Bantuan
Free Tele x

Mengenali Ciri-ciri Penyakit Jantung pada Wanita yang Sering Terjadi

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Nov 2021

Bagikan

Mengenali Ciri-ciri Penyakit Jantung pada Wanita yang Sering Terjadi

Sudahkah Anda mengetahui apa saja ciri-ciri penyakit jantung pada wanita? Ketika serangan jantung terjadi, wanita terkadang merasakan gejala yang berbeda dengan ketika pria mengalami serangan jantung. Dalam hal ini, gejala serangan jantung pada pria seperti nyeri dada menyebar ke bagian tubuh lainnya mungkin saja tidak dialami oleh wanita. 

Lantas apa saja yang termasuk ciri-ciri penyakit jantung pada wanita? Agar dapat lebih mewaspadainya, di bawah ini akan dijelaskan beberapa ciri penyakit jantung yang umum terjadi pada wanita. Namun sebelumnya, mari simak penjelasan mengenai penyakit jantung terlebih dahulu.

Baca Juga: Berikut Ini Berbagai Jenis Penyakit Jantung yang Perlu Anda ketahui

Overview penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan sebuah kondisi di mana jantung mengalami berbagai macam gangguan. Gangguan ini bisa terjadi pada bagian pembuluh darah jantung, katup jantung, memengaruhi irama jantung, ataupun dapat berupa bawaan lahir. 

Adapun serangan jantung sendiri merupakan salah satu gangguan jantung yang cukup serius, dan terjadi ketika otot-otot di jantung tidak mendapatkan aliran darah yang dibutuhkan. Terhambatnya aliran darah ini dapat terjadi akibat adanya penyumbatan di pembuluh darah, yang bisa disebabkan oleh penumpukan kolesterol, lemak hingga zat lainnya yang membentuk plak. 

Serangan jantung ini perlu diwaspadai karena yang paling parah dapat menyebabkan penderitanya mengalami gagal jantung. Gagal jantung ini terjadi ketika jantung sudah tidak bisa lagi memompa darah ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, sangatlah penting memperoleh pertolongan pertama ketika seseorang terkena penyakit jantung ini. 

Ciri-ciri penyakit jantung pada wanita

Pada wanita, gejala penyakit jantung seringkali disalah artikan sebagai hal yang tidak berbahaya dan terabaikan karena memiliki ciri yang lebih samar dibanding pada pria. Adapun ciri-ciri penyakit jantung pada wanita ini di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Nyeri dada

Gejala serangan jantung yang paling utama dan sering terjadi adalah nyeri dada. Pada wanita, gejala berupa nyeri dada ini mungkin dialami secara berbeda daripada pada pria. Dalam hal ini, akan timbul perasaan sangat tidak nyaman pada area dada, di mana Anda akan merasa seperti dada terasa penuh, sesak atau diremas, atau seperti ada yang mengikat dada dengan sangat ketat.

  1. Napas terengah-engah

Napas terengah-engah merupakan gejala serangan jantung pada wanita berikutnya, yang terjadi akibat napas terlalu pendek. Pada saat ini, Anda mungkin akan mengalami kesulitan bernapas, baik saat beraktivitas fisik ringan ataupun berat. Biasanya, para wanita akan mengalami ini pada saat berbaring dan akan mereda gejalanya begitu bangkit untuk duduk.

  1. Sakit perut

Sakit perut merupakan hal yang bisa menandakan banyak hal, akan tetapi gejala ini juga perlu diwaspadai karena bisa menjadi ciri penyakit jantung pada wanita. Ketika mengalaminya, wanita akan merasakan sakit atau tertekan, terutama pada area perut sesaat sebelum mengalami serangan jantung. Beberapa ciri lain seperti mual dan muntah bisa menjadi penyerta yang kerap disalahartikan. 

  1. Merasa sangat lelah

Ketika Anda mengalami rasa lelah yang berlebihan, sebaiknya jangan diabaikan karena hal ini dapat menjadi ciri penyakit jantung pada wanita berikutnya. Biasanya, wanita yang mengalami serangan jantung akan merasa sangat lelah bahkan setelah beristirahat dalam jangka waktu yang cukup lama. Oleh karena rasa lelah ekstrem ini, penderita bisa saja tidak mampu untuk sekadar berjalan ke kamar mandi.

  1. Keringat dingin bercucuran

Keringat jika dikeluarkan pada saat berolahraga, mungkin menjadi hal yang wajar. Namun lain lagi jika keringat yang keluar adalah keringat dingin dan timbul dalam kondisi Anda sedang tidak melakukan apapun. Waspadai ciri ini karena keringat dingin bercucuran dapat menjadi penanda terjadinya serangan jantung pada wanita. Untuk itu, cobalah untuk tidak mengabaikan ciri penyakit jantung yang satu ini. 

Demikianlah penjelasan mengenai ciri-ciri penyakit jantung pada wanita yang perlu diwaspadai. Agar dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit jantung, sebaiknya mulai ubah kebiasaan Anda sejak dini. Dalam hal ini, cobalah untuk menerapkan pola hidup sehat, dengan makan makanan bergizi seimbang, rutin berolahraga, dan tidak lupa pula beristirahat yang cukup. Dengan cara ini, diharapkan Anda dapat terhindar dari ancaman serangan jantung. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Anatomi Jantung, Fungsi, Serta Cara Kerjanya

 

Sumber:

Heart.org. Heart Attack Symptoms in Women. 

Cleveland Clinic. Women: Don’t Ignore These 3 Subtle Heart Attack Symptoms. 

Leonard, Jayne. 2018. What are the signs of heart attack in a woman?.

Bagikan artikel ini