Bantuan
Free Tele x

Bunda Perlu Tahu, Ini Dia Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Nov 2021

Bagikan

Bunda Perlu Tahu, Ini Dia Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

Sudahkah Bunda tahu bagaimana cara mengatasi cegukan pada bayi? Mungkin beberapa dari Anda menganggap cegukan hanya dapat terjadi pada orang dewasa saja. Oleh karena itu, ketika bayi mengalami cegukan akan merasa khawatir dan bingung. Namun kenyataannya, cegukan juga dapat terjadi pada bayi.

Namun Bunda tidak perlu khawatir, karena cegukan bukanlah kondisi yang berbahaya. Tidak hanya itu, bayi yang mengalami cegukan juga bisa menjadi pertanda bahwa pertumbuhannya berjalan normal. Walaupun begitu, tetap saja kondisi ini mungkin membuat Anda tetap khawatir. 

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Lantas bagaimana cara mengatasi cegukan pada bayi? Anda bisa melakukan beberapa cara mengatasi cegukan pada bayi seperti menempatkannya di tempat yang hangat hingga memberinya sesuatu untuk dihisap. Di bawah ini akan dijelaskan lebih detail mengenai cara mengatasi cegukan pada bayi. 

  1. Tempatkan Bayi di Tempat Hangat

Cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi cegukan pada bayi yang pertama, yaitu menempatkan bayi pada tempat yang hangat. Oleh karena itu, Anda perlu menghindari membawa bayi ke tempat yang agak dingin atau ber-AC. Sebaiknya bunda membawa bayi ke tempat yang lembab dan hangat. Pasalnya, salah satu penyebab cegukan pada bayi, yaitu karena suhu udara yang berubah menjadi dingin. 

  1. Memberikan ASI

Memberikan ASI merupakan cara mengatasi cegukan pada bayi yang bisa Bunda lakukan selanjutnya. Pasalnya, menyusui dapat membuat diafragma bayi menjadi lebih rileks. Selain itu, biarkan bayi bersendawa setelah menyusui. Hal ini bertujuan untuk memberikan ruang bagi udara yang terperangkap di dalam perut bayi. Udara yang terperangkap ini merupakan salah satu penyebab bayi mengalami cegukan. 

Baca Juga: Pentingnya Mengetahui Kebutuhan Minum Bayi berdasarkan Berat Badan!

  1. Menepuk Punggung Bayi

Cara mengatasi cegukan pada bayi yang lainnya, yaitu dengan menepuk punggung bayi. Cara melakukannya, yaitu dengan memposisikan bayi seperti berdiri lalu letakkan kepala bayi pada pundak Anda. Setelah itu tepuklah punggung bayi dengan perlahan dan lembut hingga bersendawa. Selain itu, Anda juga bisa mengayunkan bayi ke depan dan kebelakang untuk membantunya lebih rileks sehingga cegukan dapat teratasi. 

  1. Memeluk Bayi

Selain menepuk punggung bayi, Bunda juga bisa mengatasi cegukan pada bayi dengan cara memeluknya. Hal ini karena memeluk dapat memberikan ketenangan pada tubuh bayi ketika mengalami cegukan yang mengganggu. Lakukan hal ini cukup beberapa menit saja, setelah itu biasanya bayi akan kembali normal dan cegukan pun dapat teratasi. 

  1. Mengatur Posisi Menyusui

Posisi saat menyusui ternyata berpengaruh pada cegukan yang dialami oleh bayi. Pasalnya, saat menyusui udara juga dapat masuk ke dalam mulut bayi yang bisa menyebabkan terjadinya cegukan. Posisi menyusui yang benar, yaitu dengan menempatkan puting dan areola masuk ke dalam mulut  bayi. Selain dapat mengatasi cegukan ataupun  mencegah cegukan, posisi ini juga dapat membantu bayi menerima ASI dengan lebih baik. 

  1. Memberikan Makan Secara Perlahan

Buru-buru makan dan menelan juga dapat menyebabkan munculnya cegukan. Apabila bayi Anda sudah mengonsumsi makanan pendamping ASI maka sebaiknya berikan secara perlahan sedikit demi sedikit. Hal ini bertujuan untuk  mencegah bayi makan secara terburu-buru. Oleh karena itu, untuk dapat mengatasi cegukan  pada bayi, Bunda perlu memberinya makan secara perlahan. 

  1. Berikan Sesuatu untuk Hisap

Cara yang bisa Anda lakukan terakhir untuk mengatasi cegukan pada bayi, yaitu dengan memberikan sesuatu yang dapat dihisap seperti puting ibu atau dot. Pasalnya cara ini dapat  membantu mengendurkan diafragma sehingga dapat menghentikan cegukan. Selain itu, memberikan sesuatu yang dapat dihisap pada bayi juga dapat merangsang sendawa untuk mengeluarkan udara di dalam perut. 

Nah, itulah dia beberapa cara mengatasi cegukan pada bayi yang bisa Bunda lakukan. Pada dasarnya, cegukan pada bayi dapat hilang dengan sendirinya, tetapi mungkin cegukan juga dapat berlangsung lama. Selain itu, apabila bayi Anak mengalami cegukan yang disertai muntah maka sebaiknya segeralah membawanya ke dokter. Kondisi seperti ini dapat menandakan telah terjadinya masalah pada pencernaan bayi. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

Burgess, Lana. 2021. How to stop hiccups in newborns. 

Wells, Diana. 2020. How Can I Cure My Newborn’s Hiccups?.

Tag :
Bagikan artikel ini