Menyebabkan Bunyi 'hyik' Berulang, Ini Penyebab Cegukan yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Dec 2021

Bagikan

6 Penyebab Cegukan yang Terlihat Sepele

Apakah Anda tahu apa saja penyebab cegukan dapat terjadi? Cegukan itu sendiri adalah kondisi di mana penderitnya akan mengeluarkan bunyi “hyik” tanpa disengaja. Kondis ini pada umumnya hanya akan berlangsung beberapa detik saja kemudia hilang. Akan tetapi pada beberapa kasus, cegukan dapat terjadi lebih dari 48 jam.

Apabila cegukan berlangsung lama walaupun setelah pengobatan yang Anda lakukan maka segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui apa saja penyebab cegukan dapat terjadi agar dapat menghindarinya. 

Penyebab Cegukan

Cegukan dapat terjadi karena otot yang memisahkan dada dan perut atau diafragma mengalami kontraksi tanpa disengaja. Kondisi ini dapat terjadi secara tiba-tiba tidak dapat dikendalikan. Selain itu, kontraksi akan menyebabkan udara dari luar paru-paru masuk  dengan cepat. Oleh karena itu, katup epiglotis yang berada tepat di belakang lidah akan segera menutup demi menghalangi benda asing yang ikut terhisap ke paru-paru. 

Ada beberapa faktor yang memicu terjadinya kontrasi pada diafragma seperti makan yang terlalu dan lainnya. Lalu apa saja penyebab cegukan yang lainnya? simak terus penjelasan mengenai penyebab cegukan di bawah ini. 

  1. Makan Terlalu Cepat

Penyebab cegukan yang Anda alami bisa saja disebabkan karena makan terlalu cepat. Mengapa bisa terjadi seperti itu? Hal ini dapat terjadi karena saat Anda makan terlalu banyak, akan menyebabkan perut menjadi besar sehingga dapat  mendorong diafragma yang pada akhirnya berkontraksi. Selain itu, ketika Anda makan terlalu cepat maka akan banyak udara yang ikut masuk ketika Anda menelan. 

  1. Makanan Tertentu

Selain makan yang terlalu cepat, cegukan juga dapat disebabkan oleh beberapa makanan tertentu. Beberapa makanan bisa menyebabkan  cegukan tersebut di antaranya yaitu makanan kering seperti roti dan makanan yang terlalu pedas.  Tidak berhenti di situ saja, mengonsumsi makanan kering dapat menyebakan lapisan kerongkongan terluka akan lebih sulit ditelan. Pada akhirnya hal ini akan merangsang sejumlah saraf di kerongkongan yang akhirnya memicu kontraksi. 

  1. Perubahan Suhu Mendadak

Tahukan Anda, perubahan susu yang mendadak, ternyata dapat menyebabkan terjadinya cegukan. Hal ini terjadi ketika Anda mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki suhu yang tidak normal seperti suhu terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Kondisi ini menyebakkan saraf di kerongkongan dan diafragma untuk berkontraksi. Tidak hanya suhu dari makanan dan minuman yang menyebabkan cegukan, perubahan suhu lingkungan yang terlalu drastis juga dapat menyebabkan cegukan. 

  1. Pasca Operasi

Penyebab cegukan yang selanjutnya, yaitu dikarenkanan pasca operasi. Salah satu prosedur yang memicu cegukan yaitu kolektomi atau operasi mengangkat sebagian atau seluruh organ usus besar. Tidak hanya itu, penggunaan obat bius atau anestesi saat operasi juga bisa memicu terjadinya cegukan. Akan tetapi hingga saat ini belum dapat dipastikan yang menjadi penyebab cegukan, yaitu anestesi ataukah prosedur operasinya. 

  1. Gangguan Saluran Pencernaan

Mungkin beberapa dari Anda tidak percaya bahwa cegukan bisa disebabkan oleh gangguan saluran pencernaan. Namun pada faktanya, gangguan saluran pencernaan juga dapat menyebabkan munculnya cegukan. Oleh karena itu, apabila Anda mengalami gangguan pencernaan maka kemungkinan mengalami cegukan akan semakin besar. Beberapa masalah pada saluran pencernaan, yaitu usus buntu, tukak lambung, tumor pada perut, dan hernia diafragmatika. 

  1. Kanker

Penyebab cegukan yang perlu Anda waspadai terakhir, yaitu kanker. Pasalnya, gejala cegukan banyak ditemukan pada pasien pengidap kanker yang menjalani pengobatan kemoterapi maupun yang menerima obat pereda nyeri. Tidak hanya itu, sel kanker yang ada di dalam tubuh juga dipercaya dapat mendorong diafragma sehingga mengalami kontraksi dan menyebabkan cegukan. 

Mungkin cukup sekian dulu pembahasan mengenai penyebab cegukan yang perlu Anda ketahui. Berdarakan informasi yang telah di atas, ternyata penyebab cegukan bisa saja disebabkan hal yang sepele, tetapi juga bisa disebabkan oleh kondisi yang sangat serius. Oleh karena itu apabila Anda mengalami cegukan yang terus menerus terutama dalam waktu yang lama sebaiknya segeralah untuk berkonsultasi dengan  dokter untuk megetahui penyebabnya 

Biasanya penanganan cegukan yang berkepanjangan akan dilakukan dengan pemberian beberapa obat-obatan. Apabila penangan obat tidak dapat mengatasinya maka akan diberikan rangsangan listrik pada saraf yang ada di sekitar leher. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Bunda Perlu Tahu, Ini Dia Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

 

Sumber:

Better Health. Hiccups. 

 

Mayo Clinic. Hiccups

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi