Mengetahui Ciri-Ciri Mata Katarak Dan Beragam Jenisnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Dec 2021

Bagikan

Mengetahui Ciri-Ciri Mata Katarak Dan Beragam Jenisnya

Apakah Anda tahu apa saja ciri-ciri mata katarak dan beragam jenisnya? Katarak merupakan gangguan penglihatan yang membuat lensa mata menjadi berawan dan keruh. Selain itu, gangguan penglihatan mata ini terjadi karena faktor usia yang semakin menua. Oleh karena itu, mulailah kenali ciri-ciri katarak sedini mungkin, karena katarak dapat menyebabkan kebutaan jika tidak ditangani dengan benar. 

Ciri-Ciri Mata Katarak

Lalu apa saja ciri-ciri mata katarak tersebut? Berikut ini akan dijelaskan beberapa ciri-ciri mata katarak yang perlu Anda perhatikan. 

  1. Sensitif Terhadap Cahaya

Ciri-ciri mata katarak yang pertama yaitu sensitif terhadap cahaya. Ketika Anda mengalami katarak, maka mata akan merasa silau apabila melihat ke sumber cahaya seperti menatap lampu kendaraan dari arah yang berlawan saat mengemudi. Mata silau ini kemudian akan menyebabkan mata menjadi sakit.  

  1. Mata Berkabut

Anda juga akan merasa pandangan menjadi kabur atau samar-samar seperti melihat sesuatu dari balik kaca yang tebal dan buram. Ciri-ciri mata katarak yang satu ini akan semakin parah jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama. 

  1. Pandangan Menjadi Kuning

Tidak hanya membuat pandangan menjadi buram, katarak juga akan menyebabkan pandangan menjadi kuning. Hal ini disebabkan karena adanya gumpalan protein pada lensa mata yang berubah menjadi kuning atau coklat. Kondisi ini membuat penderita mata katarak akan sulit membedakan warna-warna. 

  1. Penglihatan Ganda

Ciri-ciri mata katarak yang selanjutnya yaitu penglihatan ganda. Hal ini dapat terjadi karena lensa mata yang berawan menyebabkan cahaya menyebar ke berbagai arah. Cahaya yang menyebar ini menyebabkan Anda akan melihat dua objek bahkan lebih. 

  1. Melihat Lingkaran Cahaya

Ciri-ciri mata katarak yang terakhir yaitu melihat lingkaran cahaya. Kondisi ini disebabkan karena difraksi atau menyebarnya cahaya yang masuk ke dalam mata. Umumnya, penderita katarak akan melihat cincin cahaya dengan berbagai warna, sehingga sulit beraktivitas.

Baca Juga: Cara Untuk Menghindari Katarak pada Lansia

Jenis Katarak

Tahukah Anda, ternyata katarak tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Berikut ini akan dijelaskan berbagai jenis katarak yang perlu Anda ketahui. 

  1. Katarak Senilis

Jenis katarak yang perlu Anda ketahui pertama yaitu katarak senilis. Jenis ini merupakan katarak yang disebabkan oleh bertambahnya usia dan paling umum ditemui. Penyebab utama katarak senilis yaitu karena kerusakan protein pada lensa mata. Terdapat beberapa tingkatan pada katarak senilis yaitu katarak imatur, katarak matur, katarak hipermatur, dan katarak morgagni. Berbagai tingkatan tersebut menggambarkan keparahan katarak yang dialami. 

  1. Katarak Nuklir

Jenis katarak yang selanjutnya yaitu katarak nuklir atau katarak yang memengaruhi pusat lensa dan menyebabkan rabun jauh. Apabila kondisi ini berlangsung dalam jangka panjang mata dapat menyebabkan penglihatan berubah menjadi kuning bahkan coklat sehingga membuat penglihatan semakin kabur. 

  1. Katarak Kortikal 

Katarak kortikal merupakan jenis katarak yang mempengaruhi tepi lensa. Pada awalnya, katarak kortikal dimulai dari bercak putih serta kekeruhan di tepi luar korteks lensa. Seiring berjalannya waktu, kondisi ini akan membuat bercak-bercak tersebut akan meluas hingga bagian tengah lensa. Tentunya hal ini membuat cahaya yang masuk melewati pusat lensa menjadi terganggu. 

  1. Katarak Subkapsular Posterior

Jenis katarak yang selanjutnya yaitu katarak subkapsular posterior. Katarak jenis ini terjadi pada bagian belakang lensa yang umumnya ditandai dengan munculnya area kecil dan buram yang terbentuk di belakang lensa. Pada penderita katarak jenis ini akan mengalami  gangguan dalam membaca dan membuat penglihatan menjadi sensitif terhadap cahaya. 

  1. Katarak Bawaan

Jenis katarak yang perlu Anda ketahui terakhir yaitu katarak bawaan. Katarak ini merupakan katarak yang terjadi akibat bawaan dari lahir. Ada beberapa penyebab katarak bawaan yaitu genetik atau infeksi dan trauma saat di dalam rahim. Apabila katarak jenis ini dapat dideteksi dengan cepat, umumnya masih dapat diatasi.

Nah itulah dia ciri-ciri mata katarak dan juga beragam jenisnya. Apabila Anda mengalami beberapa ciri-ciri yang telah disebutkan di atas, sebaiknya segeralah memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Seluk Beluk Katarak, Mulai Dari Penyebab Dan Cara Mencegahnya

 

Sumber:

1. Bailey, Gretchyn. 2019. Cataracts.

2. Mayo Clinic. 2021. Cataracts.

3. Cleveland Clinic. Cataracts.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi