alami tidak segera membaik, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter secara langsung.

Tidak Cukup Hanya Berkonsultasi Secara Online

Anda sudah melihat beberapa kekurangan dari konsultasi dokter online. Sehingga, berkonsultasi dengan dokter secara online tidaklah cukup. Akan tetapi, semua orang berhak dan dapat menggunakan layanan konsultasi dokter online ini sebagai tempat untuk menanyakan berbagai gejala ataupun keluhan yang sedang dialami.

Akan tetapi, Anda dapat menggunakan konsultasi dokter online hanya untuk penyakit dan gejala ringan saja. Beberapa dokter online juga mungkin akan menyarankan Anda untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter terdekat ataupun dokter langganan Anda, apabila dirasa Anda membutuhkan pemeriksaan secara langsung.

Jadi, Anda tetap dapat menggunakan layanan konsultasi dokter online sebagai alternatif dan langkah pertama untuk mengatasi keluhan Anda. Nah itulah beberapa informasi mengenai konsultasi dokter online. Semoga informasi mengenai konsultasi dokter online ini dapat memberikan Anda wawasan baru dan bermanfaat untuk Anda.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ini Cara Daftar Vaksin Online Dan Persiapannya

 

Sumber:

1. Reasons for Consulting a Doctor on the Internet: Web Survey of Users of an Ask the Doctor Service. (2003)

2. Wu, Brian. What Are the Benefits and Advantages of Telemedicine? (2016)

Tag :
Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami