Bantuan

Mudah Lakukan Urutan Skincare untuk Kulit Berminyak Anda!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Mar 2022

Bagikan

Berbeda dengan kulit normal, urutan skincare untuk kulit berminyak tentu perlu cara khusus. Hal ini wajar saja karena kulit wajah yang berminyak menjadi sangat rentan mengalami masalah jerawat. Bukan hanya itu saja, kulit berminyak juga menjadi lebih kusam ketika tidak memperoleh perawatan yang tepat. Oleh karena itu, penting untuk Anda memilih produk skincare yang tepat untuk kulit berminyak. Jenis kulit wajah yang berminyak juga membutuhkan perawatan khusus sebab kebersihannya harus selalu terjaga. Jika perawatan kulit wajah berminyak tidak tepat, maka kulit menjadi mudah iritasi. 

Urutan Skincare untuk Kulit Berminyak

DI bawah ini adalah urutan skincare untuk kulit berminyak agar jauh dari masalah jerawat dan terhindar dari iritasi.

  1. Menggunakan pembersih wajah yang mampu menyerap minyak

Bila Anda mempunyai jenis kulit berminyak, maka menjadi wajib untuk Anda menghindari sabun pencuci wajah dengan bahan dasar minyak atau krim. Di mana kedua bahan dasar tersebut bisa membuat kulit wajah menjadi semakin berminyak. Anda sebaiknya menggunakan produk skincare cleaser yang mana memiliki kandungan AHA atau alpha hydroxy acid. Misalnya seperti asam laktat, asam sitrat, atau asam glikolat. Beberapa zat tersebut juga memiliki peran dalam membantu mengelupasnya sel kulit mati dan minyak di pori yang berkurang. 

  1. Menggunakan toner bebas alkohol

Penggunaan produk toner bisa bantu mengecilkan pori-pori besar, pemulihan kulit, kurangi peradangan karena jerawat, serta mengangkat sel kulit mati yang mana dapat mengakibatkan pori-pori yang tersumbat. Untuk kulit wajah yang berminyak, maka gunakanlah toner yang memiliki kandungan non alkohol serta miliki kandungan antioksidan yang tinggi. Alkohol memiliki sifat, yakni mengikat air dan menyebabkan kulit menjadi lebih kering. Sedangkan, antioksidan mampu melindungi kulit wajah anda dari risiko kerusakan. 

  1. Mengangkat sel kulit mati dengan eksfoliasi

Secara alami kulit akan melepaskan sel-sel yang telah mati, tetapi kadang bisa menumpuk pada permukaan kulit. Dengan sebum yang berlebih, sel-sel kulit mati dapat menimbulkan masalah jerawat dan juga menyumbat pori-pori. Eksfoliasi merupakan proses pengelupasan sel kulit mati. Oleh karena itu, urutan skincare untuk kulit berminyak satu ini tidak dapat dilewatkan begitu saja. Hal ini karena pengelupasan kulit dapat mencegah tersumbatnya pori di kulit berminyak, jadi kulit anda akan tetap halus dan juga kebersihannya terus terjaga. 

  1. Menggunakan suncreen dan sunblock

Mungkin anda yang memiliki kulit wajah berminyak enggan menggunakan tabir surya sebab bisa menyebabkan kulit menjadi semakin berminyak. Padahal, nyatanya sunscreen dan sunblock ini penting untuk urutan skincare untuk kulit berminyak. Di mana akan berperan dalam mengurangi kemerahan di wajah dan mencegah kulit mengalami keriput. Apabila Anda akan menggunakan tabir surya, maka pastikan untuk menggunakan tabir surya dengan kandungan tidak tebal dan ringan ketika dioleskan ke kulit wajah. Jika sudah, Anda dapat menggunakan foundation yang memiliki kandungan SPF 25, kamu juga bisa menggunakan bedak dengan kandungan SPF 25.

  1. Menggunakan pelembap di malam hari

Selanjutnya di urutan skincare untuk kulit berminyak Anda dapat menggunakan pelembab, yang mana berguna dalam meminimalkan minyak menumpuk di kulit wajah. Selain itu, pelembap di malam hari juga dapat mengurangi kelebihan sebum di kulit wajah. Akan tetapi, jenis kulit berminyak haruslah hati-hati dalam memilih produk skincare pelembap. Disarankan untuk menggunakan pelembap dengan kandungan AHA seperti asam glikolat atau asam laktat, yang mana kedua kandungan tersebut tidak akan memicu jerawat atau menyumbat pori-pori. 

  1. Menggunakan masker anti minyak

Anda dapat menggunakan masker anti minyak praktis yang mana memiliki kandungan baik untuk kulit berminyak. Gunakan masker anti minyak yang dapat melepaskan sel kulit mati, mengendalikan minyak, dan juga mengencangkan pori-pori kulit wajah Anda. 

Anda juga dapat menggunakan produk skincare tambahan seperti produk penyerap minyak. Di mana penggunaannya adalah untuk mengontrol jumlah minyak di kulit wajah. Produk tersebut diantaranya adalah seperti bedak dengan kandungan SPF 15 serta kertas minyak. Untuk menyehatkan kulit wajah berminyak, maka sebaiknya Anda menghindari produk skincare yang mengandung alkohol, minyak mineral, silikon, paraben, serta minyak kelapa.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ketahui Cara Memilih Ragam Jenis Skincare untuk Kulit Kering Berikut Ini

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/dry/oily-skin

 

Chularojanamontri, L., Tuchinda, P., Kulthanan, K., & Pongparit, K. (2014).

Moisturizers for acne What are their constituents? 

 

Pura, A., Dusenkova, I., & Malers, J. (2014, December).

 

Adsorption of organic compounds found in human sebum on latvian illitic, kaolinitic, and chloritic phyllosilicates

 

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang