Bantuan

Tidak Hanya Satu, Ini Berbagai Jenis Vitamin C dalam Skincare yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 01 Mar 2022

Bagikan

Vitamin C pada Skincare

Jenis-jenis vitamin C dalam skincare cukup banyak dan sering ditemukan dalam beragam produknya seperti serum, pelembap, dan masker wajah. Vitamin C kerap dijadikan bahan dalam pembuatan skincare karena memiliki kemampuan untuk merawat kulit. Skincare memiliki banyak jenis kandungan vitamin C sehingga perlu diketahui mana kandungan vitamin C yang tepat bagi kulit wajah Anda.

Jenis-jenis Vitamin C dalam Skincare

Setetes vitamin C dalam serum menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencinta skincare karena kandungan nutrisi didalamnya mampu meremajakan kulit. Selain itu, kandungan vitamin C cukup efektif untuk mengatasi keriput dan kulit berjerawat sehingga kulit tampak sehat dan bercahaya. Berikut jenis-jenis vitamin C dalam skincare, di antaranya:

  1.  L-Ascorbic Acid (LAA)

L-ascorbic acid (LAA) terbukti efektif dan ampuh untuk mencerahkan kulit. Namun jenis ini tergolong kurang stabil bagi beberapa jenis kulit dan berisiko iritasi apabila digunakan pada kulit sensitif atau dengan dosis tinggi. Vitamin C LAA cocok untuk kulit normal dan berminyak di mana beberapa fungsinya ialah memperkuat jaringan, melindungi kulit dari beragam penyakit, dan menyembuhkan luka.

  1.  Magnesium Ascorbyl Posphate

Magnesium ascorbyl phosphate merupakan salah satu jenis kandungan vitamin C dalam skincare yang cocok untuk jenis kulit sensitif atau kering. Selain itu, magnesium ascorbyl phosphate memiliki bentuk stabil dan mampu mengurangi risiko iritasi pada kulit wajah. Magnesium ascorbyl phosphate memiliki sifat mirip l-ascorbic acid yaitu water-soluble atau dapat larut di dalam air.

  1.  Ascorbyl Palmitate

Dari beragam jenis-jenis vitamin C dalam skincare, ascorbyl palmitate merupakan salah satu kandungan vitamin C yang mampu menangkal radikal bebas dan tergolong stabil. Ascorbyl palmitate mampu larut di dalam minyak sehingga banyak ditemukan pada jenis skincare berbahan dasar minyak untuk melindungi kulit dari tanda penuaan dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

  1.  Sodium Ascorbyl Posphate

Sodium ascorbyl phosphate salah satu jenis kandungan vitamin C dalam skincare yang tergolong lembut bagi kulit. Kandungan sodium ascorbyl phosphate mampu mencerahkan kulit dan melawan radikal bebas secara efektif karena mengandung antioksidan. Selain itu, warna kulit wajah menjadi merata dan pelengkap baik sebagai anti jerawat dengan kandungan salicylic acid dan benzoyl peroxide.

  1.  Ascorbyl Glucosamine

Kandungan vitamin C di dalam skincare dipercaya ampuh dalam mengatasi hiperpigmentasi pada kulit. Bagi Anda yang mencari kandungan vitamin C untuk mengatasi masalah tersebut maka ascorbyl glucosamine solusinya. Ini karena ascorbyl glucosamine memiliki kandungan antioksidan dan skin-brightening properties yang baik untuk kulit wajah.

Jenis-jenis Skincare yang Kaya akan Vitamin C

Memiliki kulit cerah dan mulus merupakan impian setiap wanita. Namun, pastikan jangan sampai salah dalam memilih jenis skincare yang cocok bagi tipe kulit Anda. Berikut jenis-jenis skincare yang kaya akan vitamin C, di antaranya:

  1. Elshekin Vitamin C Serum

Elshekin vitamin C serum merupakan salah satu produk skincare yang mengandung bahan white agent moisturizer dan aman digunakan untuk kulit wajah. Ketika digunakan, wajah akan tampak lebih cerah merata dan lembap karena teksturnya yang lembut dapat langsung meresap ke kulit. Lakukan secara rutin agar kulit tampak glowing.

  1.  Garnier Light Complete Series

Produk skincare yang menawarkan kandungan vitamin C selanjutnya ialah Garnier Light Complete Series. Bagi Anda yang ingin kulit wajah tampak cerah maka Garnier Light Complete solusinya. Kandungan ekstrak lemon di dalam produk ini dapat mengilangkan noda hitam dan kulit kusam secara lebih cepat.

  1.  Wardah C-Defense Series

Wardah C-Defense Series merupakan salah satu skincare yang kaya akan kandungan vitamin C. Kandungan vitamin C di dalam Wardah C-Defense Series mampu mencerahkan wajah dan membuat kulit tampak lebih mulus. Selain itu, produk skincare satu ini kaya akan antioksidan yang mana dapat melindungi kulit dari radikal bebas.

Jenis-jenis vitamin C dalam skincare diperlukan untuk mengatasi sejumlah permasalahan kulit wajah seperti penuaan, kusam, hingga kulit berjerawat. Beberapa produk yang kaya akan vitamin C di antaranya Elshekin Vitamin C Serum, Wardah C Defense Series, dan Garnier Light Complete Series.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Vitamin C Untuk Hilangkan Bekas Jerawat

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Chesak, Jennifer: The No BS Guide to Vitamin C Serums for Brighter Skin. 2020. Available at: https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/vitamin-c-serums (Accessed: 27 Januari 2022).

Morson, Jenn: The Best 10 Vitamin C Serums. 2021. Available at: https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/best-vitamin-c-serum (Accessed: 27 Januari 2022).

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang