Bantuan

Mengapa Harus Memilih Serum yang Mengandung Niacinamide?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 14 Jun 2022

Bagikan

Mengapa Harus Memilih Serum yang Mengandung Niacinamide?

Mengapa harus menggunakan serum yang mengandung niacinamide? Banyak cara dilakukan untuk kulit wajah menjadi sehat, mulai dari perawatan dokter sampai menggunakan produk skincare wajah. Salah satu produk skincare yang sekarang ini sedang populer adalah serum dengan kandungan niacinamide.

Serum itu sendiri merupakan larutan gel dengan warna jernih, bebas minyak, dan memiliki tekstur ringan. Dapat dikatakan bahwa serum merupakan pelembab namun dengan tekstur yang lebih ringan.

Akan tetapi, yang membedakannya adalah serum mempunyai konsentrasi yang lebih tinggi sehingga cairan serum dapat meresap atau menembus ke bagian dalam kulit. Dengan lebih mudah, cepat, dan juga merata daripada menggunakan pelembab biasa. 

Sedangkan niacinamide, yakni kandungan zat yang merupakan salah satu bentuk dari vitamin B3. Tentu saja niacinamide ini mempunyai manfaat, yaitu seperti mengecilkan pori-pori, mengatasi masalah jerawat, dan juga mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus.

Baca juga: Mengenal Seluk-Beluk Manfaat Serum Berdasarkan Jenis-jenisnya



Alasan Memilih Serum yang Mengandung Niacinamide

Sekarang ini Anda dapat dengan mudah menemukan serum yang mengandung niacinamide. Namun, apa sebenarnya yang menjadi alasan untuk Anda menggunakan serum dengan kandungan zat niacinamide ini? Simak beberapa poin penting dibawah ini:

1. Membantu lembapkan kulit

Salah satu alasan mengapa Anda harus memilih serum dengan kandungan niacinamide ini adalah efeknya yang bisa menghaluskan dan juga melembabkan kulit wajah. Saat mengoleskannya ke kulit wajah, maka produk skincare serum dengan kandungan niacinamide ini akan bantu mengurangi peradangan di kulit wajah anda. 

2. Mengatasi masalah jerawat

Dengan menggunakan serum yang mengandung niacinamide, maka masalah jerawat yang anda alami akan teratasi. Hal ini karena kandungan niacinamide pada serum akan bantu atasi eksim, jerawat, dan juga rosacea. Rosacea merupakan penyakit kulit umum yang mana mengakibatkan hidung dan wajah menjadi kemerahan sedangkan eksim adalah gangguan di kulit dengan tanda kulit yang gatal, kering, dan juga munculnya ruam merah. 

3. Menyamarkan noda hitam

Diketahui dari sebuah penelitian bahwa kandungan dari niacinamide dengan kadar 5 persen, bisa membantu cerahkan kulit. Hal ini wajar saja karena serum yang mengandung niacinamide akan memacu produksi kolagen pada kulit sehingga noda hitam bekas jerawat pada kulit wajah pun akan menjadi tersamarkan. Perlu Anda garis bawahi bahwa manfaat ini tidak dapat Anda peroleh dengan instan. 

4. Mengurangi keriput

Jika kulit wajah Anda mulai mengalami keriput atau garis halus, maka anda dapat mencoba serum yang mengandung niacinamide. Hal ini karena adanya sebuah studi yang mana menunjukkan bahwa penggunaan produk perawatan kecantikan, yang mengandung niacinamide dengan kadar 5 persen, akan bantu mengurangi tanda penuaan, yakni seperti keriput dan garis halus. 

Sedikit tips untuk Anda yang ingin menggunakan produk skincare niacinamide bagi anda yang memiliki kondisi kulit sensitif adalah untuk memilih kandungan niacinamide yang kadarnya lebih rendah. Di mana sebenarnya kadar niacinamide sebesar 2 persen, telah mampu atasi permasalahan kulit wajah sedangkan kulit normal dapat memilih kadar niacinamide sebesar 5 persen. Jika ingin mendapatkan manfaat niacinamide berupa menyamarkan noda hitam. 

 

Efek samping

Dengan mengetahui alasan mengapa harus menggunakan serum niacinamide, maka Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan serum ini. Meskipun begitu, kandungan niacinamide juga ada yang perlu anda waspadai. Pada dasarnya produk skincare dengan kandungan niacinamide aman untuk anda gunakan. Namun, jika anda memiliki kulit yang alergi atau sensitif, maka sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan produk skincare niacinamide. 

Sebelum anda menggunakan niacinamide ke kulit wajah, maka sangat disarankan untuk mencoba tes alergi terlebih dulu. Mudah saja, Anda hanya perlu mengoleskan sedikit produk skincare niacinamide ke lengan. Kemudian, tunggulah selama 24 jam, walau mungkin terasa lama namun ini penting untuk dilakukan. Guna mencegah terjadinya alergi, atau kulit wajah yang menjadi rusak. 

Ketika kulit wajah Anda terasa bengkak, kemerahan, atau gatal maka segera hentikan penggunaan niacinamide tersebut. Apabila Anda merasa tidak timbul reaksi apapun selama 24 jam, kemudian penggunaan niacinamide bisa dilanjutkan ke wajah. Jika masalah kulit tak kunjung bisa diatasi, sudah sebaiknya anda melakukan konsultasi dengan dokter kulit.

Baca juga: Melihat Manfaat Niacinamide yang Sering Digunakan sebagai Bahan Skincare

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Referensi

https://www.health.harvard.edu/blog/skin-serum-what-it-can-and-cant-do-2018061214029

https://my.clevelandclinic.org/health/articles/10980-understanding-the-ingredients-in-skin-care-products

https://www.aocd.org/page/Retinoidstopical

https://ww5.komen.org/BreastCancer/Niacinamide/

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/niacinamide

https://www.healthline.com/nutrition/niacinamide

https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1534/niacinamide

Bagikan artikel ini