Bantuan

Jangan Sampai Salah, Kenali Berbagai Jenis Masker dan Fungsinya bagi Kulit Wajah

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Feb 2022

Bagikan

fungsi dan jenis masker

Penggunaan masker untuk wajah seringkali disepelekan oleh banyak orang. Padahal, fungsi dari memakai masker secara rutin ini bisa membuat kulit wajah Anda menjadi lebih sehat dan terawat. Makanya, jangan sekali-sekali Anda meremehkan penggunaan masker untuk kulit wajah Anda. 

Usahakan untuk memilih masker yang sesuai dengan tipe kulit Anda. Pemakaian jenis masker wajah yang sesuai akan semakin memaksimalkan fungsinya di kulit wajah Anda. Supaya Anda tidak salah pilih masker wajah, Anda bisa simak pembahasan di bawah ini. 

Macam-macam Masker Wajah dan Fungsinya

Perawatan kulit bukan hanya dilakukan dengan mencuci wajah saja. Lebih dari itu, Anda juga harus mempertimbangkan perawatan lain seperti memakai facial mask untuk kulit Anda. Meski tidak wajib, tetapi pemakaian mask seperti ini sangat direkomendasikan jika Anda ingin mendapatkan hasil perawatan yang maksimal. 

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba jenis perawatan dengan menggunakan facial mask ini, mulailah dengan memilih jenis mask yang mau Anda pakai. Berikut ini adalah macam-macam jenis face mask yang bisa menjadi referensi buat Anda. 

1. Clay Mask

Facial mask jenis ini memiliki tekstur yang sedikit kental karena terbuat dari material tanah liat yang mengandung mineral. Sebelum dicampur dengan air, sebenarnya material clay ini memiliki tekstur yang kering. Ketika Anda mencampurnya dengan sedikit air, barulah teksturnya akan berubah menjadi kental dan agak lengket. 

Dengan karakteristik material yang seperti itu, mask berbahan clay ini cocok dipakai oleh Anda yang memiliki tipe kulit berminyak. Selain itu, jika Anda sedang mencari jenis mask untuk teknik deep-cleansing, maka clay mask menjadi pilihan yang tepat. 

2. Cream Mask

Bagaimana dengan jenis masker cream? Dari segi tekstur, cream mask memiliki karakteristik yang hampir sama dengan clay mask, yaitu sama-sama bertekstur kental. Namun, yang membedakan keduanya adalah dari segi fungsi dan materialnya. 

Cream mask terbuat dari campuran bahan-bahan alami yang sudah dihaluskan hingga menjadi cream. Makanya, mask ini sangat bagus untuk menutrisi kulit kering yang cenderung bersisik. Namun, bagi pemilik kulit wajah normal juga bisa memakai jenis mask ini untuk perawatan sehari-hari. 

3. Sheet Mask

Ini adalah jenis facial mask yang paling populer dipakai oleh banyak orang. Sheet mask memang gampang sekali dicari. Anda bisa menemukannya dimana-mana. Bahkan, di supermarket terdekat pun Anda menjual sheet mask seperti ini. 

Selain gampang dicari, sheet mask juga memiliki fungsi yang tak kalah unggul dari jenis facial mask yang lainnya. Dalam setiap helai sheet mask yang Anda pakai terkandung cairan serum yang kaya dengan nutrisi untuk kulit. Makanya, tipe facial mask seperti ini cocok dipakai oleh segala jenis kulit muka. 

4. Exfoliating Mask

Dari namanya saja Anda sudah bisa menebak apa fungsinya. Exfoliating mask memang berfungsi sebagai masker eksfoliasi yang bagus untuk meregenerasi sel-sel kulit mati pada wajah. Meski begitu, fungsi tersebut juga tidak menghilangkan fungsi lainnya seperti untuk menutrisi kulit wajah. 

Nutrisi yang biasanya terkandung dalam exfoliating mask adalah alpha hydroxy acid, beta hydroxy acid, serum, lotion, salicylic acid, dan masih banyak lagi. Seluruh bahan ini bisa menstimulasi produksi kolagen di kulit wajah Anda. 

5. Gel Mask

Apabila kulit wajah Anda membutuhkan sedikit TLC, maka gel mask bisa menjadi solusi yang tepat buat masalah kulit Anda. Gel mask memiliki tekstur yang lembut dan sedikit lengket. Namun, tekstur facial mask seperti inilah yang dibutuhkan oleh tipe kulit wajah yang kering dan sensitif. 

Ketika mau menggunakan gel mask, sebaiknya digunakan setelah selesai beraktivitas. Waktu paling bagus untuk memakai gel mask adalah sebelum tidur malam. Dengan begitu, gel tersebut akan lebih menyerap dan menutrisi ke dalam pori-pori wajah. 

Itulah pembahasan singkat tentang macam-macam masker beserta fungsinya untuk kulit wajah Anda. Semoga dengan artikel ini Anda memiliki referensi untuk memilih jenis facial mask yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Cari Kandungan Ini pada Produk Masker Jerawat yang Anda Pilih!

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

O'Connell, Lauren. 2020. 12 different types of face masks for every skin concern

https://www.cosmopolitanme.com/beauty/the-low-down-on-all-the-different-face-masks 

Watson, Kathryn. 2020. 10 Facial Masks Based on Skin Types and Goals.

https://www.healthline.com/health/best-skin-care-face-mask#vegan-friendly

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang