Bantuan

Inilah 5 Fungsi EKG untuk Medis

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Apr 2022

Bagikan

fungsi ekg

Salah satu fungsi EKG alias elektrokardiografi adalah untuk mengukur dan mengevaluasi detak jantung secara akurat. Alat ini memang khusus dipakai sebagai testing jantung. Selain itu, alat eletrokardiografi ini juga selalu digunakan sebagai perekam detak dan ritme jantung. Jika Anda ingin mengetahui masalah yang berkaitan dengan fungsi jantung, maka akan menggunakan EKG. 

Untuk mengukur detak jantung, elektroda akan ditempelkan di bagian tubuh seperti lengan, dada, dan kaki. Kemudian, alat EKG akan dialiri oleh aliran listrik yang terhubung melalui kabel-kabel berbahan timah. Meski begitu, tidak ada aliran listrik yang dialirkan ke bagian tubuh. Akan tetapi, impuls listrik alami yang akan menghasilkan kontraksi untuk mengukur kecepatan detak jantung Anda. 

Macam-macam Fungsi Elektrokardiografi di Dunia Medis  

Pada dasarnya, alat elektrokardiografi (EKG) memang ditujukan untuk mengukur serta mencari tahu problem yang terjadi pada jantung Anda. Namun seiring berkembangnya teknologi, alat canggih ini juga mengalami pergeseran fungsi. Bila awalnya alat ini diperuntukkan untuk mengukur detak dan ritme jantung, maka sekarang fungsinya jauh lebih beragam. 

Meski begitu, alat elektrokardiografi ini memang dibuat khusus untuk mencari tahu permasalahan yang terjadi pada jantung Anda. Namun, karena alat EKG yang dibuat sudah semakin canggih, maka ada fungsi lain yang bisa dideteksi oleh alat ini. Fungsi apa sajakah itu? Berikut ini adalah macam-macam fungsi elektrokardiografi di bidang medis: 

1. Mengukur Detak Jantung

Salah satu fungsi EKG yang dikenal luas oleh masyarakat awam adalah untuk mengukur jumlah detak jantung. EKG bisa membantu mengukur denyut nadi dengan hasil yang akurat. Meski detak jantung bisa dijuru pula dengan menekan denyut nadi, tapi hasilnya belum tentu akurat. Cara paling akurat untuk menentukan jumlah denyut nadi adalah menggunakan mesin elektrokardiografi. 

Apabila hasil denyut nadi yang diukur terlalu cepat atau terlalu lambat dari standar normal, maka jantung Anda mengalami masalah. Segera lakukan konsultasi ke dokter jika hasil denyut jantung Anda berada di atas atau di bawah rata-rata.  

2. Menghitung Ritme Jantung

Fungsi mesin elektrokardiografi lainnya yang sudah diketahui banyak orang adalah untuk menghitung ritme jantung. Alat ini bisa menunjukkan gejala penyakit aritmia yang dianalisis dari ritme jantung yang tidak teratur. Dalam kasus ini, jantung berdetak terlalu cepat atau justru terlalu lambat. 

Oleh sebab itu, Anda bisa mendeteksi penyakit jantung seperti aritmia sejak dini. Jika penyakit Anda lebih awal dideteksi, maka akan lebih cepat pula penanganannya. Dengan begitu, kemungkinan untuk penyakit bertambah parah bisa lebih di minimalisir karena Anda sudah mendeteksi penyakitnya dari awal. 

3. Mengidentifikasi Serangan Jantung

Selain itu, fungsi EKG yang selanjutnya adalah untuk mengidentifikasi potensi serangan jantung. Anda tahu 'kan kalau serangan jantung merupakan salah satu penyakit penyebab kematian tercepat di dunia. Penyakit ini bisa muncul secara tiba-tiba meski kelihatannya Anda tampak sehat. 

Dengan melakukan pemeriksaan jantung secara rutin menggunakan mesin EKG, Anda bisa mendeteksi potensi serangan jantung yang mungkin terjadi. Jika Anda memiliki potensi untuk mengalami serangan jantung, maka Anda bisa meminimalisirnya dengan mengonsumsi resep obat dari dokter. Selain itu, dengan menerapkan pola hidup sehat juga akan membantu Anda meminimalisir kemungkinan mengalami serangan jantung. 

4. Mendeteksi Kelainan Struktural pada Jantung

Mesin EKG ternyata bisa mendeteksi kelainan struktural yang mungkin terjadi pada jantung Anda. Ketika pemeriksaan, elektrokardiografi bisa memberi petunjuk tentang adanya pembesaran bilik jantung. Namun, tak menutup kemungkinan pula jika alat ini bisa menunjukkan tanda-tanda kelainan jantung lainnya. 

Inilah pentingnya Anda melakukan pemeriksaan jantung secara rutin. Anda bisa mendeteksi penyakit jantung sejak dini. Bahkan kelainan jantung yang mungkin Anda alami juga bisa terdeteksi dan ditangani secara efektif. Dengan begitu, penyakit yang jantung yang Anda alami bisa dicegah atau disembuhkan sedari awal tanpa menunggu hingga parah. 

Itulah beberapa fungsi EKG di bidang medis yang bisa menambah wawasan baru buat Anda. Apabila Anda mengalami masalah yang berkaitan dengan fungsi jantung, maka periksakan diri Anda dengan alat elektrokardiografi ini. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Salah Satu Metode Pemeriksaan Jantung, EKG Adalah?

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Jantung

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Mayo Clinic. 2020. Electrocardiogram (ECT or EKG). https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/ekg/about/ 

John Hopkins Medicine. Electrocardiogram. https://www.hopkinsmedicine.org/health/treatment-tests-and-therapies/electrocardiogram?amp=true 

Institute for Quality and Efficiency in Health Care. 2019. What is an electrocardiogram (ECG)?. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK536878/ 

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Jantung

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang