Bantuan

Ini Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung yang Mudah dan Ampuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Feb 2022

Bagikan

Komedo

Cara menghilangkan komedo hitam di hidung menjadi salah satu hal yang kerap dicari tahu jawabannya oleh sebagian besar orang. Bagaimana tidak, komedo hitam telah menjadi salah satu keluhan yang paling umum karena dianggap dapat mengganggu penampilan. 

Komedo sendiri pada dasarnya timbul karena adanya penyumbatan pori-pori wajah yang disebabkan oleh sel kulit mati, minyak, sisa make up, dan kotoran lainnya. Awalnya, komedo ini berwarna putih, tetapi beberapa di antaranya, terutama yang berada di dekat permukaan kulit, dapat berubah menjadi berwarna kuning dan bahkan kehitaman. Hal ini pada dasarnya terjadi karena adanya paparan dari udara luar, serta proses oksidasi yang membuatnya menghitam. Hal ini kemudian disebut pula sebagai komedo hitam atau blackhead.

Cara menghilangkan komedo hitam di hidung

Untuk menjawab permintaan akan cara menghilangkan komedo hitam di hidung yang mudah dan ampuh, banyak bermunculan produk-produk perawatan wajah, mulai dari yang mahal hingga yang paling murah. Meskipun begitu, masih banyak yang meragukan keefektifan dari produk-produk tersebut. Lantas, adakah cara yang paling efektif dan terbukti dapat menghilangkan komedo hitam dengan baik? Jawabannya adalah belum tentu. 

Pada dasarnya, cara menghilangkan komedo hitam di hidung memang tidak mudah dan tentu tidak instan. Dalam hal ini, diperlukan berbagai macam cara dan yang paling penting adalah konsistensi dan kesabaran agar dapat mencapainya. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan komedo hitam di hidung.  

  1. Mencuci muka dua kali sehari

Saat ini, masih banyak yang kerap mengabaikan pentingnya mencuci muka minimal dua kali sehari. Padahal, langkah yang satu ini merupakan salah satu cara menghilangkan komedo hitam di hidung yang paling ampuh. Mencuci muka dalam hal ini dapat membantu menyingkirkan kotoran, minyak, sel kulit mati, bekas riasan, dan bahkan bakteri yang menumpuk di pori-pori hidung. 

  1. Menggunakan pore strip

Salah satu produk yang sudah cukup terkenal dan kerap digunakan dalam menghilangkan komedo, khususnya di bagian hidung adalah pore strip. Produk ini bekerja dengan menggunakan perekat khusus untuk merobek sel-sel kulit mati dan juga kotoran pada permukaan hidung Anda. Meskipun begitu, sebaiknya Anda lebih berhati-hati lagi terhadap penggunaan produk ini karena sifatnya cenderung lebih agresif untuk kulit. 

  1. Tidak melupakan eksfoliasi

Cara lainnya yang dapat mengangkat sisa-sisa kotoran penyebab komedo di hidung adalah dengan mengeksfoliasi kulit. Eksfoliasi dalam hal ini berperan aktif dalam pengelupasan kulit dan terdiri dari dua jenis yang bisa Anda pilih, yakni physical atau chemical exfoliator. Contoh dari physical exfoliator adalah penggunaan scrub yang dapat mengikis kotoran penyumbat pori-pori di wajah. Adapun chemical exfoliator dalam hal ini dapat masuk ke dalam kulit dan memecah sel kulit mati, minyak, dan kotoran yang menyumbat pori-pori menggunakan bahan-bahan aktif seperti AHA, BHA, dan PHA. 

  1. Menghindari produk mengandung minyak

Tidak hanya kotoran, minyak juga dapat menjadi salah satu hal yang menyumbat pori-pori Anda sehingga menyebabkan terjadinya komedo hitam. Untuk itu, agar minyak di wajah tidak berlebihan dan menyebabkan komedo, cobalah untuk menghindari produk kosmetik yang mengandung minyak. Sebaliknya, pilihlah produk-produk dengan label non-comedogenic, yang pada umumnya memiliki lebih sedikit minyak. 

  1. Mengatur pola makan

Siapa yang menyangka bahwa ternyata makanan yang dikonsumsi juga dapat sangat memengaruhi timbulnya komedo hitam di hidung. Hal ini adalah benar adanya, dan oleh karena itu sebaiknya jangan disepelekan. Makanan-makanan yang tinggi gula dan lemak, ataupun produk olahan susu merupakan jenis-jenis makanan yang harus dihindari dalam diet Anda karena dapat memicu timbulnya komedo. Sebaliknya, cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur yang baik untuk kesehatan.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menghilangkan komedo hitam di hidung yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain cara itu, cobalah untuk beristirahat dengan cukup dan menghindari stres berlebih yang dapat memicu produksi minyak dan meningkatkan risiko timbulnya komedo hitam di hidung. Anda juga bisa mengunjungi dokter spesialis kulit yang tentunya sudah lebih berpengalaman di bidangnya, untuk mengetahui perawatan estetika yang paling tepat untuk menangani permasalahan komedo Anda. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Ingin Wajah Bersih dan Cerah? Pelajari 5 Cara Menghilangkan Komedo!

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Cherney, Kristeen. 2020. 12 Ways to Get Rid of Blackheads. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-blackheads

Blair, Will. 2020. How to Get Rid of Blackheads. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/how-get-rid-blackheads

Felman, Adam. 2017. Everything you need to know about blackheads. https://www.medicalnewstoday.com/articles/71615

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang