Bantuan

Normal Bukan Berarti Tanpa Masalah, Ini Pilihan Skincare untuk Kulit Normal

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 07 Mar 2022

Bagikan

normal skincare

Skincare untuk kulit normal merupakan suatu hal yang sebaiknya tidak dilewatkan. Hal ini karena meskipun tipe kulit Anda cenderung normal dan jarang menjumpai berbagai masalah, tidak berarti perawatan kulit adalah suatu hal yang tidak penting. Sama halnya dengan jenis kulit lainnya, jenis kulit normal juga membutuhkan perawatan. 

Berkaitan dengan penggunaan produk skincare, kulit normal membutuhkan perawatan untuk tetap terjaga kesehatannya. Dalam hal ini, dibutuhkan beberapa jenis skincare yang memang khusus untuk melindungi kulit dengan tipe normal. Salah memilih skincare untuk tipe kulit ini akan mampu memicu jerawat dan masalah kulit lainnya. Untuk itu, simak terus penjelasan mengenai skincare untuk kulit normal berikut ini. 

Pilihan Skincare untuk Kulit Normal

Tipe kulit normal dapat dikatakan merupakan tipe kulit yang mudah dirawat dan memiliki daya tahan yang lebih baik dibanding jenis tipe kulit lainnya. Oleh karena itulah, tipe kulit normal dapat dikatakan jarang menemui masalah seperti jerawat. 

Meskipun demikian, untuk mempertahankan kondisi normal tersebut, tipe kulit normal juga perlu untuk dirawat dengan baik menggunakan skincare. Adapun beberapa pilihan produk skincare yang cocok untuk dimiliki tipe kulit normal di antaranya adalah sebagai berikut. 

  1. Pembersih wajah

Apapun itu jenis kulitnya, pembersih wajah merupakan hal penting yang tidak bisa dilewatkan, termasuk bagi pemilik tipe kulit normal. Pembersih wajah dalam hal ini digunakan baik saat bangun tidur, maupun pada malam hari setelah seharian beraktivitas. Adapun untuk produk pembersih wajah, sebaiknya Anda memilih tipe produk yang bersifat gentle. 

  1. Toner

Setelah menggunakan pencuci muka (facial wash), penggunaan toner kemudian menjadi penting, tidak hanya untuk pemilik tipe kulit kering atau berminyak. Akan tetap,i juga untuk pemilik tipe kulit normal. Jenis skincare selanjutnya ini diperlukan menyeimbangkan pH kulit serta untuk menjaga wajah tetap terhidrasi dan sehat. Pada malam hari, pemilik tipe kulit normal dapat menggunakan exfoliator toner untuk mengeksfoliasi wajah.  

  1. Serum pencerah

Kata siapa kulit normal berarti jauh dari masalah? Faktanya, masalah kulit kusam menjadi salah satu permasalahan utama yang banyak dihadapi oleh para pemilik kulit normal. Untuk mengatasinya, Anda membutuhkan serum pencerah dengan kandungan vitamin C. Vitamin C dalam hal ini memiliki sifat antioksidan yang akan mampu menjaga kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan radikal bebas. Untuk malam hari, pemilik kulit normal dapat menggunakan serum anti-aging untuk mencegah tanda penuaan, dengan kandungan retinol ataupun bakuchiol. 

  1. Pelembap

Produk skincare untuk kulit normal selanjutnya yang terbilang penting adalah pelembap. Dalam hal ini, pemilik kulit normal memiliki sedikit keuntungan, yakni dapat memilih berbagai jenis tipe pelembap yang diinginkan, baik itu dalam bentuk krim ataupun gel. Penggunaan pelembap ini penting karena nantinya akan mengunci produk-produk skincare yang telah digunakan sebelumnya. 

  1. Sunscreen

Pentingnya penggunaan sunscreen sepertinya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Segala tipe kulit, baik itu berminyak, kering, hingga normal, membutuhkan sunscreen setiap kali beraktivitas di luar ruangan, untuk menghindari wajah dari bahaya sinar UV. Berkaitan dengan ini, pilihlah produk sunscreen yang memiliki kandungan SPF 30 PA+++ dan jangan lupa untuk mengaplikasikan kembali sunscreen tersebut setiap 3 sampai 4 jam sekali. 

  1. Eye cream

Eye cream adalah produk skincare untuk kulit normal berikutnya yang bisa dibilang tidak begitu wajib, tetapi akan sangat berguna jika tidak dilewatkan. Adapun fungsi dari eye cream itu sendiri adalah untuk mengunci kelembapan dan elastisitas kulit di area sekitar mata, mengatasi masalah mata panda, dan pada akhirnya mencerahkan area kulit tersebut. 

  1. Masker

Sama seperti eye cream, produk skincare berikut ini bukan termasuk produk wajib yang harus digunakan. Bahkan, penggunaannya pun hanya disarankan setiap beberapa kali saja dalam seminggu. Berkaitan dengan ini, Anda dapat memilih jenis masker yang sesuai dengan kenyamanan, baik itu jenis masker wash off, peel off, sheet mask, clay mask, dan lainnya.

Demikianlah penjelasan mengenai pilihan produk skincare untuk kulit normal yang perlu Anda ketahui. Setelah mengetahui penjelasan di atas, sekarang Anda sebagai pemilik kulit normal sudah tidak bingung lagi kan, harus membeli apa untuk kebutuhan perawatan kulit? Jika masih bingung, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit dan kecantikan untuk mendiskusikan pilihan perawatan kulit dan produk yang tepat sesuai dengan kriteria kulit Anda. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ketahui Cara Memilih Ragam Jenis Skincare untuk Kulit Kering Berikut Ini

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Santaella-Lam, Mercedes. Normal Skin and How to Care For It. https://www.paulaschoice.com/expert-advice/skincare-advice/skin-care-how-tos/normal-skin-and-how-to-care-for-it.html

Whitley, Alisha. 2021. Normal Skin: The Ultimate Guide & Skin Care Routine. https://eminenceorganics.com/ca/blog/2019/04/25/normal-skin-what-it-how-care-it

Tolentino, Gracee. In What Order Do I Apply My Skin Care Products?. https://www.dermstore.com/blog/in-what-order-do-i-apply-my-skin-care-products-infographic/

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang