Merupakan Pusat Semua Organel, Apa Sebenarnya Fungsi Nukleus?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 03 Jan 2022

Bagikan

Merupakan Pusat Semua Organel, Apa Sebenarnya Fungsi Nukleus?

Salah satu fungsi nukleus adalah pusat kontrol aktivitas sel. Nukleus itu sendiri merupakan organel dalam sel, yang mana sering kali disebut sebagai inti sel. Apa itu organel? Merupakan organ-organ yang terdapat di dalam sel tubuh manusia. Nukleus memiliki bentuk organel yang bulat dan ukurannya pun cukup besar, yang mana di bagian luar dikelilingi membran atau lapisan pelindung. 

Fungsi nukleus dan masing-masing dari bagiannya mempunyai peran yang krusial atau sangat penting guna kelangsungan hidup manusia dan organisme yang lainnya. Oleh karena itu, apabila salah satu fungsi nukleus terganggu akan mengakibatkan sel tidak dapat bertahan. Dimana pada akhirnya sel tersebut akan mengalami kerusakan, hal inilah yang menjadi penyebab terjadinya penyakit dalam tubuh Anda. 

Baca Juga: Mari Ketahui Fungsi Ginjal, Salah Satu Organ Penting dalam Tubuh

Fungsi Nukleus 

Inti sel atau nukleus ini tentu mempunyai peran penting untuk tubuh manusia terutama dalam kerja sel. Hal ini bukan tanpa alasan, karena pada nukleuslah sel yang menyimpan materi genetik manusia. Fungsi nukleus yang penting yakni dalam aktivitas sel, seperti pembelahan sel dan sintesis protein. Nukleus itu sendiri terdiri dari beberapa bagian yakni amplop nukleus, lamina nukleus, kromosom, nukleus, nukleoplasma, dan beberapa bagian penting lainnya. Semua bagian penting ini bekerjasama supaya fungsi nuklues dapat berjalan dengan baik. Dibawah ini adalah beberapa fungsi nukleus yang penting untuk Anda ketahui: 

  • Guna memproduksi kromosom

  • Mengatur atau mengontrol informasi genetik didalam sel, agar tiap organisme mempunyai ciri khas masing-masing.

  • Mengatur terjadinya proses transkripsi mRNA jadi protein.

  • Mengatur dan mengontrol pertumbuhan dan pembelahan sel, sintesis protein, dan juga enzim.

  • Menjadi tempat penyimpanan ribosom, RNA, dan DNA. 

Sebenarnya fungsi nukleus ini memiliki peran yang hampir sama seperti otak manusia. Dimana organel sel mempunyai peran sebagai pusat aktivitas, supaya sel-sel dalam tubuh dapat bekerja dengan baik. Nukleus terletak pada bagian tengah sel, yang mana ukurannya cukup besar sebab menyumbang 10 persen volume sel. Pada makhluk hidup seperti jamur lendir, mempunyai lebih dari satu nukleus. Nukleus dengan jumlah yang lebih dari satu bisa Anda sebut sebagai nuklei. Sementara itu, di tubuh manusia sendiri tiap sel hanya mempunyai satu inti sel. 

Baca Juga: Tidak Kalah Penting, Ini Fungsi Kulit Bagi Tubuh Manusia

Bagian-Bagian Nukleus

Dibawah ini beberapa bagian penting untuk menjalakan fungsi nukleus:

  1. Amplop Nukleus

Bagian amplop nukleus menjadi bagian terluar dari inti sel, yang mana mengelilingi semua bagian luar. Amplop nuklir ini mempunyai dua lapis yakni lapisan dan lapisan luar. Bagian nukleus ini mempunyai pori-pori dengan ukuran sekitar 100 nanometer, dimana memiliki fungsi sebagai jalan keluar dan masuk molekul. 

  1. Lamina Nukleus

Bagian nukleus satu ini merupakan lapisan bawah amplop nukleus yang mana memiliki bentuk seperti jaring. Lapisan tersebut terbentuk dari protein lamin, dengan fungsi guna mendukung struktur amplop nukleus. Serta memastikan agar struktur inti tetap kokoh dan kuat. Bagian inti sel ini juga memiliki protein lain, yang mana akan membantu bekerja sama dengan lapisan amplop nukleus. Bagian lamina nukleus ini juga akan bekerjasama dengan protein guna mengatur materi genetik dalam inti sel. Sehingga bagian lamina ini dapat bekerja lebih efisien. 

  1. Kromosom

Selanjutnya adalah DNA di nukleus yang mana akan menjadi satu unit, biasa disebut sebagai kromosom. Setiap nukleus ini memiliki kandungan 46 kromosom, yang mana berisikan protein. Gabungan DNA dan protein didalam kromosom ini dinamakan sebagai kromatin. DNA dalam kromosom memiliki fungsi untuk menyimpan informasi yang menjadi ciri khas setiap individu, yakni seperti warna mata, tinggi badan, rambut, dan lainnya. Bagian dari nukleus ini juga memiliki fungsi guna menyimpan informasi dan petunjuk perkembangan makhluk hidup, reproduksi, dan pembelahan sel. 

  1. Nukleolus

Nukleolus ini menjadi bagian dari inti sel yang mana memiliki bentuk padat dan tidak memiliki lapisan pelindung. Nukleolus berisikan protein dan RNA, dengan fungsi mengatur ribosom. Ketika proses pembelahan sel terjadi, maka bagian ini akan menghilang. Akan tetapi, jika proses sudah selesai kemudian bagian nukleolus ini akan kembali terbentuk seperti semula. 

Itulah tadi fungsi nukleus dan bagian yang ada didalamnya, yang mana memiliki peran sangat penting untuk tubuh tiap organisme. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Referensi
  1. https://www.healthline.com/health/functions-of-the-muscular-system
  2. https://open.oregonstate.education/aandp/chapter/10-7-smooth-muscle-tissue/
  3. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK526125/
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi