Mengenal Berbagai Manfaat Daun Beluntas Yang Sering Dijadikan Pagar Hidup

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Dec 2021

Bagikan

Mengenal Berbagai Manfaat Daun Beluntas

Sudahkah Anda tahu apa saja manfaat daun beluntas? Daun beluntas atau Pluchea indica merupakan tanaman semak bercabang yang telah lama digunakan sebagai tanaman herbal. Mungkin banyak dari Anda yang tidak mengira bahwa tanaman yang sering dijadikan pagar ini memiliki manfaat  bagi kesehatan. 

Namun, telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa daun beluntas ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini berkat kandungan vitamin A, vitamin C, tannin, asam amino, flavonoid, polifenol, kalsium, magnesium hingga fosfor. 

Manfaat Daun Beluntas

Lantas apa saja manfaat daun beluntas yang sering dijadikan pagar hidup ini? Simak terus penjelasan di bawah ini untuk mengetahui berbagai manfaat dari daun beluntas. 

  1. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Manfaat daun beluntas bagi kesehatan yang pertama yaitu dapat menurunkan kadar gula darah yang berlebih dan menjaganya untuk tetap stabil. Daun beluntas juga dapat menghambat terjadinya pemecahan dan penyerapan gula dalam usus. Tidak hanya itu, daun beluntas juga dapat meningkatkan produksi serta fungsi hormon insulin. Berkat hal itulah, daun beluntas dipercaya memiliki potensi dalam membantu mengobati penyakit diabetes dan mencegah terjadinya resistensi insulin.

Baca Juga: Benarkah Tanaman Insulin dapat Mengobati Diabetes?

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Selain dapat mengendalikan kadar gula darah, daun beluntas juga dapat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di  dalam darah. Ketika kadar kolesterol jahat di dalam darah menurun, maka Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular seperti, stroke, penyakit jantung dan hipertensi. Akan tetapi, daun beluntas hanya mampu menurunkan kadar kolesterol. Dibutuhkan gaya hidup sehat seperti olahraga rutin, berhenti merokok, pola makan sehat untuk mendapatkan manfaat terhindari dari penyakit. 

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat daun beluntas bagi kesehatan tubuh yang selanjutnya yaitu mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Hal ini karena, daun beluntas dapat menghambat pertumbuhan bakteri patogen di dalam saluran pencernaan. Manfaat ini datang dari kandungan minyak atsiri dari daun beluntas yang dapat membunuh bakteri sehingga dapat mengatasi berbagai gangguan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. 

  1. Mengendalikan Tekanan Darah

Daun beluntas juga bermanfaat dalam mengendalikan tekanan darah. Hal ini karena daun beluntas memiliki sifat diuretik di dalamnya. Sifat diuretik mampu meningkatkan pengeluaran ion natrium, klorin dan kalium dari dalam ginjal. Natrium itu sendiri berfungsi dalam menghilangkan cairan yang mengalir pada pembuluh darah. Ketika natrium berkurang, maka tekanan darah pun ikut berkurang. 

  1. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Manfaat daun beluntas bagi kesehatan tubuh yang selanjutnya yaitu dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Hal ini karena daun beluntas memiliki sifat antibakteri dan antiradang. Berkat kandungan ini, daun beluntas sudah sejak lama digunakan sebagai pengobatan untuk mengatasi nyeri karena dianggap  dapat mempercepat proses penyembuhan luka. 

  1. Menjaga Kesehatan Organ Intim

Ternyata daun beluntas juga dapat bermanfaat dalam menjaga kesehatan organ intim. Manfaat yang satu ini berkat kandungan minyak atsiri yang bersifat antibakteri di dalam daun beluntas. Kandungan minyak atsiri ini dapat mengatasi berbagai bakteri yang dapat mengganggu organ intim seperti bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Ketika organ intim dalam kondisi sehat, tentunya akan membuat sebuah keluarga menjadi lebih harmonis. 

  1. Mencegah Kanker

Manfaat daun beluntas bagi kesehatan tubuh yang terakhir yaitu dapat mencegah kanker. Hal ini ditunjukkan dari hasil sebuah riset yang mengatakan bahwa daun beluntas memiliki sifat antikanker. Daun beluntas juga dipercaya dapat menghambat pertumbuhan berbagai sel-sel kanker seperti kanker serviks dan glioblastoma. Walaupun seperti itu, manfaat yang satu ini masih dalam tahap penelitian lebih lanjut. Selain itu, tidak ada penelitian yang menyebutkan daun beluntas memiliki efektivitas yang sama dengan pengobatan kemoterapi. 

Itulah dia beberapa manfaat daun beluntas yang sering dijadikan pagar hidup untuk kesehatan tubuh. Walaupun memiliki banyak manfaat, daun beluntas tidak dapat dikonsumsi berlebih dan jangka panjang. Pasalnya dikhawatirkan daun beluntas dapat menimbulkan beberapa efek samping. Oleh karena itu, silahkan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menggunakan daun beluntas sebagai obat herbal.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apa Saja Tanaman Herbal Yang Dapat Mencegah COVID-19? Cari Tahu Faktanya Disini!

 

Sumber:

1. Sirichaiwetchakoon, Kittipot & dll. 2020.  Pluchea indica (L.) Less. Tea Ameliorates Hyperglycemia, Dyslipidemia, and Obesity in High Fat Diet-Fed Mice.

2. Marwati, 2016. UGM Students Research on Beluntas Leaf and Gene Polymorphism.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi