Bantuan

Membuat Penderitanya Tidak Nyaman, Ini Dia Penyebab Sering Beser

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 29 Mar 2022

Bagikan

penyebab sering beser

Apakah Anda tahu apa penyebab sering beser? Intensitas buang air kecil setiap orang bervariasi. Pada beberapa orang, buang air kecil sepuluh kali dalam sehari masih terhitung wajar, akan tetapi, apabila Anda buang air kecil terlalu sering atau sering disebut beser mungkin karena disebabkan oleh beberapa faktor tertentu. 

Penyebab sering beser

Lalu apa yang menyebabkan Anda sering buang air kecil? Pada dasarnya, ada banyak penyebabnya, mulai dari minum air terlalu banyak hingga kondisi penyakit tertentu. Untuk lebih jelasnya, Anda perlu menyimak penjelasan di bawah ini. 

  1. Minum air terlalu banyak

Penyebab sering beser yang pertama tentu saja karena minum air terlalu banyak. Pada dasarnya, mengonsumsi air putih merupakan hal yang baik dan diperlukan oleh tubuh. Akan tetapi, mengonsumsi air terlalu banyak justru membuat Anda sering buang air kecil. Kondisi ini terjadi karena ginjal akan berusaha mengeluarkan cairan berlebih agar keseimbangan elektrolit dalam tubuh tetap terjaga. Jadi, Anda cukup mengonsumsi 8 gelas sehari karena dalam makanan dan minuman yang Anda konsumsi sudah mengandung cairan. 

  1. Kehamilan

Penyebab sering beser selanjutnya mungkin saja karena kehamilan. Salah satu ciri-ciri hamil yaitu sering buang air kecil. Hal ini karena semakin bertambahnya usia kehamilan, maka rahim akan mengalami pertumbuhan. Oleh karena itu, dengan membesarnya rahim tersebut, maka kandung kemih akan tertekan. Kondisi inilah yang membuat ibu hamil sering mengalami buang air kecil dalam intensitas yang tinggi. 

  1. Efek obat-obatan

Apakah Anda mengonsumsi obat-obatan diuretik? Jika iya, maka wajar saja mengalami buang air kecil yang sering. Obat diuretik itu sendiri merupakan obat yang digunakan untuk membuang cairan berlebih dari dalam tubuh melalui urine. Pada umumnya, obat ini diberikan kepada para pasien gagal jantung dan juga hipertensi yang sering terjadi penumpukan cairan di dalam tubuh, 

  1. Infeksi kandung kemih

Buang air kecil dalam intensitas yang tinggi bisa saja disebabkan karena kondisi sering, salah satunya yaitu infeksi kandung kemih. Hal ini karena, ketika Anda mengalami infeksi kandung kemih, maka kandung kemih tidak mampu menampung urine dengan normal. Pada akhirnya, kandung kemih cepat penuh dan Anda akan sering buang air kecil. Gejala lainnya yaitu nyeri ketika buang air kecil dan urine akan berwarna kemerahan. 

  1. Diabetes

Penyebab Anda sering beser yang selanjutnya yaitu diabetes. Hal ini karena, penderita diabetes memiliki kadar gula darah yang tinggi. Kondisi ini membuat ginjal akan bekerja keras untuk menyaring darah dan menyerap gula yang diperlukan oleh tubuh. Seiring bertambahnya waktu, ginjal akan mulai kesulitan menyaring darah sehingga gula akan ikut keluar bersamaan dengan urine. Kandungan gula dalam urine ini akan menarik lebih banyak cairan sehingga urine yang terbentuk pun lebih banyak. 

  1. Infeksi ginjal

Kondisi serius lainnya yang menyebabkan Anda sering buang air kecil yaitu infeksi ginjal. Pada umumnya, infeksi ginjal ini terjadi karena adanya infeksi kandung kemih. Beberapa gejala yang dialami oleh penderita infeksi ginjal yaitu demam, nyeri punggung, sensasi terbakar saat buang air kecil, dan juga sering buang air kecil. Jadi, ketika Anda mengalami sering buang air kecil dan beberapa gejala tersebut, segeralah untuk memeriksakannya ke dokter. 

  1. Gangguan kelenjar prostat

Selain beberapa penyebab di atas, sering beser juga bisa diakibat oleh adanya pembesaran prostat yang menekan uretra atau saluran kemih. Hal ini kemudian menjadikan dinding kemih lebih sensitif dan mudah berkontraksi bahkan meskipun urine yang ada hanya sedikit. Hal inilah yang kemudian menyebabkan Anda mudah sekali merasa ingin buang air kecil.

  1. Kehamilan

Penyebab sering beser yang terakhir ini sebenarnya merupakan hal normal yang tidak perlu Anda khawatirkan. Selama masa kehamilan khususnya pada trimester pertama, wanita akan cenderung lebih sering merasa ingin buang air kecil. Hal ini pada dasarnya terjadi karena adanya tekanan pada kandung kemih akibat perkembangan uterus. 

Nah itulah dia penjelasan mengenai penyebab beser yang sering menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Apabila kebiasaan sering beser ini disebabkan oleh adanya gangguan kesehatan sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan sesegera mungkin. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Sulit Buang Air Besar? Ini Penyebab Feses Keras dan Cara Menanganinya

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Paddock, Catharine. 2021. Why do I have to pee all the time?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/70782

Dunkin, Minesh. 2021. Frequent Urination: Causes and Treatments. https://www.webmd.com/urinary-incontinence-oab/frequent-urination-causes-and-treatments

Cleveland Clinic. 2019. Urination: Frequent Urination. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15533-urination--frequent-urination

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang