Bantuan

Sering Mengganggu, Bagaimana Cara Menghilangkan Cegukan?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 22 Mar 2022

Bagikan

menghilangkan cegukan

Cegukan merupakan hal yang mengganggu, namun bagaimanakah cara menghilangkan cegukan tersebut? Pada dasarnya cegukan dapat hilang dengan sendirinya walaupun tanpa mengonsumsi obat. Akan tetapi, cegukan yang dialami tentu saja membuat rasa yang tidak nyaman. Oleh karena itu banyak dari Anda yang ingin segera mengatasinya. Lantas bagaimana cara menghilangkan cegukan tersebut? 

Sebelumnya Anda mengetahui bagaimana cara menghilangkan cegukan, Anda sebaiknya memahami terlebih dahulu apa itu cegukan. Cegukan merupakan kondisi di mana diafragma atau otot yang memisahkan rongga perut dan rongga dada mengalami kejang. Kondisi ini menyebabkan udara masuk menuju paru-paru dengan mendadak sehingga katup yang ada di kerongkongan akan menutup dengan cepat. 

Cara Menghilangkan Cegukan

Anda bisa menghilangkan cegukan melalui 4 cara yaitu mengatur pernapasan, menekan titik tertentu, mengonsumsi makanan dan minuman serta orgasme dan pijatan. Untuk lebih jelasnya, simak terus penjelasan di bawah ini. 

  1. Mengatur Pernapasan

Cara menghilangkan cegukan yang bisa Anda lakukan pertama yaitu dengan mengatur pernapasan dan postur. Sudah dijelaskan sebelumnya, penyebab dari cegukan yaitu karena kejang pada diafragma. Oleh karena itu cara ini cukup ampuh dalam menghilangkan cegukan. Berikut ini beberapa cara mengatur pernapasan yang bisa Anda lakukan. 

  • Lakukan pernapasan terukur. Hal yang perlu Anda lakukan yaitu membuat napas menjadi lambat dan terukur. Caranya yaitu dengan menarik napas selama 5 hitungan dan keluarkan juga selama lima hitungan. 

  • Tahan napas. Hal yang perlu Anda lakukan yaitu menahan napas selama 10 hingga 20 detik. Setelah itu hembuskan napas secara perlahan dan ulangi lagi. 

  • Menekan dada. Anda bisa bersandar ataupun membungkuk untuk memberikan tekanan pada dada. Tekanan ini bertujuan untuk menekan diafragma. 

  • Peluk tulut. Pertama-tama carilah posisi duduk yang nyaman. Setelah itu peluklah lutut Anda hingga menyentuh dada. Lalu tahan selama dua menit. 

  1. Menekan titik tertentu

Selain mengatur pernapasan, cara menghilangkan cegukan yang selanjutnya yaitu dengan menekan titik-titik tertentu yang ada di tubuh. Berikut ini beberapa titik yang perlu Anda tekan. 

  • Tekan telapak tangan. Dalam menekan telapak tangan, gunakanlah ibu jari atau jari jempol. 

  • Tekan diafragma. Letak diafragma yaitu tepat berada di ujung tulang dada. Tekanlah area tersebut menggunakan tangan. 

  • Menarik lidah. Tariklah lidah Anda secara perlahan ke depan sebanyak satu atau dua kali. Hal ini bertujuan untuk merangsang otot dan saraf yang ada di tenggorokan. 

  1. Mengonsumsi makanan atau minuman

Ternyata mengonsumsi beberapa makanan atau minuman tertentu dapat menjadi cara menghilangkan cegukan. Lalu bagaimana cara menghilangkan cegukan dengan mengonsumsi makanan dan minuman tersebut? Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan. 

  • Selai kacang atau madu. Konsumsi sesendok selai kacang atau madu lalu biarkan sedikit demi sedikit larut di dalam mulut. 

  • Gula. Ambil sejumput gula,  lalu taruh di lidah dan biarkan selama 5 hingga 10 detik.

  • Lemon. Hisaplah lemon dengan menambahkan sedikit garam. Setelah itu berkumurlah untuk melindungi gigi dari asam sitrat

  • Es batu. Hisaplah es batu selama beberapa menit, lalu telan jika menyusut dan cukup untuk ditelan. 

  • Air hangat. Minumlah segelas air hangat secara perlahan tanpa henti. 

  • Air Es. Tidak hanya air hangat, Anda juga bisa menghilangkan cegukan dengan minum air es secara perlahan. 

  1. Orgasme dan pijatan

Selain ketiga cara yang telah dijelaskan sebelumnya, ternyata ada cara yang tidak biasa yaitu orgasme dan pijatan pada dubur. Akan tetapi, kedua cara yang tidak biasa ini telah terbukti secara ilmiah dapat mengatasi cegukan. 

  • Orgasme. Dalam sebuah studi dijelaskan bahwa cegukan yang dialami seorang pria selama empat hari langsung hilang ketika dia mengalami orgasme.

  • Pijatan dubur. Dalam studi disebutkan bahwa seorang pria yang mengalami cegukan dapat mengatasinya setelah melakukan pijatan dubur.

Nah itulah dia beberapa informasi mengenai cara menghilangkan cegukan yang bisa Anda lakukan. Perlu diingat, apabila cegukan tidak kunjung hilang dan berlangsung lama, maka sebaiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Kondisi ini bisa jadi merupakan gejala penyakit stroke, gerd atau multiple sclerosis

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apa Penyebab Cegukan? Mari Ketahui Bersama-Sama

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Osborn, Corinne. 2017. How to Get Rid of Hiccups. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-hiccups#treatment

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang