Bantuan

Tampil Lebih Percaya Diri, Ini Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Bisa Anda Lakukan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Mar 2022

Bagikan

Madu

Sudahkah Anda tahu bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat? Bekas jerawat di wajah akan menyebabkan penampilan jadi terganggu. Bagi sebagian orang, hal ini merupakan masalah yang perlu segera ditangani karena mengurangi kepercayaan diri. 

Akan tetapi, mungkin banyak dari Anda yang masih belum mengetahui bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat ini. Namun Anda tidak perlu risau karena dalam artikel ini akan dijelaskan berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bekas jerawat mulai dari alami hingga medis. 

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Alami

Lalu bagaimanakah cara menghilangkan bekas jerawat tersebut? Jika ingin mengetahui jawabannya, simak terus penjelasan mengenai cara menghilangkan bekas jerawat di bawah ini. 

  1. Mengoleskan lidah buaya

Cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa Anda lakukan pertama, yaitu dengan mengoleskan lidah buaya pada bekas jerawat. Setelah itu tunggulah beberapa menit, lalu bisa menggunakan air bersih. Namun perlu diperhatikan, bahwa bagian yang perlu Anda oleskan, yaitu bagian gelnya yang berwarna bening. 

Lidah buaya ini sering digunakan untuk mengatasi jerawat karena memiliki kandungan aloin. Kandungan ini merupakan senyawa yang bermanfaat dalam mencerahkan kulit yang gelap serta mengurangi pigmentasi pada kulit. Jadi, bekas jerawat yang menghitam dapat hilang. 

  1. Mengoleskan madu

Madu sudah terkenal sejak dulu dengan manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi, Anda juga bisa menggunakan madu ini untuk menghilangkan bekas jerawat di bawah. Hal ini karena madu mampu mengangkat sel-sel kulit mati, mempercepat penyembuhan kulit, dan mengurangi pembentukan jaringan parut pada luka. 

Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu aplikasikan madu ke wajah layaknya masker wajah. Namun sebelum itu, pastikan Anda telah mencuci wajah terlebih dahulu agar kotoran dan bakteri menghilang. Setelah itu, oleskan madu dan tunggulah beberapa menit, lalu bilaslah menggunakan air bersih. 

  1. Menempelkan lemon

Berkat kandungan vitamin C yang ada di dalam lemon, buah yang satu ini bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan dalam lemon juga diyakini mampu memudarkan noda bekas jerawat di wajah. 

Lalu bagaimana cara menggunakan lemon untuk menghilangkan bekas jerawat? Caranya yaitu dengan mengiris lemon terlebih dahulu. Setelah itu, tempelkan irisan tersebut pada area bekas jerawat. Jangan lupa untuk mencuci wajah terlebih dahulu sebelum melakukan cara ini.

  1. Menggunakan asam salisilat

Selain menggunakan beberapa bahan alami, Anda juga bisa menggunakan salah satu kandungan yang sering terdapat pada produk perawatan kulit, yaitu asam salisilat. Asam salisilat ini bermanfaat untuk segala jenis luka termasuk bekas jerawat. Jadi, sangat cocok digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat yang Anda miliki. 

Cara menggunakannya, yaitu dengan mengoleskannya ke area bekas jerawat. Namun perlu diperhatikan, mungkin pada beberapa orang asam salisilat ini dapat menyebabkan iritasi. Jadi, sebaiknya Anda mengujinya terlebih dahulu dengan mengoleskan pada sebagian kecil kulit Anda. Jika terdapat reaksi iritasi, sebaiknya jangan gunakan cara yang satu ini. 

  1. Menggunakan laser treatment

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat, yaitu dengan menggunakan laser treatment. Perawatan ini bekerja dengan cara melapisis kembali kulit pada bekas jerawat. Namun lapisan kulit atas terlebih dahulu dihilangkan agar sel-sel kulit yang lebih mudah bisa menutupi bekas jerawat tersebut. 

Akan tetapi, perawatan laser ini tidak cocok untuk semua orang. Hal ini karena perawatan ini bergantung pada bekas jerawat dan jenis kulit yang dimiliki. Apabila Anda memiliki jenis kulit sensitif, maka bisa menimbulkan beberapa reaksi. 

Itulah dia beberapa cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa Anda lakukan. Perlu diperhatikan, untuk menghilangkan bekas jerawat ini tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Terutama jika Anda menggunakan bahan-bahan alami, maka perawatan perlu dilakukan dalam waktu yang lama dan rutin. 

Apabila setelah melakukan beberapa cara menghilangkan bekas jerawat di atas, tetapi bekas jerawat tidak menghilang maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Nantinya dokter akan memberikan jenis perawatan yang paling sesuai dengan masalah pada kulit Anda. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Kandungan Skincare Jerawat yang Terbukti Efektif dan Ampuh bagi Kulit

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Johnson, Jon. 2019. The best ways to get rid of acne scars. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324784#medical-treatments

NHS. Acne. https://www.nhs.uk/conditions/acne/complications/

Ferreira, Mandy. 2019. How to Best Treat Acne Scars. https://www.healthline.com/health/acne-scars

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang