Ini Dia Cara Menjaga Kesehatan Tulang Yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Jul 2021

Bagikan

Ini Dia Cara Menjaga Kesehatan Tulang Yang Perlu Anda Ketahui

Sudahkah Anda tahu bagaimana cara menjaga kesehatan tulang? Pada saat usia 30 tahun, kepadatan tulang akan mencapai puncaknya. Dan seiring bertambahnya usia, akan terjadi penurunan kepadatan tulang yang membuatnya menjadi rapuh. Tentu saja, rapuhnya tulang ini bisa menyebabkan terjadinya osteoporosis. 

Mungkin hampir semua orang berharap tidak ingin memiliki masalah kesehatan. Oleh karena itu, diperlukan suatu cara menjaga kesehatan tulang agar terhindar dari berbagai macam masalah. Lantas, apa saja cara menjaga kesehatan tulang tersebut? Temukan jawabannya di bawah ini. 

  1. Membatasi asupan garam

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tulang yaitu membatasi asupan garam. Garam dipercaya dapat mempercepat tubuh mengalami kehilangan kalsium yang akan memengaruhi kepadatan tulang. Oleh karena itu, disarankan tidak mengonsumi garam lebih dari 1 sendok teh setiap harinya. Beberapa cemilan seperti keju, keripik dan pizza juga perlu dihindari karena mengandung banyak garam. 

  1. Menjaga berat badan

Selain membuat Anda lebih percaya diri, menjaga berat badan ideal juga dapat menjaga kesehatan tulang. Berat badan yang terlalu kurus dapat meningkatkan risiko terkena osteoporosis. Sedangkan, obesitas atau kelebihan berat badan dapat membuat Anda mengalami berbagai komplikasi kesehatan yang serius. Selain itu, berat badan yang berlebih dapat memberikan tekanan yang lebih besar pada sendi dan tulang. 

  1. Menghindari rokok dan alkohol

Baik rokok maupun alkohol sama-sama berdampak buruk pada kesehatan tulang. Mengkonsumsi segelas alkohol pada wanita dan dua gelas pada pria dapat mempercepat pengeroposan tulang sebanyak 2% per tahunnya. Hal yang sama terjadi pada nikotin dalam rokok yang menyebabkan pengeroposan tulang sebanyak 2% pertahunnya. Terlebih jika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan, maka risiko pengeroposan tulang akan meningkat meningkat menjadi 8% pertahunnya. 

  1. Mengonsumsi sayur

Cara menjaga kesehatan tulang yang selanjutnya yaitu rajin mengkonsumsi sayur. Sayuran menjadi salah satu sumber vitamin C yang dapat membantu merangsang tubuh menghasilkan sel pembentuk tulang. Tidak hanya itu, sayuran juga dapat meningkatkan kepadatan tulang dan membuat Anda terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan tulang.

  1. Mengonsumsi makanan tinggi kalsium

Kalsium merupakan mineral yang sangat diperlukan oleh tulang. Oleh karena itu, menjaga asupan kalsium merupakan suatu hal yang penting untuk menjaga kesehatan tulang. Anda bisa mendapatkan kalsium melalui suplemen ataupun beberapa makanan seperti, brokoli, susu kedelai, dan sarden. Asupan kalsium yang Anda butuhkan setiap harinya yaitu sebanyak 1.000 mg. Sedangkan, remaja dan wanita lansia memerlukan 1.200 mg kalsium per harinya. 

  1. Menjaga asupan vitamin D dan K

Selain kalsium,vitamin D dan juga vitamin K sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang. Anda bisa mendapatkan vitamin D dengan mudah yaitu berjemur di bawah sinar matahari pagi. Selain itu, vitamin K akan mendukung pembentukan tulang. Anda bisa mendapatkan vitamin K dari hati, daging, telur dan keju. 

  1. Melakukan aktivitas fisik

Cara menjaga kesehatan tulang yang selanjutnya yaitu melakukan aktivitas fisik. Tidak hanya dengan cara mengonsumsi bahkan berkalsium, ataupun mencukupi vitamin D dan K. Aktivitas fisik juga akan melatih tulang untuk tetap sehat. Beberapa aktivitas fisik yang dapat Anda lakukan yaitu, jogging, jalan santai ataupun sekadar naik tangga.

  1. Membatasi asupan kafein

Apabila Anda seorang penikmat kopi, sebaiknya untuk segera membatasi asupan kopi Anda. pasalnya kafein yang terkandung di dalam kopi dapat mengurangi kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium. Pada akhirnya akan menyebabkan tulang menjadi lemah. Oleh karena itu, untuk menghindari timbulkan berbagai masalah pada tulang, sebaiknya Anda segera membatasi asupan kafein.

  1. Mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium dan zinc

Selain, kalsium, vitamin D, dan vitamin K, tubuh juga memerlukan magnesium dan juga zinc untuk menjaga kesehatan tulang. Magnesium dan zinc dapat menjaga kepadatan tulang selama penuaan sehingga membuat Anda terhindar dari osteoporosis. 

Nah, itulah beberapa cara menjaga kesehatan tulang yang dapat Anda lakukan. Mari, mulai menjaga kesehatan tulang segera mungkin agar tidak menyesal di kemudian hari. Semoga dengan informasi ini dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan tulang. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.


Sumber:

Spritzler, Franziska. 10 Natural Ways to Build Healthy Bones. (2017). 

Healthy bones. (2020)

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi