Bantuan

Sering Dianggap Flek Hitam, Ini 5 Fakta Unik Freckles yang Tidak Bisa Dilewatkan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Dec 2021

Bagikan

Sering Dianggap Flek Hitam, Inilah 5 Fakta Unik Freckles

Masih sering menyamakan freckles dengan flek hitam? Faktanya, kedua hal ini merupakan hal yang berbeda. Freckles sendiri merupakan bintik-bintik berwarna pada kulit, dan pada umumnya disebabkan oleh sinar matahari. Flek hitam di satu sisi bisa saja disebabkan oleh hal lain, termasuk tanda-tanda penuaan.

Di dunia kecantikan, freckles sudah sering dianggap sebagai suatu kelebihan dan bukanlah kekurangan yang berusaha ditutupi. Bahkan, banyak juga yang menambahkan freckles buatan dengan menggunakan make up. Nah, berikut ini adalah beberapa fakta unik mengenai freckles yang perlu diketahui. Ternyata berbeda dengan flek hitam, loh!

Fakta Unik Freckles

Banyak orang yang masih belum mengetahui fakta mengenai freckles. Hal ini sebenarnya wajar saja karena orang Indonesia memang tak banyak yang memilikinya. Kondisi kulit yang satu ini lebih banyak dimiliki oleh orang-orang kulit putih, yakni keturunan Eropa. Untuk lebih lanjut, simak terus fakta unik freckles berikut ini.

  1. Dipicu oleh Jumlah Melanin

Freckles pada dasarnya timbul ketika terjadi peningkatan jumlah melanin atau pigmen gelap. Kondisi ini biasanya terjadi pada mereka yang merupakan keturunan berambut merah dan berkulit cerah. Jumlah melanin yang meningkat ini biasa dialami oleh anak-anak usia 1 sampai 2 tahun. Semakin sering anak tersebut terpapar matahari maka freckles berupa bintik-bintik pada kulit ini akan semakin berkembang. 

  1. Tidak Berbahaya

Kondisi freckles kerap dianggap berbahaya oleh banyak orang dan dianggap dapat menjadi penyebab kanker kulit mengingat kanker kulit juga bisa terjadi pada bagian kulit yang terbuka. Meskipun freckles muncul di permukaan kulit dan merupakan area yang terbuka, itu tidak semerta-merta menjadikannya sebagai pemicu kanker.

Meskipun begitu, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter apabila menemukan bintik berpigmen pada kulit yang tampak aneh, tidak normal, dan menimbulkan gejala tertentu.

  1. Memiliki Warna dan Bentuk

Banyak yang menganggap bahwa freckles hanya dapat muncul dengan warna cokelat saja. Padahal freckles juga dapat timbul dengan warna lainnya seperti kuning, kemerahan, bahkan hitam. Selain itu, freckles juga bisa memiliki bentuk yang beragam, mulai dari melingkar, datar, hingga tak beraturan. Besarnya pun bisa berupa titik saja hingga mencapai sebesar kepala dari paku logam.

Baca Juga: Ingin Wajah Bersih dan Cerah? Pelajari 5 Cara Menghilangkan Komedo!

  1. Dapat Diwariskan

Adanya freckles pada seseorang bisa saja disebabkan oleh faktor keturunan. Dalam artian, seseorang yang merupakan keturunan dari orang tua ber-freckles kemungkinan besar juga akan memiliki freckles. Kemungkinan ini akan semakin tinggi apabila Ia merupakan keturunan keluarga berkulit putih dan berambut pirang. Adapun individu yang berpigmen gelap pada umumnya tidak dapat mengembangkan freckles.

  1. Terdiri dari Dua Jenis

Tidak banyak diketahui, fakta freckles yang terakhir ini menunjukkan bahwa freckles ternyata tidak hanya satu akan tetapi terdiri dari dua jenis utama, yakni ephelis dan lentigo. Freckles ephelis berbentuk bintik dengan ukuran 1-2 milimeter, berwarna cokelat, kemerahan, atau cokelat muda. Freckles ini pada umumnya hanya muncul di bulan-bulan cerah dan paling sering dijumpai pada mereka yang berkulit putih. 

Adapun freckles lentigo pada umumnya berpigmen lebih besar. Freckles jenis ini juga umumnya muncul pada area kulit yang sering terkena sinar matahari dan mengalami kerusakan akibatnya. Warna dari freckles lentingo ini tampak lebih gelap dan umumnya tidak memudar meskipun di musim dingin.

Perbedaan Freckles dengan Flek Hitam

Banyak yang sering menyamakan freckles dengan flek hitam. Padahal, keduanya ini merupakan dua kondisi yang berbeda. Freckles dapat timbul sejak seseorang masih kanak-kanak, namun flek hitam pada umumnya akan timbul ketika seseorang memasuki usia senja.

Selain itu, perbedaan keduanya juga dapat dilihat dari faktor pemicunya. Freckles dapat dipicu oleh faktor keturunan dan sinar matahari, sedangkan flek hitam selain bisa dipicu oleh paparan sinar matahari, tetapi juga dapat dipicu oleh hal lainnya seperti tanda penuaan dini, penyembuhan luka, hingga penggunaan kosmetik. 

Nah, itulah dia penjelasan mengenai fakta unik freckles serta fakta mengenai perbedaannya dengan flek hitam. Freckles merupakan kondisi yang tidak berbahaya dan oleh karenanya tidak perlu dikhawatirkan. Meskipun begitu, jika Anda merasa terganggu dengan kehadirannya, Anda bisa mengonsultasikan upaya untuk menghilangkan freckles bersama dengan tenaga profesional, seperti dokter kulit.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ampuh dan Efektif, Inilah Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah yang Benar

 

Sumber:

1. Valenti, Lauren. 2017. 7 Weird Things You Never Knew About Freckles.

2. Cole, Gary W. 2019. Freckles.

Bagikan artikel ini