Bantuan

Disebut Dapat Mengeluarkan Energi Negatif, Crystal Healing Adalah

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 20 Jun 2022

Bagikan

Dapat Mengeluarkan Energi Negatif, Crystal Healing Adalah

Crystal healing adalah kristal yang diyakini dapat menyembuhkan beragam penyakit. Batu kristal ini telah lama digunakan, bahkan ribuan tahun lamanya. Mesir Kuno disebutkan adalah orang yang pertama kali menggunakan batu kristal. Sebenarnya tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa crystal healing dapat menyembuhkan ragam penyakit. Bukan hanya itu, tidak ada studi ilmiah yang menunjukkan bahwa kristal dan permata bisa dibedakan dari komposisi dan warna guna menyembuhkan penyakit tertentu. Walaupun begitu, crystal healing tetap memiliki kepopuleran di kalangan pecinta kecantikan. Di klinik dan spa kesehatan, metode penyembuhan ini masih dimasukkan ke dalam praktik relaksasi dan pijat. Disebutkan bahwa penggunaan kristal di lingkungan tersebut mampu membantu menginduksi relaksasi. Walau, efek tersebut tidaklah didukung dengan bukti ilmiah apapun.

 

Ragam Crystal Healing dan Manfaatnya

Terdapat beberapa jenis kristal yang dipercaya mempunyai kemampuan penyembuhan untuk tubuh, jiwa, dan pikiran. Dimana beberapa jenis kristal tersebut diyakini dapat meningkatkan aliran energi yang baik. Bukan hanya itu, juga diyakini dapat bantu membersihkan tubuh serta pikiran dari energi negatif yang merugikan tubuh. Beberapa ragam crystal healing adalah sebagai berikut:

  1. Kuarsa bening

Kuarsa bening crystal healing adalah jenis yang memiliki warna putih dengan kegunaan memperkuat energi. Kristal bening ini akan menyerap, melepaskan, mengatur, dan menyimpan energi, yang mana disebut dapat membantu memori dan juga konsentrasi. Jenis kristal ini juga diklaim bisa membantu memicu sistem daya tahan tubuh serta menyeimbangkan tubuh Anda. Kuarsa bening sering kali dipasangkan dengan jenis lain guna membantu serta meningkatkan keefektifan kristal itu sendiri. 

  1. Citrine

Kristal citrine dapat membawa kegembiraan, antusiasme, dan juga keajaiban pada setiap kehidupan Anda. Citrine dapat menghilangkan sifat negatif seperti rasa takut, dan akan mendorong kehangatan, motivasi, optimisme, dan juga kejelasan. Bahkan, citrine menjadi kristal yang mampu meningkatkan kreativitas serta konsentrasi. 

  1. Kuarsa mawar

Kuarsa mawar crystal healing adalah jenis dengan warna merah muda yang biasa berkaitan dengan cinta. Kuarsa mawar dipercaya bisa membantu memulihkan kepercayaan serta harmoni dalam semua jenis hubungan. Bahkan, kuarsa mawar diklaim bisa membantu memberi kenyamanan dan juga ketenangan ketika dalam masa berduka.

  1. Rubi

Rubi memiliki warna merah yang dominan dan menonjol, yang mana dapat membantu memulihkan tingkat energi dan vitalitas. Rubi juga mampu meningkatkan hal seperti seks, kecerdasan, dan juga sensualitas. Rubi akan membawa kesadaran diri serta realisasi kebenaran ke dalam pikiran. Dulu kala, rubi digunakan untuk meningkatkan sistem peredaran darah serta menghilangkan racun dari darah.  

  1. Jasper

Jasper crystal healing adalah kristal yang juga dikenal sebagai pengasuh tertinggi. Jasper dapat membuat Anda yang sedang mengalami stres, untuk selalu semangat  dan melewati masalah. Jenis kristal ini disebut dapat melindungi Anda dan juga menyerap energi negatif sambil meningkatkan pemikiran cepat, kepercayaan diri, dan juga keberanian. Hal ini tentu saja menjadi penting untuk menangani masalah yang mungkin sedang anda hadapi. 

  1. Obsidian

Obsidian merupakan batu yang sangat protektif, yang mana disebut juga dapat membantu membentuk perisai terhadap kenegatifan emosional ataupun fisik. Hal tersebut juga untuk membantu menghilangkan penyumbatan emosional serta meningkatkan kualitas kejelasan, kasih sayang, dan kekuatan. Semua itu berguna dalam menemukan bagaimana rasa diri Anda yang sebenarnya. Selain  itu, obsidian crystal healing adalah kristal yang dipercaya dapat membantu pencernaan serta mendetoks. Ternyata tak sampai disitu, jenis kristal ini juga bisa membantu mengurangi kram dan rasa sakit. 

  1. Safir

Jenis kristal ini mampu membantu menyembuhkan masalah mata, kecemasan, insomnia, gangguan darah, serta meredakan depresi. Bukan hanya itu, kristal safir juga dikatakan mampu menarik kemakmuran, kedamaian, kebahagiaan, dan juga membuka pikiran dalam menerima intuisi serta keindahan.

Beberapa jenis kristal lainnya adalah batu darah, pirus, mata harimau, batu bulan, dan kecubung. Dimana tiap kristal tersebut juga memiliki manfaat yang berbeda untuk tubuh. Perlu Anda ingat kembali bahwa tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim manfaat dari crystal healing yang disebutkan di atas. Oleh karena itu, dimohon kebijaksanaan Anda sendiri dalam penggunaan batu kristal sebagai pengobatan.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.


Baca juga: Mengetahui Manfaat Tamanu Oil Untuk Kecantikan

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

https://www.healthline.com/health/mental-health/guide-to-healing-crystals

https://www.livescience.com/40347-crystal-healing.html

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang