Bantuan

Ragam Obat Biduran Alami yang Ampuh dan Berkhasiat

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 22 Mar 2022

Bagikan

obat biduran alami

Tahukah Anda, ternyata ada obat biduran alami yang ampuh tanpa harus menggunakan obat medis. Biduran merupakan kondisi di mana terdapat ruam kemerahan di kulit dan rasa yang gatal. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan biduran terjadi seperti sengatan serangga, makanan, infeksi hingga obat-obatan.

Obat Biduran Alami yang Ampuh

Lantas apa obat biduran alami yang ampuh dan berkhasiat tersebut? Tidak perlu khawatir, karena di dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai obat yang bisa digunakan untuk mengatasi biduran hingga cara menggunakannya. 

  1. Lidah Buaya

Obat biduran alami yang ampuh pertama yaitu lidah buaya. Hal ini karena di dalam lidah buaya terdapat kandungan senyawa anti radang yang dapat meredakan gejala biduran. Cara menggunakannya pun cukup mudah yaitu dengan mengoleskan lidah buaya langsung ke area kulit yang terkena biduran. Akan tetapi, Anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa kulit Anda tidak memiliki alergi terhadap lidah buaya. 

  1. Minyak Kelapa

Ternyata, minyak kelapa juga dapat digunakan untuk mengobati biduran yang Anda alami. Pasalnya di dalam minyak kelapa terdapat kandungan senyawa analgesik dan juga antiradang. Berkat kandungan tersebut, minyak kelapa mampu mengurangi gatal dan juga iritasi yang disebabkan oleh biduran. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa ke area kulit yang terdampak biduran, setelah itu diamkan selama 20 menit lalu bilas hingga bersih. 

  1. Air Dingin

Anda bisa meredakan biduran dengan cara mengompres biduran menggunakan air dingin atau es batu. Cara menggunakannya yaitu dengan membungkus beberapa buah es batu menggunakan handuk ataupun kain bersih. Setelah itu, tempelkan pada kulit yang mengalami gejala biduran. Perlu diingat, kompres ini hanya boleh menggunakan air dingin atau es batu. Apabila Anda menggunakan air panas, maka hanya akan menambah rasa gatal yang sedang dialami. Tidak hanya itu, kompres panas juga dapat menyebabkan risiko iritasi kulit. 

  1. Soda Kue

Tahukah Anda, ternyata soda kue juga dapat digunakan untuk mengobati biduran. Dalam hal ini, soda kue bermanfaat dapat mengurangi rasa gatal dan juga mampu menghentikan iritasi. Cara menggunakan soda kue untuk mengobati biduran cukuplah mudah. Pertama-tama campurkan sedikit air dengan soda kue hingga membentuk larutan yang kental. Setelah itu, oleskan larutan tersebut ke area kulit yang mengalami gejala biduran hingga rata. 

  1. Minyak Ikan

Obat biduran alami yang ampuh dan berkhasiat selanjutnya yaitu minyak ikan. Pasalnya, di dalam minyak ikan terdapat kandungan asam lemak yang dapat mengatasi peradangan sehingga dapat meredakan beberapa gejala biduran yang muncul. Perlu diingat, ketika memiliki minyak ikan pastikan  Anda memiliki minyak ikan yang berkualitas seperti bluefish, tuna albacore dan salmon. Cara menggunakan sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengonsumsinya sebanyak 3 kali sehari. 

  1. Oatmeal

Sudah sejak lama oatmeal dikenal sebagai salah satu obat biduran alami yang ampuh. Hal ini karena oatmeal memiliki kandungan senyawa anti radang yang dapat meredakan gejala biduran. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan 1 ½ cangkir oatmeal ke dalam bak mandi. Setelah itu gunakan air dalam bak tersebut untuk mandi selama 15 menit. Perlu diperhatikan, pastikan Anda tidak menggaruk kulit yang mengalami biduran selama mengeringkan tubuh menggunakan handuk. 

  1. Tea Tree Oil

Obat biduran alami yang ampuh dan berkhasiat terakhir yaitu tea tree oil atau minyak pohon teh. Di dalam minyak pohon teh ini terdapat kandungan antiradang dan antibakteri yang sangat kuat. Berkat kedua kandungan tersebut dapat mengurangi pembengkakan yang disebabkan oleh ruam dan rasa gatal. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan beberapa tetes tea tree oil dengan satu sendok minyak pelarut. Setelah itu hangatkan sebentar lalu oleskan pada kulit yang mengalami gejala biduran. 

Nah itulah beberapa obat biduran alami yang ampuh dan berkhasiat yang  bisa Anda gunakan. Apabila ruam merah dan juga rasa gatal tidak kunjung mereda setelah menggunakan beberapa obat alami di atas, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Berbagai Jenis Penyakit Kulit Yang Wajib Anda Ketahui

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Silver, Natalie. 2019. 15 Ways to Get Rid of Hives. https://www.healthline.com/health/skin-disorders/how-to-get-rid-of-hives#_noHeaderPrefixedContent

Cadman, Bethany. 2017. How to treat hives. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320268#:~:text=Oatmeal%20and%20baking%20soda%20baths,may%20soothe%20and%20reduce%20hives

WebMD. 2019. Alternative Medicine for Hives. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hives-alternative-treatments

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang